Kolaborasi Kampus Muhammadiyah, 52 Mahasiswa Ikuti KKN 3T

Image
Humas Unimuda Sorong
Edukasi | Thursday, 28 Jul 2022, 12:45 WIB
Peserta KKN 3T

UNIMUDANews | UNIMUDA Sorong melakukan kolaborasi bersama Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah dalam penyelenggaraan kegiatan pengabdian masyarakat melalui KKN 3T. Program ini merupakan upaya dalam meningkatkan wawasan mahasiswa di tingkat nasional dan memberikan pengalamaan kolaborasi mahasiswa antar perguruan tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. KKN 3T juga merupakan realisasi surat yang diterbitkan oleh Majelis Diktilitbang No. 0501/I.3/D/2022 tentang pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah ‘Aisyiyah.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini tidak hanya Universitas Muhammadiyah Purwokerto saja yang berkolaborasi dengan UNIMUDA Sorong dalam mengirimkan mahasiswanya melaksanakan KKN 3T. Pada tahun 2022 ini, kolaborasi melibatkan beberapa Perguruan Tinggi, yakni Universitas Muhammadiyah Surabaya, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, dan Universitas Muhammadiyah Sorong. Terhitung sebanyak 52 Mahasiswa akan melakukan KKN di kampung binaan UNIMUDA Sorong yaitu di Kampung Warmon Kokoda dan Pulau Arar.

Pelepasan sekaligus pembekalan dilakukan di Meeting Room Gedung Mas Mansyur UNIMUDA Sorong pada Rabu (27/7/22) yang dihadiri oleh Sekretaris Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah, Rektor UNIMUDA Sorong, dan Dosen pendamping lapangan dari masing-masing Perguruan Tinggi.

Rektor UNIMUDA Sorong yang pada kesempatan ini mengungkapkan rasa bahagianya dan menyambut para mahasiswa KKN dengan baik. Tak hanya itu, beliau juga memberikan motivasi kepada mahasiswa yang setelah ini akan langsung di antarkan ke tempat KKN.

“Selamat datang di kampus ini, kami merasa bahagia dikunjungi oleh beberapa mahasiswa dari berbagai PT untuk melaksanakan program KKN di Wilayah 3T. Saya yakin kalian setelah tiba di tempat tujuan KKN akan jatuh cinta dengan tempat tersebut. Datang dan lakukan program-program yang sudah direncanakan dengan hati yang bahagia. Jika tidak dijalani dengan bahagia maka tidak akan jadi.” Ungkapnya.

Beliau juga menjelaskan bahwa walaupun Kabupaten Sorong ini dianggap berada di wilayah 3T namun disini khususnya di UNIMUDA merupakan kampus dengan segudang prestasi besar.

“Tercatat dalam 2 tahun terakhir kami meraih hibah yang dikompetisikan dalam skala nasional. Yakinlah semua peserta ini Allah tidak pernah membedakan wilayah satu dengan yang lain untuk menjadi maju. Saya tidak tertarik sama sekali untuk menganggap T yang terakhir adalah Tertinggal tapi harus diganti dengan Terhebat. Saya mengucapkan terimakasih untuk mahasiswa dari berbagai universitas telah datang ke UNIMUDA, disini ada UM Purwokerto yang merupakan salah satu universitas yang sering bersinergi dengan kami di UNIMUDA, disini juga ada UM Surabaya, ada juga Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, dan yang terakhir ada Universitas Muhammadiyah Sorong dan ada mahasiswa dari UNIMUDA juga yang mengikuti program ini.” Jelas Rustamadji

Rustamadji juga menyampaikan bahwa kedepannya akan mengadakan kegiatan besar yang berskala nasional yang akan digelar di UNIMUDA Sorong dan mengundang Wakil Presiden dan Menteri Dalam Negeri.

“ disamping kampus ini memiliki segudang prestasi, dan kampus ini juga merupakan kampus dengan banyak pemilih fanatik, bukan hanya dari calon mahasiswanya saja tetapi banyak juga institusi dan organisasi yang juga sering mengadakan kegiatan di kampus ini, itulah kenapa saya sebut kampus ini sudah menjadi pilihan fanatik bagi masyarakat. Rencananya kedepannya kami akan mengadakan kegiatan besar tingkat nasional yang akan mendatangkan Wakil Presiden dan Menteri Dalam Negeri di UNIMUDA Sorong.” Sambungnya.

Adapun Sekretaris MPM PP Muhammadiyah, Gus Bahtiar menceritakan kisahnya dahulu pada tahun 2012 pernah memberikan pembakalan KKN Mahasiswa dari berbagai Universutas di Bangka Belitung.

“Saya selaku majelis pemberdayaan masyarakat memiliki ide dan menyurat kepada Perguruan Tinggi untuk mahasiswa-mahasiswa ini disebar di seantero wilayah nusantara dalam program KKN ini.” Ungkap Gus Bah.

“Kabupaten Sorong ini adalah salah satu tempat yang paling sering saya kunjungi dari wilayah-wilayah lain di Indonesia bahkan kampung saya sendiri. Saat itu saya berkunjung ke UNIMUDA Sorong dan pak Rektor menceritakan ada warga papua yang menjadi basis binaan UNIMUDA yang dulunya STKIP Muhammadiyah UNIMUDA Sorong yaitu Kampung Warmon Kokoda. Saat itu saya janji saya kesini tidak hanya satu kali, saya akan kesini lebih sering untuk membangun dan membantu serta mendampingi masyarakat di kampung Kokoda. Kami melanjutkan apa yang sudah dirintis oleh dari pak Rustamadji, Rektor UNIMUDA Sorong untuk memperkuat dan meluaskan syiar kemajuan Muhammadiyah disana.” Jelasnya.

Pelaksanaan KKN ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa selain melakukan kegiatan pendampingan pada masyarakat. Pemilihan wilayah Kabupaten Sorong sebagai wilayah KKN bagi Perguruan Tinggi ini terkait dengan kebijakan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy yang menetapkan bahwa Peraturan Presiden (Perpres) Nomor: 105 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal tahun 2020-2024 yang salah satunya adalah penetapan Kabupaten Sorong. Dengan itu Kabupaten Sorong ditetapkan sebagai wilayah yang menjadi lokasi KKN Mahasiswa dengan lokasi Pulau Arar dan Kampung Warmon Kokoda. (kdx)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Biro Humas dan Kerjasama UNIMUDA Sorong

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Beriman Kepada Hari Kebangkitan (Yaumul Bats)

Image

Mushola dan Air Bersih untuk Pengungsi Cianjur

Image

Rekomendasi Restoran Ikan Bakar di Kota Malang, Telap88

Image

Peduli Gempa Cianjur, APPGINDO Bantu Warga Kampung Ciseupan

Image

Wisudawan Hafidz Quran 30 Juz UM Metro Terima Hadiah Umroh ke Baitullah

Image

Tanamkan Peduli pada Bumi Murid Lab School PAUD Ikuti Penanaman Sepuluh Juta Pohon

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image