Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image El Fatih Setiawan

3 Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online yang Wajib Diketahui

Bisnis | Thursday, 28 Jul 2022, 22:27 WIB

Saat ini, banyak orang sudah mulai beralih ke pinjaman online. Jenis pinjaman ini dianggap lebih praktis secara prosedur, serta bisa mencairkan uang dalam waktu singkat. Pinjaman online sendiri sudah bisa didapat lewat sejumlah layanan dan aplikasi, salah satunya BFI Finance.

Seperti halnya pinjaman manual, pinjaman online pun juga tidak lepas dari kelebihan dan kekurangan. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan itu?

Kelebihan Pinjaman Online

Ada banyak kelebihan yang dimiliki pinjaman online. Dari banyaknya kelebihan itu, tiga diantaranya adalah:

1. Pengajuannya Mudah dan Praktis

Tidak seperti pinjaman manual, pinjaman online bisa diajukan dengan mudah dan praktis. Kamu hanya perlu mengisi biodata, foto selfie, dan foto KTP. Nantinya biodata dan kelengkapan lainnya itu akan diproses paling lambat 2 x 24 jam. Namun, sebelumnya kamu harus mengunduh aplikasi pinjaman online-nya terlebih dulu di ponselmu.

2. Syarat-Syaratnya Tidak Ribet

Selain pengajuannya mudah, syarat-syarat yang harus kamu penuhi juga tidak ribet. Kamu hanya perlu menyerahkan foto KTP atau NPWP. Di beberapa layanan pinjaman online, kamu juga harus menyertakan slip gaji. Hal tersebut berbeda dengan pinjaman umumnya yang mengharuskan peminjam memiliki aset tertentu sebagai jaminan.

3. Dana Bisa Dicairkan dengan Cepat

Tidak seperti pinjaman umumnya, dana yang kamu pinjam di layanan pinjaman online bisa dicairkan dengan cepat. Cepatnya dana dicairkan tergantung dari kebijakan layanan pinjaman online yang kamu pakai. Umumnya, dana yang kamu ajukan bisa cair maksimal 1 x 24 jam.

Kekurangan Pinjaman Online

DIbalik kelebihannya, pinjaman online juga punya beberapa kekurangan. Kamu harus memperhatikan kekurangan-kekurangan itu jika nanti mau memakai layanan pinjaman online. Dari sekian banyak kekurangan yang ada, tiga diantaranya adalah:

1. Jumlah Pinjamannya Terbatas

Tidak seperti pinjaman umumnya, jumlah dana yang bisa dipinjam pada pinjaman online sangat terbatas, yakni hanya sampai Rp 15 juta saja. Kamu yang ingin meminjam dalam jumlah puluhan juta tentu tidak bisa memakai layanan tersebut. Terbatasnya jumlah pinjaman itu diberlakukan untuk mengurangi risiko nasabah tidak bisa melunasi cicilan.

2. Adanya Sistem Bunga Harian

Banyak layanan pinjaman online menerapkan sistem bunga harian minimal 0,8 persen. Hal itu sebetulnya tidak menjadi masalah jika kamu melakukan pinjaman dengan tenor singkat. Bunga tersebut akan menjadi masalah ketika pinjaman yang kamu ajukan memiliki tenor jangka panjang.

3. Tenor Pelunasannya Lebih Singkat

Selain jumlah pinjaman yang terbatas, tenor pelunasan pinjaman online pun tergolong singkat, maksimal sampai 6 bulan saja. Walau singkat, tenor tersebut sebetulnya bisa memberikan imbal hasil untukmu mengingat adanya bunga harian yang harus kamu bayar.

Itulah berbagai kelebihan dan kekurangan pinjaman online. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan untukmu yang masih bimbang apakah mau memakai pinjaman online atau tidak.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image