Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Andy Hardiyanti

Apakah menjadi Pro Player Tujuan Semua Gamer?

Games | Friday, 22 Jul 2022, 08:00 WIB
sumber: canva.com

Laporan dari We Are Social per Januari 2022 menyebutkan bahwa Indonesia berada pada urutan ketiga dunia sebagai negara dengan pemain video gim terbanyak. Tercantum di sana bahwa sebanyak 94,5% pengguna internet di Indonesia memainkan video gim. Jika mengacu pada data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia atau APJII, per 2022 ini, dimana terdapat 220 juta pengguna internet di Indonesia, maka 207 juta diantaranya adalah pemain gim atau gamer. WOW! Apakah kalian salah satunya?

Kalau bukan kitanya yang senang bermain gim, maka siap-siap melihat orang di sekitar kita sehari-harinya berhadapan dengan gim. Entah itu anggota keluarga, teman bermain/ngumpul, rekan kerja, atau yang lainnya. Tak sampai di situ, di media sosial yang setiap hari kita akses pun, dengan mudahnya kita temukan konten-konten yang berkaitan dengan dunia gaming. Entah itu dalam bentuk teks, gambar, hingga video tips dan trik dalam bermain gim. Saya pribadi, sebagai seseorang yang awam akan gim, perlahan jadi tahu beberapa istilah di dalamnya, juga nama gim-gim yang kerap kali orang sekitar saya mainkan. Free Fire adalah salah satunya.

Jadi Petarung Andal di Free Fire

Suatu hari, adik sepupu saya datang berkunjung, sebab ia harus melakukan pengobatan di salah satu rumah sakit besar di kota ini. Saat tidak ada jadwal kontrol dengan dokter, maka ia lebih sering berada di rumah. Sibuk dengan ponsel pintarnya yang berwarna hitam, lengkap dengan kerlipan cahaya di beberapa sisinya. Kerap kali ia saling bersahutan dengan teman bermainnya yang entah berada di mana itu. “Lari! Maju ya, lindungi saya..”, begitu sahutnya. Dan berbagai kalimat perintah yang diucapkannya, yang tidak saya mengerti sama sekali.

Saat kelelahan, atau saat ia sudah diingatkan berkali-kali oleh ibunya untuk berhenti bermain. Saya menghampirinya, menanyakan gim apa yang ia mainkan. “Free Fire, ini kak..”, ia menjawab.

Mengenal Gim Free Fire

Untuk diketahui, Free Fire (FF) atau Garena Free Fire, adalah permainan battle royale yang dikembangkan oleh 111 Dots Studio dan diterbitkan oleh Garena untuk Android dan iOS. Alur permainannya dimulai ketika semua pemain dikerahkan dari pesawat, dan diwajibkan untuk melakukan terjun bebas. Para pemain pun harus sesegera mungkin mencari senjata dan peralatan medis saat dikirim/ditugaskan bertarung melawan pemain lain dan bertahan hidup.

Nantinya di tengah-tengah permainan, akan ada pesawat yang lewat dan meluncurkan airdrop berbentuk kotak besar yang di dalamnya berisi rompi anti peluru, dan helm. Tak ketinggalan pula, senjata khusus seperti AWM, Groza, M79 dan M249 ataupun senapan mesin. Menemukan airdrop ini sebenarnya bukanlah hal yang sulit, setidaknya dari beberapa sumber yang saya baca. Bagian menantangnya adalah ketika dihadapkan pada ledakan di zona berbahaya. Kualitas pemain akan terlihat di sini. Keterampilan dalam bertarung/berperang dan kemampuan untuk bertahan hidup adalah dua hal yang sangat dibutuhkan dalam memainkan gim ini.

Apakah menjadi Pro Player adalah Tujuan Semua Gamer?

Sebelum ramainya tren bermain gim, terutama bagi pengguna fast internet. Hal yang kita ketahui adalah seseorang bermain gim hanya untuk melepaskan penat dan menyalurkan hobi semata. Sampai kemudian, gim online kian digemari. Jumlah pemain gim yang semakin tahun semakin bertambah, dan melonjak ketika pembatasan sosial tatkala pandemi covid-19 hadir mengakibatkan hidup seluruh manusia bergantung kepada layanan fast internet. Serta industri gim yang kelihatan memiliki masa depan yang cerah, maka kini dengan mudahnya kita temukan komunitas gim tumbuh di berbagai daerah. Hingga digelarnya kompetisi demi kompetisi gim dengan hadiah yang WAH.

Lantas apakah menjadi pro player adalah tujuan semua gamer? Saya pun iseng menanyakan hal ini pada beberapa keluarga dan kerabat sekitar yang gemar bermain gim. Meski sebagian besar menjawab tidak, sebab bagi mereka bermain gim hanyalah sebagai hiburan. Entah itu untuk melepas penat, menemukan teman baru, mengisi waktu luang, atau yang lainnya. Namun menariknya, mereka pun berpesan, ketika seorang gamer atau pemain gim ingin fokus meniti karir menjadi pro player, maka jalanilah dengan serius.

Pilih Mana, Gim atau eSport?

Mengapa? Karena dengan menjalaninya dengan sungguh-sungguh, maka dunia gaming tidak lagi sekadar hiburan. Ada tujuan yang hendak dicapai di sana. Menjadi pro player yang giat berlatih, untuk kemudian memenangkan kompetisi demi kompetisi. Ah ya, dengan demikian istilah yang digunakan bukan lagi bermain gim, melainkan terjun ke dunia eSport atau olahraga elektronik, yang levelnya sudah pada kompetisi. Berbeda dengan gim yang sekadar untuk rekreasi/hiburan.

Cintai Prosesnya, Menang adalah Bonusnya

Bermain gim untuk tujuan hiburan, maupun terjun ke dunia eSport, sebaiknya jadikan sebagai sesuatu yang menyenangkan. Cintai setiap proses bagaimana kalian dari yang awalnya baru mengenal gim tersebut, mempelajarinya, mengetahui tips dan trik, hingga akhirnya meraih kemenangan. Entah itu sekadar untuk mengisi waktu luang, atau saat benar-benar berada di tingkat kompetisi. Benar bahwa memenangkan pertandingan adalah tujuan utama, namun mencintai setiap proses, belajar dari setiap kekalahan, merupakan jalan yang ditempuh seorang pemenang. Lantas bagaimana taktik memenangkan kompetisi/pertandingan gim online?

Taktik Menang Gim Online

Sebagai seorang yang awam, saya mengumpulkan referensi dari apa yang saya simak (bahan bacaan, podcast yang menghadirkan pro player sebagai narasumbernya), serta bertanya langsung pada orang sekitar yang gemar bermain gim. Rasanya taktik ini pun sedikit banyak, berlaku pula di bidang lainnya, tidak hanya gim online.

Disiplin Berlatih

Practice makes perfect. Seorang pemenang tidaklah lahir begitu saja. Ada jalan panjang di baliknya. Disiplin berlatih adalah salah satu kuncinya. Dari sebuah kemenangan, tentu ada berkali-kali kekalahan, mereka yang belajar dari kekalahan tersebutlah yang sebenar-benarnya pemenang. Ya, disiplin berlatih. Terlebih lagi ketika level bermain kalian sudah menjadi profesi, alias di ajang eSport. Maka latihan sudah tentu menjadi makanan sehari-hari.

Manajemen Waktu yang Baik

Bidang apapun itu yang kita tekuni, maka penting bagi kita untuk memiliki time management atau manajemen waktu yang baik. Sering ditegur oleh orang sekitar karena lupa waktu saat bermain gim? Nah, ini menjadi tanda bahwa kita belum mengelola waktu 24 jam waktu yang tersedia dengan baik. Pekerjaan dan kewajiban jadi terbengkalai, yang mengakibatkan dihujatnya kita oleh orang sekitar karena hanya bermain gim melulu. Hujatan tersebut berpengaruh pada fokus tidaknya kita saat bermain gim nanti. Manajemen waktu ini pun penting bagi seorang pro player. Mengapa? karena dapat berpengaruh pada kesehatan tubuhnya sendiri. Atur waktu dengan baik, itu kuncinya.

Pastikan terhubung dengan Akses Internet Terbaik

Gim online tanpa koneksi internet terbaik, tentu tidak akan menghasilkan apa-apa. Oleh karena itu, sebelum memulai bermain, pastikan koneksi internetnya cepat dan stabil. Paket Gamer dari IndiHome, bisa menjadi solusi bagi para pemain gim yang membutuhkan koneksi fast internet dengan harga terjangkau. Terlebih lagi, paket ini menawarkan banyak sekali keuntungan menarik.

Bergabung dengan Komunitas Gim

Jangan ragu untuk bergabung dengan komunitas gim di daerah kalian. Bertemu dengan para pemain gim lainnya, tentu akan memunculkan diskusi dan sharing hal-hal menarik terkait dunia gaming. Termasuk memperoleh pengetahuan terkait tips dan trik memenangkan kompetisi. Selain komunitas gim di daerah, kalian pun bisa mencoba untuk mendaftarkan diri menjadi bagian dari tim eSport IndiHome, yaitu LEAD.

LEAD atau Limitless Esport Academy by IndiHome adalah pusat pengembangan atlet eSport untuk komunitas dan antusias eSport Indonesia. IndiHome sebagai bagian dari Telkom Group, menciptakan pusat pengembangan ini dengan mengusung konsep Athlete Enablement yang berfokus pada proses pendidikan pro player dari yang bermain sebagai hobi ke player yang bermain dengan mental olahragawan.

Beranikan Diri untuk Mengikuti Kompetisi

Bagaimana seseorang tahu ia mampu menjadi pemenang jika tidak memulai sebuah pertandingan? Maka beranikanlah diri untuk ikut dalam kompetisi. Bagi kalian yang menggemari atau bahkan fokus memainkan gim Free Fire, maka inilah saatnya. Sebab dunia eSport nasional akan kembali semarak dengan adanya gelaran LEAD National Series (LNS) yang diadakan oleh IndiHome. Tidak tanggung-tanggung, kompetisi tersebut akan berlangsung di 7 wilayah regional Telkom atau seluruh Indonesia dengan total hadiah mencapai 100 juta rupiah. Jadi tunggu apa lagi? Siapkan diri dan tim gim terbaik kalian untuk unjuk gigi pada kompetisi LNS ini.

-

Dari semua itu, jika kelak menjadi pro player adalah tujuannya, maka fokuslah menggapai tujuan tersebut. Namun jika bermain gim sekadar untuk rekreasi, tetaplah jalani dengan baik, nikmati momen hiburan pelepas penat tersebut. Agar kalian menjadi pribadi yang siap untuk melakukan aktivitas lainnya lagi.

-

Referensi:

- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/16/jumlah-gamers-indonesia-terbanyak-ketiga-di-dunia

- https://www.republika.co.id/berita/rd7lbq383/apjii-pengguna-internet-di-indonesia-naik-dari-175-juta-menjadi-220-juta

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image