Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nando Rifky

Ketahui 5 Manfaat SEO dalam Bisnis Online Berikut ini

Teknologi | Tuesday, 21 Sep 2021, 03:34 WIB
SEO untuk Bisnis Online - Vasiota.com

SEO membantu pemilik bisnis online ataupun usaha kecil membuat situs web yang cepat, kuat, dan ramah pengguna yang berperingkat lebih tinggi di mesin pencari, yang pada gilirannya membantu membawa lebih banyak calon pelanggan yang memenuhi syarat ke situs mereka dan pada akhirnya meningkatkan tingkat konversi.

SEO juga membantu membangun kesadaran merek untuk bisnis Anda karena pengguna mesin pencari lebih cenderung mempercayai situs yang ada di halaman pertama halaman hasil mesin pencari (SERP) daripada merek yang tidak.

Jika Anda adalah pemilik usaha kecil, Anda harus memanfaatkan SEO untuk membangun kehadiran web yang kuat dan melewati kompetisi Anda untuk mendapatkan pelanggan baru untuk bisnis Anda dan membawanya ke tingkat berikutnya.

Berikut adalah 5 manfaat SEO dalam bisnis online:

1. Situs Web yang User Friendly

SEO akan membantu pemilik usaha kecil membuat situs web yang lebih cepat, lancar, dan user friendly. Meskipun kebanyakan orang masih berpegang pada definisi lama SEO, berpikir bahwa itu hanya tentang mengoptimalkan mesin pencari, namun, saat ini SEO juga tentang meningkatkan pengalaman pengguna juga.

Situs web yang terstruktur dengan baik, bersih, dan rapi memaksa pengunjung biasa untuk tinggal lebih lama, sehingga menurunkan rasio pentalan dan meningkatkan tampilan halaman. Demikian pula, konten yang sangat relevan (halaman penjualan dan artikel blog) membuat pembaca Anda senang karena mereka cenderung menjawab pertanyaan mereka, memecahkan masalah mendesak mereka, dan membantu mereka menemukan dengan tepat apa yang mereka cari di situs Anda.

SEO On Page jika dilakukan dengan benar, membuat pengguna Anda senang, yang memungkinkan mesin pencari juga senang karena mereka senang menyajikan informasi berkualitas tinggi kepada pengguna mereka.

Tidak terlewat dengan dukungan SEO Off Page yang identik dengan backlink. Backlink sangatlah memungkinkan untuk meranking halaman website Anda. Jangan menggunakan backlink dari situs antah berantah! atau, Anda akan terkena imbas buruknya.

Jika masih awam tentang backlink, Anda bisa menggunakan jasa backlink media nasional untuk menggaet pelanggan dari situs tersebut dan mendapatkan backlink dari situs dengan jutaan visitor!

2. Dapatkan Lebih Banyak Pelanggan!

Mari kita hadapi itu, salah satu alasan utama memiliki situs web adalah untuk menonjol dari pesaing Anda dan meningkatkan basis pelanggan Anda. Jika tidak, mengapa menginvestasikan sekian juta untuk pemasaran, bukan? Bisnis yang memiliki situs web yang dioptimalkan SEO membawa lebih banyak pelanggan dan tumbuh dua kali lebih cepat daripada bisnis yang tidak memilikinya.

SEO mungkin adalah strategi pemasaran yang paling efisien dan terjangkau yang ada saat ini. Selain itu, ini hanya akan mendatangkan pelanggan yang secara aktif mencari produk atau layanan Anda!

Jika Anda bersedia menghabiskan beberapa jam waktu, energi, dan sedikit uang, SEO akan membantu membawa lalu lintas "bertarget" ke situs web Anda, dan akhirnya lebih banyak pelanggan ke bisnis Anda daripada taktik pemasaran lain yang pernah Anda gunakan.

3. Tingkat Konversi yang Lebih Baik

Situs web yang dioptimalkan SEO memuat lebih cepat, mudah dibaca dan dijelajahi, dan akan ditampilkan dengan benar di hampir semua jenis perangkat, termasuk seluler dan tablet. Situs web yang mudah dibaca dan dinavigasi lebih cenderung menarik dan mempertahankan perhatian dari pembaca atau pengunjung Anda – yaitu mereka lebih cenderung menjadi pelanggan setia, pelanggan, dan pengunjung yang kembali.

4. Bangun Brand Awareness

Salah satu manfaat mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di SERP adalah membangun brand awareness. Ketika situs Anda muncul di halaman pertama mesin pencari utama seperti Google, Yahoo, dan Bing, calon pelanggan Anda lebih cenderung mempercayai merek Anda ketika mereka mencari istilah tertentu daripada merek lain yang tidak memiliki web yang kuat.

Itulah sebabnya bisnis online atau usaha kecil yang ingin membangun brand awareness yang lebih baik (baik lokal atau berkembang secara nasional) harus berinvestasi dalam SEO dan mulai mendapatkan peringkat teratas untuk kata kunci yang terkait dengan bisnis mereka.

5. Lewati Kompetisi

Mari kita ambil contoh dua bisnis yang berada di industri yang sama, menjual produk serupa, dengan harga yang sama. Salah satunya memiliki situs web yang dioptimalkan sementara yang lain memiliki situs web yang tidak dioptimalkan. Mengingat semuanya sama, perusahaan mana yang menurut Anda akan menarik lebih banyak pelanggan ke situs web mereka dari pencarian lokal? Perusahaan mana yang kemungkinan akan tumbuh lebih cepat dan menjadi lebih sukses?

Mesin pencari dan SEO sangat kuat. Jika pesaing Anda melakukan pemasaran SEO, Anda harus bertanya pada diri sendiri mengapa Anda belum berinvestasi dalam strategi seperti itu juga.

Untuk optimasi SEO lebih natural, Anda juga bisa memanfaatkan jasa content placement pada situs-situs bervisitor tinggi. Hal ini juga akan meningkatkan halaman website Anda dengan cepat, serta dapat dimanfaatkan sebagai branding dalam bentuk konten artikel.

Nah itulah beberapa manfaat SEO dalam bisnis online yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan pelanggan 2x lebih cepat. Sudah banyak sekali digital marketer yang sukses dengan menggunakan teknik SEO sebagai investasi dalam bisnisnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image