Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hamdani

Tiga Mindset Menggunakan Uang, Kamu yang Mana?

Gaya Hidup | Monday, 22 Nov 2021, 11:50 WIB
Foto/Prayogi/Republika.co.id

Menghabiskan uang bukan selalu tentang hal yang negatif, tentunya setiap orang dapat memilih bagaimana dia ingin menghabiskan uangnya. Sebaiknya pada kondisi saat ini, kita harus bisa lebih memikirkan bagaimana mengatur keuangan dengan baik.

Sebagai seorang pengusaha ataupun pembisnis, bahkan sebagai pribadi, tentunya kita harus dapat menghabiskan uang dengan cara yang bijaksana, contohnya berinvestasi.

Berikut adalah 3 mindset lazimnya orang menghabiskan uang mereka.

Mindset Mayoritas

Mayoritas orang pada umumnya berkerja untuk mendapatkan uang, lalu di habiskan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan hidup. Tanpa memikirkan tabungan, mungkin hal ini dapat terjadi juga karena kurangnya ilmu tentang mengelola uang dan juga dapat berfaktor karena masalah ekonomi yang pas-pasan. Biasanya pada level seperti ini orang lebih mendahulukan sebuah keinginan dibandingkan dengan kebutuhan hidup. Ini adalah ciri ciro orang yang krisis pengetahuan tentang cara mengelola uang.

Mindset Kelas Midle

Sebagian orang, sudah ada yang memikirkan untuk menabung setidaknya 10% dari hasil pendapatannya per bulan. Ketika mereka mendapatkan pendapatan mereka langsung menyisih kan sedikit uangnya untuk dapat ditabung. sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit juga kan? Biasanya pada level ini, orang lebih memprioritaskan kebutuhan hidup daripada keinginan, dan pastinya berusaha untuk selalu menabung.

Mindset Tajir

Maksud mindset tajir disini adalah orang juga memiliki pemikiran yang luas tentang cara mengelola uang mereka. Biasanya orang yang sudah memiliki mindset tajir akan berfikir bagaimana caranya uang yang ada sekarang dapat berlipat ganda, contohnya berinvestasi.

Biasanya orang pada level ini, selalu memikirkan uang nya akan di investasikan dimana terlebih dahulu, lebih memprioritaskan bisnis dan setelah itu memenuhi kebutuhan hidupnya dan tidak menjadikan keinginan menjadi pemikiran awal mereka ketika mendapatkan uang. Menyisihkan sedikit dari rezeki untuk selalu bersedekah dan membeli kebutuhan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Jika tidak memiliki modal atau dana yang banyak kita bisa berinvestasi dengan membeli saham saham kecil, namun jika sudah memiliki dana yang besar biasanya orang akan berinvestasi dengan membeli properti atau emas.

Nah itulah 3 cara orang menghabiskan uang mereka, kalian termasuk yang mana ni? Ayo cerdas dalam mengelola uangmu!

Penulis: Sitti Sausan Nazira, Mahasiswa LP3I College Banda Aceh.

Ide tulisan

Babenews

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image