Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Johan Nainggolan

5 Aplikasi Belajar Online Terbaru yang Sering Digunakan

Info Terkini | Saturday, 20 Nov 2021, 09:10 WIB

Di periode wabah layaknya saat ini, sebagai pegiat pengajaran guru dituntut untuk beradaptasi dan bereksperimen dalam evaluasi. Guru dituntut untuk cari jalan alternative supaya masih tetap tersambung dan sampaikan materi untuk peserta didik dimana saja mereka ada.

Baca juga : Daftar Kuliah Agama di Papua via Stain-Sorong.ac.id

Ada beberapa program yang bisa digunakan Bapak/Ibu Guru untuk mengajarkan jarak jauh atau evaluasi online. Antara program itu ialah Google Classroom, Animaker, Edmodo, Zoom, dan Edpuzzle.

Saat sebelum wabah, aktivitas belajar mengajarkan biasa dilaksanakan secara bertemu muka dan tidak sedikit terkait pakai kegiatan dalam kelas. Tetapi saat evaluasi bersama peserta didik sekarang ini cuman bisa dilaksanakan secara online, pasti pengembangan yang perlu dilaksanakan guru agar lebih inovatif serta lebih luas lingkupnya hingga semua proses evaluasi bisa jalan secara efisien dan efektif,

Baca juga : Terakreditasi B, kuliah di Stainponorogo.ac.id

layaknya membuat media evaluasi yang interaktif melalui animasi dan media evaluasi yang lain. Berikut akan kami bagi info berkaitan program yang bisa digunakan oleh guru untuk proses evaluasi secara online.

Google Classroom

ialah program evaluasi online berbasiskan situs yang dibikin untuk mempermudah aktivitas evaluasi di antara pendidik pakai peserta didik tak perlu bertatap muka langsung. Google Classroom sebagai service dari Google for Education untuk menolong kegiatan komunikasi di antara pendidik pakai peserta didik dalam evaluasi.

Google classroom memungkinkannya Bapak/Ibu Guru menyaksikan perubahan peserta didik siapa yang telah dan belum menuntaskan pekerjaan dan dapat segera memberi nilai dan saran secara real-time. Peserta didik dapat pakai gampang terhubung dan terima materi dan kumpulkan pekerjaan langsung lewat Google Classroom.

Animaker

sebuah basis yang bisa dipakai oleh guru saat membuat video animasi materi evaluasi. Program ini bisa mempermudah guru dalam pengutaraan materi yang sulit sekalinya tak perlu bertemu muka. Video animasi yang sudah dibikin bisa dibagi ke peserta didik sebagai media evaluasi yang memikat dan interaktif.

Service berbasiskan pengajaran yang dikeluarkan oleh perusahaan tehnologi asal dari Amerika Serikat ini bisa dipakai oleh Bapak/Ibu Guru untuk share content materi, membagikan kuis, membagi pekerjaan, dan mengurus komunikasi di antara pendidik, pelajar sampai sampaikan laporan langsung ke orang-tua pelajar.

Edmodo

menjadi satu diantara program evaluasi yang lumayan disukai di dunia karena pemakaiannya yang gampang dan disokong oleh feature solutif yang dijajakan pada perubahan tehnologi terutamanya di dunia pengajaran.

Zoom

Salah satunya program yang terkenal akhir-akhir ini ialah Zoom. Zoom memungkinkannya untuk memberikan dukungan evaluasi jarak jauh secara online pakai pengutaraan materi pelajaran oleh pendidik yang bisa tersampaikan ke pelajar, hingga evaluasi bisa dilaksanakan secara dua arah dan pelajar langsung bisa memberi operan balik pada materi yang dikatakan.

Salah satunya feature di Zoom yang paling bermanfaat ialah feature screen record yang bisa dipakai untuk merekam materi yang dikatakan di monitor. Pakai feature ini, kita tak perlu cemas untuk ketinggal materi yang dapat dijangkau lewat video rekaman yang disimpan.

Edpuzzle

sebuah basis yang bisa menolong Bapak/Ibu Guru dalam menolong pilih video evaluasi, mengubah, menggunting, merekam suara dan bisa menambah pertanyaan untuk jadi penilaian berbentuk kuis. Pakai edpuzzle, aktivitas evaluasi pakai melihat video evaluasi yang bisa menggerakkan pelajar agar semakin aktif. Pakai pemakaian edpuzzle untuk pengutaraan materi evaluasi, guru bisa ketahui berapa lama pelajar saat melihat video evaluasi dan statistik penuntasan melihat video yang diberi guru. Ingin tahu bagaimana pemakaian Edpuzzle dalam pengutaraan materi evaluasi?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image