Generasi Milenial Mulai Dekat dengan Industri Halal

Image
Putri Nabilla
Bisnis | Wednesday, 17 Nov 2021, 19:50 WIB
Industri halal menarik generasi milenial

Indonesia sudah mulai memasuki zaman bonus demografi maka dari itu banyak masyarakat usia produktif yang ada di Indonesia. Biasanya generasi ini disebut generasi milenial. Untuk ekonomi syariah sendiri sudah tidak asing lagi bahwa ekonomi syariah terkenal identik diaplikasikan oleh masyarakat Muslim saja.

Bahkan masyarakat Muslim pun jarang sekali yang mengerti apa itu ekonomi syariah yang sesungguhnya. Di zaman sekarang ekonomi syariah sudah mulai berkembang mulai dari fashion halal, makanan dan minuman halal, kosmetik halal, travel halal, dan masih banyak lagi.

Akrabnya generasi milenial dengan ekonomi syariah dapat dilihat dari banyaknya orang-orang yang sudah melakukan transaksi di Bank Syariah Indonesia (BSI), karena sekarang BSI tidak kalah jauh kemajuan teknologinya dari bank lain. Apalagi Bank Syariah Indonesia juga mengepakkan sayapnya dan mengincar generasi milenial baik dari penggunaan aplikasinya, pelayanan perbankannya, dan kemudahan bertransaksi.

Wisata halal menarik bagi generasi milenial

Dari segi wisata halal Indonesia juga sangat diminati baik dari wisatawan dalam negeri maupun wisatawan mancanegara. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya tempat wisata yang sudah mendukung konsep wisata halal baik dari segi tempat penginapan, restoran, dan lainnya. Apalagi genersi milenial dizaman pandemi seperti ini pasti sangat menginginkan berwisata ditempat yang menyenangkan dan aman, melalui promosi sosial media tempat-tempat wisata halal banyak dikenal oleh masyarakat banyak.

Apalagi generasi milenial yang mengerti digital tidak asing lagi dengan iklan-iklan tempat wisata yang berbasis halal. Selain itu, kemudahan berwisata halal lainnya dapat dilihat hanya dengan menggunakan aplikasi, banyak daerah yang berpotensi menjadi destinasi wisata halal seperti Aceh, Sumatera Barat, Jakarta, bahkan Lombok yang menjadi salah satu destinasi wisata halal nomer satu di Indonesia.

Kosmetik dan fashion halal

Dari segi kosmetik dan fashion halal, generasi milenial pada saat ini yang mayoritas Muslim sudah banyak yang menggunakan hijab. Bukan hanya pakaian-pakaian syarâ i saja yang dicari, tetapi banyak pakaian yang lebih modern dicari anak muda yang bisa digunakan untuk berhijab. Selain pakaian yang lebih variatif yang digunakan oleh hijabers, banyak acara fashion yang menyajikan fashion Muslim yang bukan hanya disaksikan oleh masyarakat Muslim tetapi masyarakat nonmuslim juga.

Pada kosmetik halal, bukan hal asing lagi pada saat ini berbagai jenis kosmetik atau skincare sangat diminati generasi milenial baik wanita maupun lelaki. Ketika menggunakan kosmetik atau skincare masyarakat juga pasti tidak akan asal-asal memilih produk untuk digunakan yang abal-abal pasti para generasi milenial sudah mengerti skincare/ kosmetik yang baik adalah yang berizin BPOM dan tersertifikasi halal.

Karena jika suatu produk memiliki izin BPOM dan Halal sudah pasti produk kosmetik atau skincare tersebut tidak mengandung bahan-bahan berbahaya dan nyaman digunakan dalam jangka waktu panjang. Contoh kosmetik halal yang tidak pernah luput dari penggunaan para generasi milenial yaitu produk Wardah yang sudah memiliki brand yang besar dan dikenal oleh masyarakat luas.

Restoran halal dicari generasi milenial

Dari segi makanan dan minuman sudah bukan rahasia umum lagi bahwa banyak restoran-restoran yang terkenal yang ada di Indonesia kebanyakan sudah bersertifikasi halal. Dan sudah pasti pangsa pasar makanan atau minuman yang memiliki brand terkenal adalah generasi milenial. Bahkan bukan hanya restoran besar saja yang hampir rata-rata memiliki sertifikasi halal, tetapi warung-warung pinggiran yang termasuk menegah kebawah juga memiliki logo sertifikasi halal.

Selain brand halal untuk makanan dan minuman, saat ini juga sudah marak marketplace halal dan aplikasi yang terdapat instumen-instrumen investasi syariah yang sudah banyak sekali diketahui masyarakat luas dan memudahkan generasi milenial untuk mengenal hal-hal tersebut karena selain mudah dipelajari saat era digital seperti ini generasi lebih terbiasa dengan hal-hal yang berbau digital dan teknologi ini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Menjalani Pembebasn Bersyarat, Anak Binaan LPKA Klas I Kutoarjo Dihadapkan ke Kejaksaan Negeri Purwo

Image

Rutan Temanggung Adakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022

Image

Adryan Nathanael Rilis Single Pop Elektro Terbaru

Image

Stoikisme: Obat Untuk Si Overthinker

Image

Lapas Kayu Agung melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022

Image

Selamat Hari Kesaktian Pancasila 2022

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image