Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nando Rifky

Mengetahui Bagaimana Cara Kerja SEO Secara Lengkap

Teknologi | Tuesday, 09 Nov 2021, 10:20 WIB
Cara Kerja SEO

SEO adalah salah satu alat terpenting yang Anda miliki untuk mengiklankan bisnis Anda secara online. Semakin baik SEO Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk menarik lalu lintas web, lalu lintas dari calon pelanggan yang sudah menelusuri produk atau layanan seperti jenis yang ditawarkan bisnis Anda.

Jika Anda telah keluar dari permainan SEO selama beberapa tahun, banyak yang telah berubah. Mesin pencari seperti Google terus-menerus mengubah algoritma, sehingga strategi SEO yang mungkin berhasil baru-baru ini seperti tahun lalu tidak akan berfungsi pada tahun ini.

Dalam panduan ini, saya akan menjawab pertanyaan, “Bagaimana cara kerja SEO?” dan mencakup semua yang perlu Anda ketahui untuk meningkatkan peringkat pencarian Google Anda.

Apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya?

SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Ini adalah praktik membuat situs web Anda lebih mudah dibaca oleh mesin pencari seperti Google dan Bing. Semakin baik mesin pencari ini dapat memahami situs web Anda, semakin tinggi peringkat situs web Anda dalam hasil pencarian, dan semakin banyak keterlibatan pengunjung yang mungkin Anda terima.

Apa yang dimaksud dengan SEO dalam bisnis? Pemilik bisnis perlu menyadari bahwa tidak cukup hanya membuat situs web yang bagus dan berasumsi bahwa itu akan muncul secara otomatis di halaman pertama hasil pencarian. Jika Anda menginginkan lalu lintas dari pencarian organik, Anda harus bekerja untuk itu dan membangun SEO situs Anda.

Itu berarti mengembangkan strategi pemasaran konten aktif yang menyoroti manfaat bisnis Anda kepada pelanggan sambil juga menargetkan kata kunci yang digunakan pelanggan untuk menemukan bisnis seperti milik Anda. Ini juga berarti menggunakan taktik SEO yang efektif seperti menambahkan backlink, tautan internal, teks alternatif, dan header halaman untuk membantu Google dan mesin pencari lainnya membuat layaknya katalog situs Anda.

Mengapa SEO itu penting?

Anda telah menghabiskan waktu dan uang untuk membangun situs web yang menunjukkan aspek terbaik dari bisnis Anda. Tapi sekarang, Anda mendapatkan sedikit pengunjung alih-alih banjir yang Anda harapkan.

Jika Anda belum mengelola konten situs web Anda untuk SEO, itu mungkin menjadi bagian utama dari masalah. Agar situs web Anda muncul di hasil pencarian di mesin pencari utama, Anda perlu mengoptimalkan situs web Anda untuk SEO. Selain itu, situs web dengan SEO yang kuat lebih cenderung muncul di bagian atas hasil pencarian untuk kata kunci tertentu daripada situs dengan SEO yang buruk.

Untuk memberikan contoh praktis, katakanlah perusahaan Anda menjual jam tangan. Jika pelanggan memasukkan permintaan pencarian untuk "jam tangan" di Google, sejauh mana Anda telah membangun konten yang dioptimalkan SEO di sekitar kata kunci "jam tangan" akan menentukan apakah situs web Anda adalah yang pertama tercantum dalam hasil pencarian.

Menjadi yang pertama dalam hasil pencarian itu penting. Lagi pula, setiap pengunjung yang mencari jam tangan mungkin akan mengklik situs web di bagian atas halaman. Jika situs web pesaing Anda memiliki peringkat mesin pencari yang lebih kuat untuk "jam tangan" daripada milik Anda, Anda bisa kehilangan prospek dan penjualan pelanggan yang penting.

Mengapa SEO terus berubah?

Membangun peringkat mesin pencari situs web Anda bisa terasa seperti pengejaran tanpa akhir. Dan, sebagian besar, itu benar. SEO selalu berubah, dan Anda harus mengikutinya jika ingin mempertahankan kehadiran online yang kuat.

Google mengambil banyak kesalahan dari pemilik bisnis karena terus-menerus memindahkan tujuan SEO. Setiap pembaruan algoritma penelusuran berarti bahwa jenis konten lain diprioritaskan, istilah penelusuran diubah, atau bobot lebih diberikan pada hal-hal seperti lalu lintas berkualitas tinggi.

Namun, Google tidak membuat perubahan pada praktik SEO tanpa alasan yang baik. Teknologi baru terus memaksa mesin pencari untuk berkembang. Misalnya, ambil pertumbuhan volume penelusuran seluler dalam beberapa tahun terakhir. Untuk memastikan bahwa pengguna seluler mendapatkan pengalaman pengguna yang baik di perangkat seluler, Google memperbarui algoritmanya untuk menjadikan keramahan seluler sebagai target utama upaya SEO.

Cara cek SEO situs web Anda saat ini

Langkah pertama untuk meningkatkan SEO situs web Anda adalah mencari tahu di mana Anda berada sekarang. Ini cepat dan mudah, meskipun Anda ingin menggunakan kombinasi alat untuk mendapatkan pandangan menyeluruh tentang bagaimana peringkat situs Anda dan bagaimana Anda dapat menjangkau audiens target dengan lebih baik dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas ke situs Anda.

Tempat terbaik untuk memulai adalah dengan alat SEO gratis Google: Google Analytics dan Google Search Console.

Jika Anda belum menggunakan Google Analytics, Anda harus segera mulai. Yang harus Anda lakukan adalah membuat akun, dan kemudian Anda dapat menambahkan sepotong kode ke situs web Anda yang memungkinkan Google untuk mulai merayapi konten Anda dan memantau lalu lintas pengunjung Anda. Google Analytics sendiri tidak membantu situs web Anda muncul di hasil pencarian, tetapi menawarkan informasi penting tentang siapa yang mengunjungi situs web Anda, halaman apa yang mereka kunjungi, dan berapa lama mereka berada.

Khususnya, Google Analytics tidak memberi tahu Anda banyak tentang jenis penelusuran atau kata kunci spesifik yang mengarahkan lalu lintas penelusuran ke situs web Anda. Di situlah Google Search Console masuk. Platform ini menunjukkan kepada Anda semua kata kunci yang peringkat situs Anda, bersama dengan kata kunci mana yang mendorong klik dan tayangan terbanyak. Informasi yang ditawarkan Search Console sangat berguna jika Anda meluncurkan kampanye pemasaran konten atau memperbarui konten online yang ada.

Mengapa peringkat pencarian selalu berubah?

Bahkan jika Google dan mesin pencari lainnya tidak membuat perubahan pada algoritma mereka, peringkat pencarian akan tetap berubah secara konstan. Itu karena konten online berubah dengan sangat cepat.

Katakanlah Anda menyebutkan "jam tangan wanita" di situs web Anda, tetapi tidak ada pesaing Anda yang menyebutkannya. Jika seseorang mencari “jam tangan wanita”, semua hal lain dianggap sama, situs Anda diharapkan mendapat peringkat pertama.

Namun, cepat atau lambat, salah satu pesaing Anda menyadari bahwa mereka kehilangan lalu lintas pencarian untuk jam tangan wanita dan menulis seluruh posting blog tentang jam tangan wanita. Sekarang ketika pelanggan mencari jam tangan wanita, situs pesaing Anda mungkin berada di bagian atas halaman, mendorong situs Anda ke tempat kedua.

Hal semacam ini terjadi sepanjang waktu, dan bukan hanya untuk satu kata kunci target. Setiap kali Anda menambahkan konten ke situs web Anda atau pesaing menambahkan konten ke situs mereka, mesin pencari mencatat perubahan dan menghitung ulang peringkat halaman untuk permintaan pencarian yang berbeda.

Alasan lain peringkat mesin pencari dapat berubah adalah karena backlink ke situs Anda. Katakanlah situs web yang menyebutkan situs Anda melihat peningkatan lalu lintas. Dalam hal ini, situs Anda akan mendapatkan dorongan dari algoritma Google, dan halaman Anda akan mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian organik. Sama seperti pembaruan konten, ini terjadi sepanjang waktu dan akibatnya peringkat halaman bergerak.

Bagaimana Anda dapat meningkatkan SEO situs web Anda?

Sekarang setelah Anda memahami cara kerja SEO, langkah apa yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan peringkat mesin pencari situs web Anda dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas di situs web Anda? Saya akan membahas lima tips SEO untuk pemula yang saya dapatkan dari salah satu jasa SEO di Indonesia.

1. Buat daftar kata kunci

Strategi kata kunci yang kuat adalah kunci sukses dengan SEO. Mengembangkan daftar kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda seringkali merupakan cara terbaik untuk memulai kampanye SEO. Kata kunci adalah istilah yang akan dicari audiens target Anda, dan Anda ingin situs Anda muncul pertama kali setiap kali kata-kata ini dimasukkan ke Google.

Untuk menentukan kata kunci apa yang penting bagi situs web Anda, mulailah dengan mempelajari maksud pengguna dan mencari tahu kata kunci apa yang dicari pengguna yang mengarahkan mereka ke situs Anda sekarang. Anda juga harus melihat kata kunci apa yang diperingkat oleh situs web pesaing Anda, dan apakah peringkat situs Anda di atas atau di bawah mereka untuk kata kunci tersebut.

Ini juga merupakan kesempatan untuk berpikir di luar kotak. Apakah ada kata kunci yang tidak Anda atau pesaing Anda peringkat, tetapi orang yang mungkin tertarik dengan bisnis Anda mungkin mencari? Setelah Anda memiliki daftar kata kunci yang luas, Anda dapat mengidentifikasi mana yang lebih penting untuk peringkat pencarian Anda sekarang dan mulailah upaya SEO Anda dengan itu.

2. Membuat blog

Mungkin perubahan terbaik yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan lalu lintas pencarian situs web Anda adalah dengan meluncurkan blog. Posting blog adalah konten berharga yang menawarkan kesempatan untuk memamerkan produk Anda, membangun hubungan jangka panjang dengan audiens Anda, dan membangun bisnis Anda sebagai otoritas di bidang Anda.

Blog juga penting untuk SEO karena memberi Anda kesempatan untuk mendapatkan banyak kata kunci yang mungkin dicari oleh audiens target Anda. Secara khusus, posting blog adalah tempat yang bagus untuk mendapatkan kata kunci berekor panjang yang tidak akan masuk ke situs web Anda. Anda bahkan dapat memutuskan topik apa yang akan ditulis berdasarkan daftar kata kunci yang Anda kembangkan sebelum memulai kampanye SEO Anda.

Selain itu, blog memberi Anda kesempatan untuk mengembangkan tautan internal di seluruh situs web Anda. Anda dapat menautkan ke satu posting blog di dalam posting lain, misalnya, atau menautkan dari posting blog ke konten lain seperti halaman produk. Algoritma Google memperhatikan tautan internal ini dan mendukungnya saat memutuskan bagaimana memberi peringkat situs yang bersaing untuk kata kunci yang sama.

3. Membangun backlink

Cara penting lainnya untuk meningkatkan SEO situs web Anda adalah membangun tautan dengan backlink (tautan balik). Backlink adalah tautan dari situs web lain ke situs Anda. Semakin banyak konten berkualitas tinggi atau situs web dengan lalu lintas tinggi yang tertaut ke situs Anda, semakin baik algoritma Google menganggap situs web Anda.

Cara termudah untuk membangun backlink ke situs Anda adalah melalui blogging tamu. Banyak blog terkenal dengan senang hati menerima posting tamu jika Anda hanya meminta, dan Anda dapat memasukkan backlink ke situs Anda ke dalam posting Anda.

Anda juga dapat meningkatkan SEO Anda dengan menautkan dari situs Anda ke situs web dengan lalu lintas tinggi lainnya. Coba tambahkan tautan ke mitra atau berita di posting blog Anda atau terima posting tamu di situs Anda sendiri. Pastikan untuk mengaudit tautan balik ini setahun sekali atau lebih, karena tautan yang rusak sebenarnya dapat merusak peringkat pencarian organik situs Anda.

4. Tambahkan meta deskripsi

Judul meta adalah judul halaman yang muncul di hasil pencarian, dan deskripsi meta adalah teks yang muncul di bawahnya. Judul dan deskripsi meta memainkan peran penting dalam seberapa baik peringkat situs Anda dalam hasil pencarian organik dan seberapa besar kemungkinan pencari mengklik situs Anda di atas situs pesaing.

Saat menulis judul dan deskripsi meta, usahakan untuk mencapai kata kunci yang paling penting untuk situs web Anda. Yang mengatakan, selalu menulis untuk manusia, bukan mesin pencari. Anda ingin Google mengambil kata kunci, tetapi ingat bahwa orang akan melihat judul halaman Anda dan menggunakan informasi itu untuk memutuskan apakah itu situs yang ingin mereka kunjungi atau tidak.

5. Percepat situs web Anda

Kecepatan situs web adalah salah satu faktor yang paling diabaikan dalam hal SEO. Algoritma mesin pencari Google menghargai situs yang memuat dengan cepat dengan peringkat halaman yang lebih baik dan menghukum mereka yang tidak cukup efisien.

Untuk mengetahui seberapa cepat atau lambat situs web Anda dimuat, Anda dapat menggunakan alat Google PageSpeed Insights. Alat ini memberi tahu Anda dengan tepat berapa lama waktu yang dibutuhkan situs Anda untuk memuat dan menawarkan informasi yang dapat ditindaklanjuti tentang elemen situs Anda yang memperlambat segalanya. Idealnya, Anda harus menargetkan waktu pemuatan dua detik atau kurang untuk setiap halaman di situs web Anda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image