Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Sudaryat

Petuah Sayidina Ali Bin Thalib r.a. tentang Hak Asasi Manusia

Agama | Thursday, 14 Jul 2022, 07:55 WIB

Tak pernah meninggalkan petuah. Itulah kebisaaan Sayidina Ali bin Abi Thalib r.a. Kepada siapapun yang ia jumpai, nasihat-nasihat yang bijak, cerdas, dan tegas selalu ia sampaikan. Apalagi jika ia berhadapan dengan seseorang yang memiliki jabatan publik, nasihat untuk berbuat jujur, adil, dan amanah selalu ia sampaikan.

Ia senantiasa memiliki sikap yang bijak dalam melaksanakan amar, nahyi-munkar. Ketika menjadi khalifah, ia selalu memberikan nasihat kepada para pembantunya agar melaksanakan tugas sebaik-baiknya, taat, dan bertakwa kepada Allah SWT serta menjaga nilai-nilai kemanusiaan melalui perilaku yang mulia.

Sayidina Ali bin Abi Thalib r.a merupakan sosok pemimpin yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai hak asasi manusia dalam berbagai aspek kehidupan. Ia pantang memaksakan kehendaknya kepada siapapun, sebab ia sangat yakin bahwa sesuatu yang dipaksakan tidak akan mendatangkan hasil yang diharapkan.

Dalam salah satu suratnya yang ditujukan kepada gubernur Mesir, Muhammad bin Abu Bakar, ia berwasiat, “Bertakwalah kepada Allah! Janganlah sekali-kali kamu menjadi serigala yang membahayakan penduduk dan merampas makanan mereka. Mereka adalah saudaramu seagama. Kalau mereka tidak sama agamanya denganmu, hargailah hak asasinya, karena mereka pun manusia seperti kamu. Jauhkan sikap sombong dan tidak mau memaafkan kekeliruan orang lain. Hendaklah kamu selalu berlapang dada untuk memaafkan setiap kekeliruan-kekeliruan yang mereka perbuat.”

Dalam hal memberi maaf dan menjatuhkan hukuman, ia memberi petuah kepada para pembantunya, “Jauhkan perasaan menyesal karena kamu telah memaafkan kekeliruan orang lain, dan jangan pula kamu merasa senang karena kamu telah menjatuhkan hukuman kepada orang yang berbuat kekeliruan. Hendaklah kamu berlaku adil kepada semua pendudukmu. Berbuatlah kebajikan sebanyak yang kamu mampu melakukannya. Jagalah persamaan hak bagi semua orang, baik yang dekat maupun yang jauh denganmu.”

Dalam kesempatan pertemuan dengan para gubernur, ia senantiasa memberikan pesan, “Janganlah sekali-kali kalian meremehkan seorang manusia pun. Bisa jadi, manusia yang kalian remehkan itu adalah seorang waliyullah yang tidak kalian kenal.”

“Janganlah kalian memaksakan suatu kehendak kepada penduduk kalian, sebab sesuatu yang dipaksakan tidak akan mendatangkan hasil yang baik, malahan bisa jadi mendatangkan kebencian penduduk kepada kalian. Berbuatlah sesuatu yang dapat menyenangkan orang lain sebagaimana kalian menyenanginya, janganlah kalian berbuat sesuatu yang tidak disukai orang lain sebagaimana kalian sendiri tidak menyukainya.”

Sayidina Ali bin Abi Thalib r.a berwasiat agar semua orang terus berupaya menegakkan kebenaran dan keadilan, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. “Janganlah kalian berhenti berbicara kebenaran. Kalian jangan berputus asa dalam mengatasi masalah dan kesulitan yang kalian hadapi, dan kalian jangan meninggalkan musyawarah dalam mencari keadilan.”

Ilustrasi : Kantor Hak Asasi Manusia (sumber gambar : republika.co.id)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image