Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image El Fatih Setiawan

Tips Berbisnis Usaha Sablon untuk Pemula serta Alat yang Wajib Dimiliki

Bisnis | Wednesday, 20 Jul 2022, 09:55 WIB

Bisnis sablon masih menjadi salah satu lini bisnis yang diminati. Bisnis ini bisa dimulai dari modal minim, namun bisa menghasilkan untung besar. Semua itu tentu dengan catatan kamu bisa menerapkan strategi yang tepat pada bisnis sablonmu.

Pada artikel ini, kami akan beritahu apa saja tips berbisnis sablon untuk para pemula beserta alat-alatnya. Tips dan alat-alat itu bisa disimak sebagai berikut!

Tips Berbisnis Sablon untuk Pemula

Kita mulai dari tips terlebih dahulu dari tips untuk berbisnis sablon. Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat berbisnis sablon, yaitu:

- Pastikan kamu sudah memiliki pengetahuan yang cukup soal bisnis sablon.

- Miliki modal untuk melakukan bisnis ini.

- Memiliki alat-alat untuk sablon.

- Menentukan harga sablon kaos.

- Buat strategi promosi yang tepat.

- Selalu konsisten dalam menjalani bisnis ini.

Alat-Alat yang Wajib Dimiliki Saat Berbisnis Sablon

Salah satu tips berbisnis sablon adalah memiliki alat-alat sablon. Ada sekitar empat alat sablon yang harus dimiliki, yaitu:

1. Tinta Sablon

Kamu tidak bisa menyablon kaos tanpa adanya tinta sablon. Alat ini bisa membantu menghasilkan citra visual pada kaos atau media sablon lainnya. Ada dua jenis tinta sablon yang ada di pasaran, yaitu sablon berbasis air dan minyak. Khusus kamu yang mau usaha sablon kaos, pilihlah tinta berbasis air karena tinta ini bisa lebih terserap oleh kaos, sehingga bisa menghasilkan citra visual yang baik.

2. Film Sablon

Alat ini memiliki fungsi sebagai pemindah gambar atau tulisan ke kaos atau media sablon lainnya. Idealnya, film sablon yang dipakai harus berbahan kertas khusus kalkir atau polyester semi transparan. Namun, kamu juga bisa memakai kertas film positif khusus printer inkjet. Dibanding dua bahan sebelumnya, film sablon yang dibuat dari kertas positif jauh lebih mudah dipakai untuk semua jenis printer.

3. Screen dan Rakel

Dua alat ini sudah satu paket dan tidak boleh dipisahkan. Screen adalah alat sablon berbentuk persegi empat dan berfungsi sebagai bingkai penempel kain khusus penyaring tinta sablon. Sementara itu, rakel adalah alat yang menyalurkan tinta yang disalin screen ke kaos atau media sablon lainnya.

4. Obat Afdruk

Selain tinta sablon, ada satu cairan lain yang tidak kalah penting, yaitu obat afdruk. Cairan ini berfungsi untuk memindahkan film ke screen. Obat ini harus digunakan di ruangan gelap tanpa cahaya matahari. Obat afdruk sendiri punya beragam jenis, salah satunya afdruk photo emulsion. Jenis afdruk ini sangat cocok untuk sablon kaos dengan gambar biasa.

Itulah tips berbisnis sablon untuk pemula serta alat-alatnya. Semoga bisa menjadi referensi untukmu yang tertarik berbisnis dibidang sablon, khususnya sablon kaos.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image