Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dwi Yulianti, S.Mat, S.Pd.

UPACARA BENDERA DI SEKOLAH TUNAS IBLAM

Sekolah | Tuesday, 26 Jul 2022, 11:49 WIB
Upacara Senin, 25 Juli 2022 (Maulana Rahmat-dok)

Depok. Senin, 25 Juli 2022 adalah pertama kalinya upacara bendera dilaksanakan di Sekolah Tunas Iblam. Jika pada Senin sebelumnya hanya dilaksanakan penyambutan khususnya peserta didik baru di Tahun Pelajaran 2022/2023, maka kali ini rangkaian kegiatan yang dilakukan sudah mengikuti urutan tata cara upacara bendera secara lengkap. Sejak matahari mulai memancarkan sinarnya, satu persatu peserta didik berdatangan dan mulai berbaris di lapangan. Saat waktu menunjukkan pukul 07.00 upacara bendera dimulai.

Arahan dari pembina upacara kali ini adalah mengingatkan kembali pembiasaan yang ada di lingkungan sekolah. Kegiatan-kegiatan yang sempat ditiadakan kini sedikit demi sedikit akan dilaksanakan kembali. Mulai dari upacara bendera, ibadah rutin salat jamaah, dan ekstrakurikuler. Kegiatan ini dilakukan dengan pemantauan tim satgas. Protokol Kesehatan juga masih menjadi prasyarat dilakukannya kegiatan yang melibatkan banyak peserta didik.

Salah satu kegiatan ibadah salat kini di bagi menjadi tiga lokasi. Masjid Al Andalusia untuk kelas 4 hingga 6, hallway di lantai 2 untuk kelas 1 dan 2 serta hallway di lantai 3 untuk kelas 3. Selain kegiatan ibadah penguatan dari kurikulum diniyah juga mulai dilaksanakan. Pembelajaran ini dilakukan hingga pukul 15.00 untuk kelas 4-6 diakhiri salat asar jamaah. Sedangkan kelas 1-3 jam kepulagan pada pukul 14.00 dan 14.15.

Salat jamaah di Hallway (lutfi Nur'aini-dok)

Kegiatan pembiasaan ini, jika dilakukan dengan rutin dan terus menerus akan menjadi sebuah pembiasaan yang membudaya. Bimbingan dari guru juga menjadi kunci berhasilnya pembiasaan di lingkungan sekolah. Guru dijadikan panutan oleh peserta didik, seyogyanya mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas profesionalisme pendidik akan dilakukan seiring sejalan dengan perkembangan di masa kini.

Penulis: Dwi Yulianti

Dokumentasi: Maulana Rahmat dan Lutfi Nur'aini

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image