Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Andriani S

Mengenal Artificial Intellegence dan Manfaatnya

Teknologi | Wednesday, 13 Jul 2022, 13:16 WIB

Artificial intelligence atau kecerdasan buatan merupakan sebuah sistem pemograman yang dibuat didalam komputer, diaman diberikan sebuah pengalaman pengalaman yang dapat menyesuaikan input yang diberikan.

Dimana penggunaan teknologi ini sudah sangat banyak digunakan dalam berbagai bidang bidang kehidupan manusia, fungsinya tak jauh berbeda dengan teknologi sebelumnya yang pernah diciptakan yaitu untuk membantu dan memudahkan pekerjaan.

Penggunaan artificial intelligence sekarang lebih banyak digunakan dan diterapkan sebagai oatk dari sebuah robot, dimana sama dengan otak manusia otak robot yang dibekali dengan teknologi ini berfungsi untuk melakukan analisis serta menentukan tidakan sesuai dengan input yang diterima.

Selain itu teknologi ini bisa anda temukan di dalam aplikasi aplikasi di berbagai perangkat misalnya saja seperti komputer maupun smartphone, dengan menggunakan dan menerapkan teknologi ini komputer dilatih untuk menyelesaikan tugas tugas yang diberikan.

Untuk sejara artificial intelligence sendiri dimulai pada tahun 1950- an kemudian mulai dikembangkan lagi hingga pada tahun 2003 DARPA berhasil membuat asisten pribadi, dimana jauh sebelum siri, alexa maupun google muncul http://abdilah.net/

Selain itu teknologi ini juga banyak diterapkan dalam perfilaman misalnya saja hoolywood sebagai rumah produksi berbagai film yang mendunia, dimana kerap kali mereka mengahdirkan CGI dengan bantuan AI untuk menyempurnakan film yang mereka buat.

Berbagai Manfaat Penerapan Artificial Intelligence

Nah pada artikel kali ini akan membahas berbagai manfaat yang dapat diperoleh manusia jika menerapkan dan menggunakan artificial intelligence ini secara benar, dimana manfaat yang dapat dirasakan adalah sebagai berikut ini.

1. Membantu Mengoptimalkan Pekerjaan

Manfaat pertama yang dapat anda rasakan jika menggunakan AI adalah membantu dalam pekerjaan, salah satunya adalah pekerjaan dibidang industri dimana dapat diterapkan dalam bentuk robot untuk membantu pekerjaan.

Dimana AI yang dibuat sebagai robot dapat melakukan pekerjaan terus menerus tanpa henti bahkan mencapai 24 jam non stop sehingga dapat mengoptimalkan pekerjaan yang ada, selain itu AI juga dapat dibuat untuk menempati posisi call center dimana dapat membantu melayani pertanyaan dari pelanggan secara on time kapan pun.

2. Mengurangi Terjadinya Kesalahan

Selanjutnya manfaat jika menggunakan artificial intelligence adalah mengurangi atau menimalisir kesalahan, dimana seperti yang diketahui AI dapat melakukan pekerjaan yang sama secara terus menerus tanpa henti atau bekerja secara monoton, dimana AI tidak akan merasa kelelahan atau hilang fokus saat bekerja dan selama masih terhubung dengan sumber daya.

Dimana hal ini sangat bagus dan bermanfaat sekali untuk mengurangi kesalahan yang dibuat oleh manusia, dan membantu manusia untuk meningkatkan kinerja serta menghasilkan hasil yang lebih optimal dari sebelum menggunakan teknologi AI dalam membantu pekerjaan manusia.

Dengan mengurangi atau minimalisir kesalahan akan mengurangi kerugian yang dilakukan pekerja akibat dari kurang fokus saat bekerja dan akan menghemat pengeluaran tentunya.

3. Menghemat SDM

Kemudian manfaat berikutanya yang dapat anda peroleh jika menerapkan dan menggunakan teknologi AI ini adalah untuk menghemat pekerja atau sumber daya manusia yang melakukan pekerjaan sama.

Dimana seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa teknologi ini dapat melakukan pekerjaan secara terus menerus atau monoton dimana tida memerlukan pekerja lebih banyak untuk mengerjekannya, tentu hal ini juga akan memberikan manfaat lainya.

Misalnya saja untuk menghemat dan melakukan penekanan terhadap biaya produksi yang dikeluarkan selama membuat produk sehingga produk yang dihasilkan memiliki harga jual yang relatif lebih murah.

4. Menjadi Sarana Pembelajaran

Penggunaan artificial intelligence juga dapat digunkan sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah, dimana teknologi ini akan memberikan teknologi yang lebih akurat jika anda ingin mengetahui informasi lebih dalam.

Misalnya saja teknologi AI pada google yang dapat membantu anda untuk menemukan berbagai informasi yang ingin anda ketahui dimana dapat berupa artikel, vidio, lagu maupun gambar sesuai dengan kebutuhan anda.

Selain itu AI juga dapat dibuat dan diterapkan untuk menjadi mentor virtual yang nantinya akan membantu anda dalam mempelajari atau memahami sesuatu.

5. Meningkatkan Bisnis

Kemudian manfaat teknologi AI selanjutnya adalah meningkatkan bisnis, dimana AI dapat melakukan analisis data untuk mendapatkan target konsumen yang cocok untuk produk atau jasa yang anda jual.

Dengan begitu anda akan lebih mudah dalam memahami prospek bisnis kedepannya dan meningkatkan bisnis anda untuk menjadi lebih berkembang, karena dengan penggunaan AI juga bisa memenuhi semua kebutuhan anda dalam menjalankan bisnis.

6. Meningkatkan Penjualan

Kemudian manfaat terakhir yang dapat anda rasakan dari penggunaan artificial intelligence adalah dapat membantu anda dalam meningkatkan penjualan atau jasa yang anda tawarkan, dimana seperti yang anda ketahui bahwa AI dapat dengan mudah mengumpulkan data lebih mudah.

Yang dapat anda manfaatkan untuk menjangkau banyak konsumen yang potensial untuk produk anda, selain itu juga dapat membantu anda dalam lebih mengoptimalkan social media marketing dalam menarik audience lebih banyak.

Itu adalah beberapa manfaat dan pengertian tentang teknologi artificial intelligence dimana dimasa depan nanti penggunaan teknologi ini semakin banyak digunakan di dalam berbagai sektor atau bidang kehidupan manusia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image