Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lapas Semarang

Ketuk Pintu Langit, Napi Lapas Semarang Gelar Istighosah Satu Muharam

Agama | Saturday, 30 Jul 2022, 16:11 WIB

Semarang_Ratusan narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menyambut tibanya 1 Muharam 1444 Hijriah atau tahun baru Islam dengan menggelar istighosah dan doa bersama, Jumat malam (29/07).
Kegiatan diawali dengan shalat magrib berjamaah dan dilanjutkan dengan pembacaan yasin dan tahlil yang diikuti oleh perwakilan 100 narapidana di Masjid At-Taubah Lapas.Kalapas Semarang, Tri Saptono Sambudji menerangkan bahwa kegiatan ini momentum untuk bermuhasabah atau introspeksi diri, renungan atas apa yang telah dilakukan selama tahun 1443 Hijriah yang segera berlalu."Ini merupakan ikhtiar kita untuk mendapatkan ridha dari Allah SWT agar kita semua tidak menjadi umat yang merugi," ujar Tri Saptono.Kegiatan dilanjutkan dengan shalat hajat dan istighosah doa awal tahun. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan keberkahan juga memohon kepada Allah SWT agar terkabulkan segala hajat atau keinginan. "Kita juga memohon pertolongan kepada Allah SWT agar dimudahkan dari keadaan yang sulit dan dihindarkan dari segala macam bahaya," lanjut Kalapas.Kalapas juga berharap agar momen tahun baru Islam yang bertepatan dengan bulan kemerdekaan ini juga dapat melipatgandakan ikhtiar baik lahiriah maupun batiniah dalam melawan pandemi Covid-19."Harapannya dengan tahun yang baru dapat membawa berkah dan kebaikan bagi semua orang dan membawa perubahan yang positif bagi seluruh narapidana dan petugas di lapas," harapnya.Kegiatan juga diisi dengan ceramah agama oleh Ustaz Anshor Budiono. Dalam tausiahnya, Ustaz Anshor mengajak seluruh narapidana dan semua pihak agar beribadah secara totalitas.“Jadikan semua tindakan kita ini bernilai ibadah dan mengisi hari-hari di lapas dengan hal yang bermanfaat seperti membaca Al-Qur’an dan giat mengikuti pesantren di Lapas,” ajak Ustaz Anshor.Rangkaian kegiatan ini ditutup dengan gelar doa penutup dan sholat isya berjamaah.

Saat gelar istighosah dan doa awal tahun menyambut 1 muharam (foto/dok. Fajar Lapas)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image