Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ely Widayati

Sedekah 'Ibuku' Spirit Kurban Siswa Matsanaba

Eduaksi | Tuesday, 12 Jul 2022, 13:10 WIB

Dari Abu Hurairah, "Rasulullah SAW telah bersabda, barangsiapa yang mempunyai kemampuan, tetapi ia tidak berkurban maka janganlah ia mendekati (menghampiri) tempat salat kami," (HR. Ahmad dan Ibnu Majah). Sebuah sabda nabi Agung Muhammad Shollallohu'alaihiwassallam mengingatkan umat manusia untuk berkurban.

Di MTsN 6 Bantul kegiatan ritual kurban dilaksanakan setiap tahun. Namun tahun ini tepatnya bulan Dzulhijjah 1443 H, ada yang menarik dan unik. Ya, namanya infak shubuku disingkat ibuku. Sejak awal tahun ajaran baru tahun lalu, seluruh kelas yang meliputi kelas VII A - VII F, kelas VIII A - VIII F dan kelas IX A-IX F berlomba - lomba mengumpulkan koin minimal 500 an untuk sedekah shubuh. Dengan dikoordinir oleh wali kelasnya masing masing, walhasil selama kurun waktu satu tahun sudah bisa digunakan untuk berlatih berkurban. Tidak tanggung-tanggung uang yang terkumpul selama satu tahun bisa untuk membeli satu ekor sapi dan 5 ekor kambing. Jumlah yang fantastis selama kurun dekade ini.

Kepala madrasah Mafrudah memberikan dobrakan semangat kepada para guru dan pegawai untuk mendampingi dan mengawal anak-anak untuk belajar memberikan harta yang mereka cintai kepada sesamanya. "Mereka menyisihkan uang jajan yang harusnya untuk keinginan pribadi, namun mereka harus mengorbankan jumlah Unang yang kalo dihitung selama satu tahun jumlahnya besar", tandas Mafrudah.

Sebuah hal kecil menyisihkan uang atau coin 500an bisa menghasilkan sebuah hal yang besar. Bahkan ini adalah kali perdana di madrasah ini jumlah uang yang dikumpulkan dalam infak subuhku mencapai tigapuluhan juta bahkan hampir mencapai kepala empat. Jumlah yang mampu untuk membeli lembu dan kambing untuk hewan kurban. Tidak tanggung-tanggung uang yang dikumpulkan itu bisa untuk membeli satu ekor sapi yang lumayan besar dan 5 ekor kambing.

"Saya tidak menyangka anak- anak bisa mengumpulkan puluhan juta rupiah untuk sebuah kegiatan kurban", tambah Fauka, penggagas gerakan sedekah Ibuku.

Sebanyak lima kambing telah ditasyarufkan ke SD, MI terdekat yang memberikan kontribusi siswa terbanyak di madrasah ini (8/07/22). Sedangkan dua kambing lainya ditasyarufkan ke dua masjid kampung terdekat dengan madrasah. Adapun seekor lembu hasil dari sedekah Ibuku siswa Matsanaba disembelih bersama dengan lembu Shohibul qurban guru pegawai (11/07/2022).

Semoga kurban tahun ini menjadi pemantik spirit kurban ditahun yang akan datang.. Melatih rasa persaudaraan para siswa, menanamkan jiwa sosial mereka, menumbuhkan rasa peduli untuk sesama. Ibadah kurban mengajarkan pada siswa bahwa ketika mereka punya keistimewaan berupa finansial yang cukup, mereka harus menggunakannya sebaik mungkin. Para siswa seyogyanya menyadari setiap keberhasilan mereka, ada orang lain yang perlu dibantu. Sedekah "ibuku"memicu karakter jiwa ritual, religius, sosial yang tinggi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image