Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image El Fatih Setiawan

Pemakaman dengan Fasilitas Termewah di Indonesia

Agama | Monday, 18 Jul 2022, 09:07 WIB

Salah satu alasan San Diego Hills Memorial Park and Funeral Homes dianggap masyarakat sebagai kawasan pemakaman mewah adalah karena fasilitasnya yang sangat memadai. Hal ini membuat harga setiap lahan pemakamannya tidak bisa dibilang murah. Meski begitu, harganya tentu sebanding dengan apa yang akan didapat oleh keluarga mendiang dan fasilitas di dalamnya yang akan kami jelaskan secara rinci dalam artikel berikut.

San Diego Hills punya siapa?

Lengkapnya fasilitas San Diego Hills tidak terlepas dari ide pemikiran dari pendiri sekaligus pemiliknya yaitu Mochtar Riady. Pemilik Lippo Group ini telah sukses menjalankan lebih dari 50 anak perusahaan termasuk perusahaan properti lahan pemakaman mewah San Diego Hills. Pengusaha terpandang kelahiran Malang, 12 Mei 1929 ini tidak hanya aktif berbisnis di Indonesia saja tetapi juga di China dan Hong Kong.

Apa saja fasilitas unik di San Diego Hills Karawang?

Toko bunga

Menaburkan bunga di atas makam setiap berziarah merupakan kebiasaan yang banyak dilakukan pelayat. Budaya tabur bunga ini alasannya sederhana yaitu agar pusara mendiang menjadi wangi serta membuat suasana menjadi sakral. Untuk orang luar, adanya bunga segar di pusara menandakan makam tersebut habis dikunjungi. Nah, jika Anda lupa untuk membeli bunga atau tidak menemukan penjual bunga di luar area pemakaman, Anda bisa membelinya langsung di toko bunga yang terletak di dalam area makam.

Tempat ibadah

Sesuai motto yang ingin mengakomodasi pandangan semua pemeluk agama dan kepercayaan di Indonesia, pihak San Diego Hills menyediakan tempat ibadah bagi semua agama. Di area seluas 500 hektare itu, terdapat empat buah mushola yang bisa dipergunakan oleh umat Muslim untuk menunaikan sholat lima waktu. Keempat mushola tersebut masing-masing terletak satu di area Family Center dan tiga lainnya di dalam area kuburan. Sementara itu, umat Kristiani bisa menggunakan gedung Chapel yang biasanya digunakan untuk Misa Arwah.

Toilet box

Fasilitas MCK merupakan indikator layak tidaknya fasilitas umum di suatu tempat. Toilet box yang tersebar di area makam ini amat sangat memudahkan para pelayat. Jadi, walaupun sederhana, toilet box sangat diapresiasi karena harus ada dan sangat penting.

Helipad

Lapangan helipad yang ada di San Diego Hills Karawang bukanlah hiasan, melainkan benar-benar dimanfaatkan untuk mendaratkan helikopter pelayat. Helipad ini tentu saja semakin membuat lingkungan pemakaman mudah dijangkau dengan alat transportasi helikopter.

Kolam renang

Memang sepintas terkesan aneh kok di sebuah tempat pemakaman ada fasilitas kolam renangnya. Namun ternyata, adanya fasilitas kolam renang di San Diego Hills bukan tanpa pertimbangan matang. Pemilik properti ini ingin area pemakaman tidak sekadar hanya dijadikan tempat peristirahatan terakhir umat manusia dan tempat melayat saja tetapi juga sebagai tempat rekreasi, baik oleh keluarga yang ditinggalkan maupun masyarakat sekitar. Ada biaya masuk untuk menggunakan fasilitas kolam renang ini.

Fasilitas olahraga

Selain kolam renang, fasilitas olahraga lain yang disediakan pihak San Diego Hilsl adalah jogging track, lapangan tenis, dan papan catur.

Danau seluas 8 hektare

San Diego Hills foto danau 8 hektar

Danau bernama Lake Angels ini saking besarnya bisa dilihat dari berbagai penjuru area pemakaman. Terdapat beberapa gazebo di pinggir danau yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat.

Mobil golf

Anda dapat menyewa mobil golf untuk memudahkan Anda berpindah dari satu area ke area lain di San Diego Hills.

Restoran

Restoran di dalam area pemakaman San Diego Hills dikelola secara profesional oleh Aryaduta Hotel & Resort. Restoran dengan arsitektur bangunan bernuansa Eropa ini menawarkan makanan Italia sebagai menu utamanya. Tidak hanya itu, makanan Indonesia pun juga bisa ditemukan di sini. La Collina Restaurant buka dari pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Pemandangan baik interior maupun eksterior restoran La Collina sangat cocok untuk foto-foto.

Gedung serba guna

Bangunan serba guna di San Diego Hills ini biasanya digunakan untuk menjamu para pelayat yang datang sesudah prosesi pemakaman mendiang selesai. Para pelayat akan disuguhi paket menu box makanan yang sudah termasuk dalam biaya prosesi pemakaman dan diurus langsung oleh pihak San Diego Hills.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image