Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yudhistira Eko Wibowo

Tips dan Taktik Jago Main Free Fire Sekelas Pro Player

Games | Wednesday, 13 Jul 2022, 17:02 WIB

Free Fire merupakan game dengan genre battle royale yang paling populer di Indonesia. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, menggemari permainan ini. Saking populernya, permainan ini pernah menerima penghargaan untuk "Best Popular Vote Game" oleh Google Play Store pada tahun 2019.

Meski bergenre battle royale, game Free Fire ini memiliki beberapa mode permainan selain Solo, yaitu ada mode Duo untuk bermain 1 tim berdua, dan mode Squad (Clash Squad) yang berisikan 4 orang pemain dalam 1 tim. Siapa yang mampu bertahan hidup hingga akhir permainan, dialah juaranya, Booyah!

sumber : screenshot pribadi

Berikut ini adalah tips dan taktik agar kalian bisa bertahan dalam permainan Free Fire yang mengasyikkan ini :

1. Kenali Karakter yang Digunakan dan Peran/Role-nya

sumber : garena.freefire

Setiap karakter di dalam Free Fire memiliki kemampuan/skill yang berbeda-beda. Ada beberapa karakter populer yang perlu kalian ketahui kemampuannya masing-masing, contohnya antara lain yaitu :

●Nikita – reload SMG lebih cepat 4%

●Misha – berkendara lebih cepat 2%

●Ford – damage berkurang 4% ketika di luar safe zone.

●Andrew – durability vest bertambah 2%

●Kelly – kecepatan lari sprint meningkat 1%

●Olivia – revive teman lebih banyak dengan +6 HP.

Kalian bisa memiliki karakter yang diinginkan dengan cara membelinya dengan menggunakan diamond atau in-game purchase. Jika kalian sudah memahami karakter favorit kalian, maka satu modal dasar untuk menjadi si paling booyah sudah kalian miliki.

2. Fokus pada Item, Bukan Skin

sumber : garena.freefire

Belilah item yang dapat meningkatkan stats karakter agar lebih kuat dalam permainan. Karena dalam permainan ini, yang mampu bertahan yang jadi pemenangnya, maka penampilan bukan jadi prioritas. Membeli skin memang akan membuat karakter kita tampak keren, namun itu tidak terlalu berguna.

3. Kenali Lokasi Pendaratan

sumber : garena.freefire

Lokasi landing atau pendaratan sangat mempengaruhi pemain ketika pertama kali turun ke dalam pertempuran. Meski belum tentu mendapatkan loot yang bagus, namun pemain berpeluang untuk mendapatkan loot yang sama jika mendarat di spot-spot tertentu. Kalian bisa mengeksplorasi beberapa spot dalam map agar bisa mendapatkan informasi mengenai loot dengan item terbaik yang cocok dengan karakter yang kalian gunakan.

4. Looting

sumber : garena.freefire

Setelah turun dari pesawat dan menjejak bumi, segera lakukan looting. Temukan item yang bisa kalian manfaatkan seperti senjata, armor, peluru, hingga item healing. Pastikan loot pertama kalian adalah senjata agar bisa bersiaga jika ada musuh. Berikut ini adalah item yang perlu dimiliki oleh pemain Free Fire :

●Item Looting FF Medic Kit - mengembalikan HP yang telah hilang karena serangan musuh setelah bertempur.

●Item Looting FF Gloo Wall - membuat pemain bisa berlindung dari serangan musuh, bahkan terhindar dari tabrakan kendaraan.

●Granat - untuk mengamankan rumah sebelum masuk ke dalamnya untuk looting.

●Vest dan Helm - mengurangi damage dari musuh, sehingga pemain bisa bertahan dari serangan.

5. Gunakan Kendaraan

sumber : garena.freefire

Kendaraan bisa jadi modal awal yang sangat strategis di awal permainan. Ketika musuh sedang sibuk looting, kita bisa mengalahkan mereka dengan cara menabrakkan kendaraan yang kita gunakan. Selain itu, ketika zona aman mulai menyempit, kendaraan bisa jadi solusi cepat untuk berpindah tempat ke lokasi yang lebih aman.

Tips di atas akan berguna dalam permainan solo maupun tim. Jika kalian bermain dalam tim, ada tips/info tambahan lagi nih biar squad kalian bisa booyah!

Squad Tips!

sumber : garena.freefire

6. Jangan Terpisah

Sebelum memulai permainan, tim harus berdiskusi dan menyepakati titik lokasi pendaratan. Ketika permainan sudah dimulai, maka setiap anggota tim akan mendarat di lokasi yang sama dan bisa saling menjaga satu sama lain.

7. Optimalkan Komunikasi

Dalam permainan tim, ada 4 orang yang memiliki mata dan telinga. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengetahui keberadaan musuh dan melumpuhkannya secara efektif dengan strategi dan koordinasi yang dirancang dengan baik. Selain itu, komunikasi juga sangat penting ketika tim kita dalam keadaan terdesak, dan salah satu anggota tim kita butuh pertolongan.

8. Healing di Spot yang Aman

Jika kalian atau rekan kalian terkena knock, manfaatkan support untuk membantu proses healing. Namun, pastikan dahulu lokasi kalian sudah aman dari sergapan musuh. Hindari medan pertempuran dan area terbuka saat melakukan healing. Ini sama saja kalian jadi sasaran empuk bagi musuh.

9. Zona Akhir

Selama permainan, zona aman semakin lama akan semakin menyempit. Berada di luar zona akan berakibat fatal dan bisa menyebabkan kematian. Zona yang paling sempit dikenal sebagai zona akhir. Ini pertanda permainan akan segera berakhir dan dipastikan pemain yang tersisa akan berkumpul menuju ke sana. Nah, dalam situasi seperti ini, pastikan untuk mengamankan lokasi dan posisi yang strategis seperti dataran tinggi dan benda-benda di sekitar lokasi, agar situasi pertempuran lebih menguntungkan untuk tim kalian. Jika kalian bisa mempertahankan posisi ini sampai akhir, sembari menaklukkan musuh yang tersisa, niscaya tim kalian akan mendapatkan Booyah!

Itu tadi adalah tips-tips dan taktik yang bisa kalian gunakan saat bermain game Free Fire. Agar kalian bisa memiliki skill sekelas dengan pro-player, maka kalian harus sering berlatih dan bermain. Pastikan juga kuota berselancar dunia maya kamu terpenuhi. Atau, kalau bisa menggunakan fast internet dari provider rumah yang tersedia. Dengan demikian, kalian akan terbiasa dengan hal-hal basic seperti peta, senjata, hingga skill spesial yang dimiliki oleh karakter-karakter tertentu. Oya, supaya kalian bisa bermain dengan nyaman, kalian juga perlu fast internet sebagai sarana pendukung permainan karena game Free Fire ini termasuk golongan game online.

Jika kalian sudah memiliki tim dan ingin menjajal kemampuan, baik skill individu maupun kerjasama tim, kalian bisa mengikuti turnamen LEAD National Series (LNS) untuk game Free Fire. Turnamen ini diprakarsai oleh IndiHome, penyedia fast internet rumah. Turnamen ini bertujuan menjaring calon-calon atlet eSport Nasional khususnya game Free Fire, yang nantinya akan dididik dan dilatih agar memiliki skill dan mental layaknya seorang pro-player.

LEAD National Series (LNS) ini diselenggarakan secara online, di seluruh Indonesia, tepatnya di 7 wilayah regional Telkom, sebagai bentuk dukungan Telkom Group terhadap perkembangan dunia Esport di Indonesia. Babak kualifikasi dilaksanakan di wilayah Telkom masing-masing. Pemenang dari tiap wilayah akan melaju ke babak berikutnya. Pertandingan babak Qualifier akan diselenggarakan secara online, sedangkan babak Grand Final akan dipertandingkan secara offline.

Sebagai informasi, pendaftaran turnamen LEAD National Series (LNS) game Free Fire ini gratis alias tidak dipungut biaya. Informasi mengenai pendaftaran bisa diakses melalui laman https://indihome.co.id/leadnationalseries ya!

Dengan mengikuti turnamen LEAD National Series (LNS) game Free Fire ini, kalian bisa berkesempatan untuk bergabung dengan Esport Team LEAD by IndiHome dan mempelajari berbagai macam taktik dan strategi yang dapat digunakan untuk meraih kemenangan dalam setiap pertandingan. Di level ini, kalian sudah bisa dikatakan memiliki kemampuan/skill layaknya pro-player tingkat nasional, dan bisa jadi terpilih mewakili Indonesia di ajang turnamen Internasional.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image