Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dr. Abu Fayadh Muhammad Faisal, M.Pd

Hukumnya Parkir Kendaraan Sembarangan di Pinggir Jalan

Info Terkini | Tuesday, 23 Nov 2021, 08:30 WIB
Dilarang Parkir Kendaraan Sembarangan dan Jangan Menutup Akses Jalan Utama/Umum 
Dilarang Parkir Kendaraan Sembarangan dan Jangan Menutup Akses Jalan Utama/Umum

*Hukumnya Parkir Kendaraan Sembarangan di Pinggir Jalan & Dilarang Menutup Akses Jalan*

UNDANG-UNDANG PARKIR MOBIL SEWENANG-WENANG DI SISI JALAN

Jangan parkir sembarangan yang akhirnya merepotkan orang lain. . Nabi Shallallohu 'alaihi wa sallam bersabda:

اقِقْ اللَّهُ لَيْهِ الْقِيَامَةِ .

“Barangsiapa mempersulit (bagi orang lain), maka Alloh akan mempersulit hari kiamat”. (HR Al-Bukhari no. 7152).

Dan Rasululloh shallallohu 'alaihi wa sallam bersabda kembali:

. من آذى المسلمين في طرقهم وجبت عليه لعنتهم .

“Barangsiapa menyakiti kaum muslimin di jalan-jalan mereka, maka laknat mereka wajib atas dirinya” . (HR. Ath-Thabrani. Disahkan oleh Al-Haitsami dalam Majma 'Az-Zawâid, 1001, dan disahkan oleh Al-Albani dalam Shahîh At-Targhîb, 148) .

Kata Fadhilatush Syeikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan Al-Fauzan hafidzhahullohu (Anggota Senior Kibarul Ulama KSA dan Anggota Lajnah Da'imah Lil Buhuts Al Ilmiyyah Wal 'Ifta KSA/Kerajaan Saudi Arabia), “Kami telah memberitahumu lebih dari satu kali; jangan memarkir kendaraan di depan pintu manusia. Orang ingin masuk, keluar, dan mengangkut sesuatu; jangan ganggu orang, semoga Alloh membalas kebaikanmu... (Faktanya) kamu tidak perlu memarkir mobilmu di dekat masjid. Parkirkan mobil di satu tempat, bahkan jauh dari masjid. Jangan menyakiti orang lain, dan jangan menyempitkan (jalan) orang” .

Dan Dilarang Pula menutup Jalan Raya yang diperuntukan Untuk Akses Jalan Utama/Umum.

*Tanya Jawab Bersama Ustadz perihal Portal ditutup:*

Bismillah.

Afwan Ustadz tolong kirimkan dalil2 terkait jalan umum/jalan utama yang ditutup secara sepihak.. dalilnya kirim ya tadz, Sebelumnya Syukron. Barokallohu fiikum

Jawab:

*Menutup Jalan Umum (Jalan Utama) itu Haram sesuai Ajaran Islam bahkan Agama lainnya...*

Pesan orang bijak : *"Hidup ini jangan suka menutup (menghalangi) jalan orang, nanti di akherat jalanmu akan ditutup Alloh Tabarokta wa Ta'ala"*.

-- "Orang mukmin yang paling baik ke-Islamannya adalah kompilasi orang lain aman dan nyaman dari kata-kata serta melakukannya". (HR. Thabrani dan Ibnu Umar).

-- " Dari 'Aisyah radhiyallhu 'anha beliau berkata, Rasululloh shallallohu 'alayhi wa sallam bersabda:

"Ya Alloh, barangsiapa yang mengurusi umatku lantas dia merepotkan (membuat susah) umatku, maka repotkannlah dia". (HR Muslim)

Semoga bermanfaat. Barokallohu fiikum.

Tanya Jawab dengan *Ustadz Dr. Muhammad Ubaidillah Al Ghifari Slamet, Lc, M.PI*

{DOSEN PASCASARJANA INSTITUT ILMU AL QURAN/IIQ Jakarta, Alumnus Dauroh Masyayikh di Jeddah Saudi Arabia, Dewan Syuro' (Penasehat) MADINA (Majelis Dakwah Islam Indonesia), Guru Ulum Syar'i Ponpes Al Binaa' Islamic Boarding School, Pabayuran, Bekasi, Domisili di Tambun Kabupaten Bekasi}.

✍????

Semoga dimanapun yang punya Kendaraan Tidak Parkir Senbarangan dan Tidak ada pula Akses Jalan Utama/Umum yang ditutup Portal secara Permarnen dan sepihak. Wallohu'alam. Barokallohu' fiikum

#dakwahtauhid #dakwah #tauhid #parkir #mobil #jalan #hakorang #jalanutama #portalditutup

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image