Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sheilamida nanda muhaeni

Upaya Pemulihan Ekonomi Oleh BMT dengan Bantuan Modal

Info Terkini | Monday, 22 Nov 2021, 11:14 WIB

Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Surabaya

Pandemi Covid-19 memberikan sesuatu tantangan dan hikmah besar dalam membangkitkan kembali ekonomi bangsa. Dan saat ini pemulihan ekonomi bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 yang dilakukan oleh koperasi antara lain membantu masyarakat/anggota mendapatkan modal usaha untuk kembali bangkit dan memulai usaha.

Peranan BMT di bidang penyaluran dana kepada masyarakat dunia usaha yang bergerak di sektor ekonomi riil perlu dioptimalkan. Adapun salah satu caranya selain peningkatan kapabilitas dan profesionalitas para pengelolanya, juga diperlukan pemahaman terhadap kondisi setempat dimana sebuah BMT berada. BMT yang berada di sekitar masyarakat petani, tentu berbeda dengan BMT yang ada di sekitar masyarakat pedagang. Optimalisasi peran BMT dalam pengembangan sektor riil secara prinsip dapat dilakukan dengan mengenal motivasi dari nasabah atau calon nasabah ketika mereka mengajukan permohonan ke BMT.

Baitul Maal Wattamwill Dalam Rangka Pemberdayaan Sektor Usaha Mikro

dengan adanya tambahan modal pinjaman dari LPDB KUMKM untuk KSPPS Jati diharapkan dapat dimanfaatkan untuk usaha-usaha produktif anggota yang bergerak di sektor riil agar mampu menopang untuk melakukan pemberdayaan kepada UMKM khususnya pedagang kecil atau masyarakat menengah ke bawah, yaitu dengan melakukan tiga kegiatan yaitu Pembiayaan, pembinaan, Pemasaran Produk/Jasa, mempertahankan dan mengembangkan usaha.

Diharapkan dengan adanya tambahan permodalan dari LPDB KUMKM, Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS ) Jati bisa meningkatkan pelayanan dan mensejahterakan anggota dan koperasinya sendiri.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM prov Sumatera Barat yang diwakili kabid pemberdayaan koperasi

Pengembangan yang dilakukan BMT Jati Kota Padang semakin maju. Saat ini dari 104 BMT tidak semua survive dan kemudian tidak lanjut. Karena butuh pengawasan dan kajian indikator yang mampu memberikan kebaikan dan kemajuan BMT sendiri sesuai lingkup kegiatannya

Khususnya BMT jati kota padang saat ini perlu membangun infrastruktur pendukung terutama dalam aspek pemanfaatan teknologi dan kebiasaan masyarakat. Seberapa sosialnya BMT dan lembaga keuangan Islam adalah pada aspek kesejahteraan anggota, kesejahteraan lingkungan usaha dan nasabah. Karena pada dasarnya keuangan syariah berdampak pada kebaikan umat dan keberlangsungan BMT secara berkelanjutan.

KSPPS BMT Jati merupakan yang terbaik kota Padang, sehingga tidak salah LPDB telah mengucurkan dana Rp 1 miliar untuk perkuatan modal koperasi syariah di kota Padang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image