Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Asroru Maulana

Analisis Brand Scarlet Whitening

Bisnis | 2022-07-19 09:06:10

Scarlet whitening merupakan salah satu brand lokal yang berasal dari Indonesia, produk ini merupakan salah satu produk yang berkecimpung di dunia kecantikan. Brand scarlet sendiri merupakan salah satu produk yang sangat dikenal oleh masyarakat. Brang scarlet whitening sendiri merupakan salah satu produk yang diluncurkan oleh salah satu artis ternama Indonesia yaitu Felicia Angelista.

Brand scarlet whitening sendiri mengeluarkan beberapa rangkaian produk kecantikan dari mulai body lotion, scrub, serum, toner, dan lain sebagainya. Sebagai salah satu produk yang bergerak di bidang kecantikan tentunya scarlet whitening sendiri mempunyai marketing tersendiri untuk mempromosikan atau mengiklakan produk kecantikannya. Tentunya promosi atau iklan untuk suatu produk di zaman yang semakin canggih ini orang-orang lebih banyak menggunakan media sosial untuk mempromosikan atatu mengiklankan produknya. Begitupun dengan scarlet whitening, mereka mempromosikan atau mengiklankan produknya lewat media sosial seperti instagram, tiktok, dan juga youtube.

https://images.app.goo.gl/dY1ctTwsHTQS2FDx5

Jika kita lihat dari segi kreatifitasnya, brand scarlet sendiri mempromosikan atau mengiklankan produknya dengan kreatifitas yang tidak terlalu tinggi atau bisa disebut sangat sederhana. Mengapa demikian? Strategi yang digunakan oleh scarlet dalam measarkan produknya ini jika dilihat dari postingan di instagramnya menggunakan foto produk yang sederhana dengan latar background berwarna pink serta warna-warna lainnya, serta video-video yang ditampilkan oleh scarlet pun sangat simple

Jika kita lihat beberapa postingan foto produk di instagram scarlet, foto produk yang ditampilkan rata-rata berlatarkan warna-warni hanya sedikit sentuhan kreatifitasnya seperti ditambah dengan ornament-ornamen lain seperti air, daun, dan lain sebagainya. Untuk postingan video di instagram scarlet sendiri masih sangat terbatas, hanya beberapa video saja yang menampilkan iklan produk ini. Selain itu, untuk brand besar seperti scarlet seharusnya bisa menampilkan startegi kreatifitas yang lebih tinggi lagi. Jika melihat video-video yang ditampilkan iklan yang ditampilkan pun masih seperti iklan pada umumnya terlihat simple seperti berada di sebuah bak mandi kemudian mempromosikan produk kecantikannya. Tetapi, selain itu untuk startegi kreatifitasnya sendiri memang sudah cukup baik dengan menampilkan produk dengan latar warni-warni yang terkesan ceria.

Kemudian selanjutnya, beberapa bulan kebelakang scarlet whitening ini sempat mehebohkan jagat maya, karena scarlet menggandeng artis ternaman papan atas korea yang sangat di diolakan khususnya oleh para wanita Indonesia yaitu Song Jong Ki. Scarlet sendiri menggandeng Song Jong Ki untuk menjadi brang ambassador produk kecantikannya. Tetunya ini merupakan salah satu strategi marketing iklan yang sangat menguntungkan dan sangat bagus, karena seperti yang kita ketahui bahwa Selebrity Endorse yang dipakai dalam suatu produk tentunya sangat mempengatuhi tingkat penjualan suatu produk. Karena Song Jong Ki ini merupakan salah satu artis ternama korea yang sangat banyak penggemarnya tentunya ini sangat menguntungkan bagi brand scarlet, karena orang-orang akan lebih tertarik untuk membeli produk kecantikan mereka apalagi dalam paket produk mereka menyertakan foto Song Jong Ki sebagai giftnya.

Selain, menggaet Song Jong Ki sebagai brand ambassador atau Selebrity Endors, Scarlet juga menggaet kembali K-Pop terkenal kore yaitu Twice. Tentunya hal ini merupakan langkah yang sangat bagus bagi scarlet karena berhasil menggaet artis-artis papan atas korea untuk mempromosikan atau mengiklankan produk mereka. Selain artis korea, brand scarlet whitening sendiri juga mengendors beberapa artis ternama Indonesia bisa di lihat di feed instagram scarlet di dalam postingan foto mereka banyak sekali beberapa artis ternama Indonesia yang menjadi brand ambassador produknya. Seperti ria ricis, rossa, zaskia sungkar, dan masih banyak lagi.

Selain menggaet artis-artis ternama seperti Song Jong Ki, dan artis-artis Indonesia. Strategi promosi scarlet juga menggunakan beberapa selebgram tiktok, youtuber untuk mempromosikan atau mengiklankan produk mereka. Tentunya sisi marketing dengan menggunakan celebrity endorse ini sangat bagus, scarlet berani mengendorse siapa saja termasuk artis-artis besar luar negeri dan Indonesia. Ini tentunya sangat berdampak bagus bagi kemajuan produk kecantikan scarlet ini, semakin banyak celebrity endorse yang digunakan maka akan semakin banyak pula orang yang akan tertarik untuk menggunakan rangkaian produk scarlet ini untuk digunakan sehari-hari.

Celebrity Endorse yang digunakan dalam produk scarlet ini memang tidak main-main, dalam kurun waktu yang berdekatan scarlet sendiri bisa membawa nama scarlet tidak hanya di kancah nasional tetapi international. Karena memang beberapa tahun belakangan ini penggunaan celebrity endorse khususnya dengan menggunakan artis korea yang menjadi endorser bagi suatu brand khususnya brand scarlet ini. Apalagi brand scarlet ini merupakan salah satu brand yang pertama kali menggunakan celebrity endorse artis korea.

Kemudian, jika dilihat dari sisi tag line yang digunakan untuk brand scarlet, brand scarlet juga mempunyai tagline yang digunakan baik itu di tiktok, instagram, tag line yang digunakan adalah #scarlettwhitening, tentunya penggunaan tag line bagi suatu produk juga sangat bermanfaat karena dengan menggunakan tag line ini produk yang kita promosikan akan semakin banyak di kenal oleh orang banyak apalagi bagi sebuah brand kecantikan yang memang menjadi kebutuhan setiap wanita Indonesia.

Sehingga, brand ternama seperti scarlet ini sangat disukai khususnya bagi wanita Indonesia. Karena hal tersebut, startegi pemasaran dengan menggunakan startegi kreatifitas yang sudah cukup baik, meskipun untuk strategi kreatifitas ini masih bisa di tingkatkan lagi agar bisa lebih menarik perhatian orang-orang. Untuk segi celebrity endorse yang digunakan sudah sangat baik dengan menggunakan endoser-endoser ternama seperti menggunakan artis korea, artis ternama Indonesia, dan juga beberapa selebgram tiktok, dan juga youtuber. Penggunaan tag line yang digunakan oleh brand scarlett ini juga sudah cukup sangat bagus, dan bisa memudahkan scarlet untuk dikenal lebih luas lagi.

Penulis merupakan mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image