Harmoni dalam Keberagaman

Image
Yusup Suheri
Agama | Sunday, 14 Nov 2021, 13:41 WIB

Yusup suheri

Guru di SMKN 1 Cianjur Jawa Barat

Mendengar kata Moderasi Beragama tentunya tidak asing lagi di telinga kita. Moderasi beragama bertujuan bahwa kita selaku umat manusia di muka bumi ini untuk bersikap dan berprilaku yang berpedoman pada agama. Agama dijadikan sebagai dasar dan prinsip untuk selalu menghindari perbuatan yang ekstrem (radikalisme) dan selalu mencari solusi dalam menyatukan dan membersamakan semua elemen dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara, dan berbangsa di negara Indonesia ini.

Melalui kegiatan guru penggerak yang diikuti oleh guru dari berbagai tingkatan mulai dari tingkat TK, SD, SMP, dan tingkat SLTA. Dalam pelaksanaan pelatihan guru penggerak didampingi oleh fasilitator dan pendamping guru penggerak. Aktivitas dalam pelatihan guru penggerak diantaranya melakukan pembelajaran yang berpihak pada murid, dengan tidak membeda-bedakan suku, bangsa, dan agama.

Dalam perekrutan pendaping guru penggerak, calon guru penggerak, dan fasilitator dilakukan dengan tidak memandang suku, ras , dan agama. diharapkan mereka yang lolos seleksi memiliki kemampuan untuk nantinya bisa menjalankan tugas yang diembannya sebagai tanggungjawab moral pada dunia Pendidikan di negeri ini.

Dalam pelaksanaan pendampingan yang dilakukan oleh pendamping guru penggerak di Kabupaten Cianjur pada calon guru penggerak berjalan dengan harmonis, meskipun ada beberapa rekan guru pendamping dan calon guru penggerak yang berbeda agama. tapi hal ini tidak dijadikan satu permasalahan. Fasilitator dengan pendamping guru penggerak yang berbeda agama memiliki tujuan dimana setelah calon guru penggerak selesai mengikuti pelatihan guru penggerak, diharapkan menjadi katalis perubahan Pendidikan.

Kegiatan pelatihan guru penggerak yang diikuti oleh berbagai elemen yang peduli terhadap dunia Pendidikan merupakan aplikasi moderasi beragama, dimana dalam kegiatan tersebut diikuti dan dilaksanakan oleh semua unsur yang peduli terhadap dunia Pendidikan untuk melakukan satu perubahan pada dunia Pendidikan dengan tidak memandang suku, ras, dan agama tertentu. Satu tekad yaitu mewujudkan satu perubahan dengan slogan “ Guru Bergerak Indonesia Maju”.

Harmonisasi antar umat beragama memiliki peran penting dalam mewujudkan majunya dunia Pendidikan di negara tercinta ini.

Referensi : https://www.iainpare.ac.id/moderasi-beragama-sebagai-perekat/

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Baik Belum Tentu Benar

Harmoni dalam Keberagaman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Senyum Hangat sambut Kalapas Polewali, Bupati Polman akan Hadir Berikan Remisi 17 Agustus

Image

DPRK Gelar Paripurna Laporan Penyampaian Reses II Masa Persidangan III Tahun 2022

Image

Kembangkan Instrumen yang Tepat di Setiap Lembaga, LPM Uhamka Laksanakan RTM

Image

MAJU! Bahas IKN, HI UMKT Gelar Seminar Moving Capital Geopolitics of Indonesia

Image

KKN Tematik UPI 2022 : Sosialisasi Parenting dalam Membingkai Ulang Pola Asuh Anak Di Desa Dayeuhkol

Image

Grup Astern Music Hibur Warga Ceme

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image