Tiga Mindset Menggunakan Uang, Kamu yang Mana?

Image
Hamdani
Gaya Hidup | Monday, 22 Nov 2021, 11:50 WIB
Foto/Prayogi/Republika.co.id

Menghabiskan uang bukan selalu tentang hal yang negatif, tentunya setiap orang dapat memilih bagaimana dia ingin menghabiskan uangnya. Sebaiknya pada kondisi saat ini, kita harus bisa lebih memikirkan bagaimana mengatur keuangan dengan baik.

Sebagai seorang pengusaha ataupun pembisnis, bahkan sebagai pribadi, tentunya kita harus dapat menghabiskan uang dengan cara yang bijaksana, contohnya berinvestasi.

Berikut adalah 3 mindset lazimnya orang menghabiskan uang mereka.

Mindset Mayoritas

Mayoritas orang pada umumnya berkerja untuk mendapatkan uang, lalu di habiskan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan hidup. Tanpa memikirkan tabungan, mungkin hal ini dapat terjadi juga karena kurangnya ilmu tentang mengelola uang dan juga dapat berfaktor karena masalah ekonomi yang pas-pasan. Biasanya pada level seperti ini orang lebih mendahulukan sebuah keinginan dibandingkan dengan kebutuhan hidup. Ini adalah ciri ciro orang yang krisis pengetahuan tentang cara mengelola uang.

Mindset Kelas Midle

Sebagian orang, sudah ada yang memikirkan untuk menabung setidaknya 10% dari hasil pendapatannya per bulan. Ketika mereka mendapatkan pendapatan mereka langsung menyisih kan sedikit uangnya untuk dapat ditabung. sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit juga kan? Biasanya pada level ini, orang lebih memprioritaskan kebutuhan hidup daripada keinginan, dan pastinya berusaha untuk selalu menabung.

Mindset Tajir

Maksud mindset tajir disini adalah orang juga memiliki pemikiran yang luas tentang cara mengelola uang mereka. Biasanya orang yang sudah memiliki mindset tajir akan berfikir bagaimana caranya uang yang ada sekarang dapat berlipat ganda, contohnya berinvestasi.

Biasanya orang pada level ini, selalu memikirkan uang nya akan di investasikan dimana terlebih dahulu, lebih memprioritaskan bisnis dan setelah itu memenuhi kebutuhan hidupnya dan tidak menjadikan keinginan menjadi pemikiran awal mereka ketika mendapatkan uang. Menyisihkan sedikit dari rezeki untuk selalu bersedekah dan membeli kebutuhan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Jika tidak memiliki modal atau dana yang banyak kita bisa berinvestasi dengan membeli saham saham kecil, namun jika sudah memiliki dana yang besar biasanya orang akan berinvestasi dengan membeli properti atau emas.

Nah itulah 3 cara orang menghabiskan uang mereka, kalian termasuk yang mana ni? Ayo cerdas dalam mengelola uangmu!

Penulis: Sitti Sausan Nazira, Mahasiswa LP3I College Banda Aceh.

Ide tulisan

Babenews
Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Suara Rakjat

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Rekomendasi 6 Aplikasi Edit Foto Terbaik Android dan Iphone

Image

Versi Terbaru Youtube Go Apk Update Desember, Ini Link Downloadnya

Image

Versi Terbaru GB WhatsApp (GB WA) Pro Apk, Ini Link Downloadnya

Image

Hubungan Ijtihad Dengan Perekonomian

Image

Terbukti Membayar! Daftar Aplikasi Penghasil Uang Saldo DANA 2021

Image

5+ Cara Pinjam Uang di Bank BRI Untuk Beli Rumah

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image