Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas unismuh

Dosen Pendidikan Seni Rupa Unismuh Kembali Wakili Indonesia di Ajang Internasional

Edukasi | Monday, 18 Jul 2022, 13:39 WIB
Pameran Kartun di Rumania

UNISMUH.AC.ID, RUMANIA – Dosen Pendidikan Seni Rupa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Makmun M Pd, mengikuti ajang kartun dan sastra internasional, Festival Humour At Gura Humorului di Rumania.

Ini merupakan ke sekian kalinya Sekretaris Program Studi Seni Rupa itu berpartisipasi dalam event internasional.

Dalam festival ini, Amoeng, sapaan akrabnya, mengikuti pameran yang menampilkan 260 karya dari berbagai negara, seperti Iran, Serbia, Italia, Irak, China, Turki, Amerika, Jepang, Brazil, India, dan masih banyak lagi.

Amoeng yang mewakili Indonesia, mengangkat tema utama Hoax (berita bohong).

Ia menjelaskan bahwa karya karyanya memang cenderung menyuarakan keadilan, mengkritik para penindas dengan pendekatan humor.

Dirinya berupaya membahasakan kejadian terburuk, baik dari aspek sosial, ekonomi, politik, kemanusiaan, lingkungan dan lain sebagainya.

“Kreativitas menvisualkan idea adalah hal utama, dan pada dasarnya tema yang saya angkat menjadi kartun adalah menyuarakan kaum tertindas dan menarik empati dunia,” ujarnya dalam wawancara oleh Suara Muhammadiyah, Jum’at, 4 Maret 2022 lalu.

Selain itu, Amoeng dalam karyanya seringkali mengangkat potensi lokal di Sulawesi Selatan yang kaya akan nilai dan filosofi.

“Saya berupaya mempromosikan budaya lokal, agar dikenal pada kalangan masyarakat nasional maupun dunia,” sambungnya.

Diketahui sejak tahun 2020, alumni Pascasarjana UNM ini telah meraih 20 penghargaan internasional.

Berbagai penghargaan yang pernah diraih Amoeng, yakni dari Festival International Colicomic 2020, di Colombia, The 3rd Cebu Lampoon Festival, di Filipina (2020), dan penghargaan dari Rumah Kartun dan Komik Malaysia dalam Pameran Kartun VS Covid 19 (2020).

Ia juga memperoleh penghargaan dari Majalah Kartun Iran (2021), International Izmir Khatip Celeby University (IKCU) Art Festival (2021), Festival Kartun Maroko (2021), The Euro-Kartoenale Kruishoutem di Belgia (2021), penghargaan dari kontes kartun di Inggris (2021), dan beberapa negara lainnya.

Pada tingkat nasional, Amoeng pernah mendapat penghargaan dari Ketua Asosiasi Kartun Indonesia (2020). Sedangkan di tingkat lokal, dirinya meraih juara 1 dalam lomba karikatur Partai Demokrat Sulsel (2021). (Humas Unismuh)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image