Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ali Rochmad

Ingin Menambah ASI? Lakukan Pijat Laktasi

Gaya Hidup | Monday, 18 Jul 2022, 12:11 WIB

Bagi ibu menyusui, menjaga kualitas dan kuantitas produksi air susu ibu (ASI) menjadi salah satu hal yang sangat penting. Berbagai cara pun perlu dilakukan untuk bisa meningkatkan produksi ASI. Mulai dengan mengkonsumsi ASI booster, menggunakan power pumping, hingga melakukan teknik pijat laktasi.

Apa Itu Pijat Laktasi?

Pijat laktasi cukuplah mudah dan bisa dilakukan di waktu senggang Anda. Selain untuk membantu meningkatkan produksi ASI, pijat laktasi juga akan membantu melancarkan aliran ASI dan mencegah terjadinya sumbatan pada payudara Anda.

Pijat laktasi adalah salah satu teknik yang dapat dilakukan pada ibu yang baru melahirkan dan mempunyai banyak manfaat bagi kelancaran menyusui. Salah satunya yakni membantu melancarkan produksi ASI. Teknik pijat laktasi dapat dilakukan saat terasa ada sumbatan pada payudara, dimana sumbatan ini diakibatkan oleh tidak lancarnya aliran ASI yang keluar. Anda bisa menggunakan jasa pijat panggilan surabaya.

Dilansir dari Healthline, payudara Anda bisa saja bengkak jika ASI tidak rutin diperah, sementara produksinya sedang banyak-banyaknya. Apabila saat menyusui Anda kerap mengalami bengkak di payudara, pijat laktasi yang Anda lakukan bisa untuk membantu mengurangi bengkak tersebut.

Untuk bisa melakukan pijat laktasi, pastikan Anda benar-benar sedang rileks dan tidak terburu-buru. Maka dari itu, Anda bisa sediakan waktu setidaknya minimal 15 menit. Akan lebih baik jika pijat laktasi ini dilakukan sebelum waktunya menyusui anak atau memerah ASI.

Jangan lupa untuk cuci tangan terlebih dahulu. Lalu Anda harus siapkan minyak pijat yang terbuat dari bahan alami dan pastinya tidak mengandung bahan kimia yng berbahaya. Anda pun bisa menggunakan minyak zaitun, baby oil atau minyak kelapa untuk melakukan teknik pijat laktasi.

Tuanglah minyak secukupnya pada telapak tangan dan gosokkan kedua telapak tangan hingga merata, baru kemudian oleskan pada payudara Anda dan lakukan pijatan ringan selama minimal 15 menit.

Adapun Langkah-langkah pijat laktasi bisa Mama lakukan dengan cara berikut:

Duduk Atau Berdiri Di Depan Cermin

Jika Anda sudah di depan cermin, angkat satu sisi payudara dengan tangan kiri dan kemudian tahan bagian atas payudara tersebut dengan tangan kanan. Lakukan gerakan memutar secara perlahan dengan arah yang berlawanan sebanyak 20kali.

Gerakan Naik dan Turun

Gerakkan kedua telapak tangan dengan gerakan naik dan turun secara bergantian. Jadi misalnya tangan kanan ke atas, maka tangan kiri ke bawah dan lakukan terus hingga 20 kali. Ulangilah gerakan ini disisi payudara yang lainnya.

Unsplash/Annie Spratt

Teknik pijat laktasi ini dilakukan jika terjadi sumbatan di payudara. Angkat salah satu sisi payudara dengan tangan kiri. Kemudian posisikan empat jari tangan kanan Anda di sisi atas puting payudara tersebut, mulai dari jari telunjuk hingga kelingking.

Lakukan gerakan melingkar di area sekitar puting atau area yang dirasa keras seperti ada sumbatan, sampai terasa melunak. Lakukan gerakan ini setidaknya 20 kali.

Demikian pengertian tentang pijat laktasi dan beberapa teknik pemijatannya. Jika anda tidak bisa melakukan pijatan sendiri, anda bisa menghubungi jasa pijat untuk bisa membantu Anda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image