Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nando Rifky

Apa itu Backlink? Pengertian dan Alasan Lengkap Mengapa Anda Membutuhkan Backlink!

Teknologi | Monday, 20 Sep 2021, 02:20 WIB
Apa itu Backlink? Ini pengertian dan manfaatnya

Salah satu strategi terpenting untuk SEO yang sukses adalah membangun tautan.

Di antara lebih dari 170 faktor peringkat yang digunakan Google, ada dua yang memiliki dampak terbesar:

- Kualitas konten - kemampuan untuk menanggapi niat pengguna
- Jumlah backlink yang diterima

Untuk alasan ini, saya akan menjelaskan apa itu backlink dan mengapa mereka memiliki dampak penting pada strategi SEO Anda.

Anda mungkin memiliki konten yang sangat baik di situs Anda dan kecepatan pemuatan yang bagus, tetapi masih tidak muncul di bagian atas hasil mesin pencari.

Apa itu backlink?

Melansir Revagaza.com, backlink adalah link yang dibuat dari satu website ke website lainnya. Mesin pencari seperti Google menggunakan kualitas dan jumlah backlink sebagai sinyal peringkat. Akibatnya, memperoleh backlink adalah strategi mendasar dalam SEO.

Saat ini, hampir tidak mungkin untuk menempati peringkat teratas untuk kata kunci dengan volume pencarian tinggi dan daya saing di halaman hasil (SERP).

Mesin pencari memahami backlink sebagai rekomendasi. Lagi pula, jika situs lain telah menautkan ke situs Anda, ia yakin bahwa konten Anda berkualitas.

Jadi, dengan setiap tautan yang diterima, situs memperoleh otoritas . Semakin besar otoritas Anda, semakin besar peluang Anda untuk mencapai peringkat yang baik.

Tetapi apakah cukup menerima backlink dari situs mana pun untuk mendapatkan otoritas?

Tentu tidak! Kita akan melihat di bawah bagaimana mengidentifikasi backlink yang berkualitas, tetapi pertama-tama, kita akan melihat kekuatan pengaruh tautan dalam praktiknya.

Mengapa Membuat Strategi Backlink itu Penting?

Seperti yang saya sebutkan, backlink berfungsi sebagai referensi. Jika situs yang Google anggap sebagai tautan berkualitas tinggi ke situs Anda, kecenderungannya adalah mesin pencari lebih mempercayai situs Anda.

Tapi bukan hanya otoritas halaman dan domain Anda yang mempengaruhi backlink. Mereka juga akan berdampak langsung pada:

1. Perolehan lalu lintas rujukan (referral)
2. Penguatan merek (brand awareness)
3. Menjalin hubungan

Bayangkan Anda mendapatkan backlink media nasional, yang mendominasi urutan pertama di Google untuk SEO.

Keuntungan dalam otoritas luar biasa. Lagi pula, jika Google memercayai konten itu sampai-sampai mempertahankannya terlebih dahulu untuk kata kunci yang disengketakan seperti itu, itu pasti memercayai konten yang direkomendasikannya dengan menautkannya.

Ini adalah manfaat yang jelas.

Sekarang, pernahkah Anda berpikir bahwa konten ini menerima lebih dari 10.000 kunjungan bulanan? Berapa banyak dari orang-orang ini yang dapat mengklik dan mengunjungi situs web Anda?

Berapa banyak orang yang tidak tahu merek Anda bisa mengetahuinya? Bagaimana jika hubungan ini mengarah pada kemitraan lebih banyak pertukaran dan penciptaan materi bersama?

Nah, contoh ini menunjukkan bagaimana membatasi backlink hanya untuk mendapatkan otoritas meninggalkan sebagian besar dampak dari strategi ini.

Apa saja jenis-jenis backlink?

Ada dua jenis utama backlink: follow dan nofollow.

Untuk mata telanjang, tidak ada perbedaan. Keduanya adalah tautan pada halaman dan keduanya membawa pengguna ke halaman yang ditunjuk saat diklik.

Jadi apa perbedaan di antara mereka?

Perbedaannya adalah apa yang diberikan backlink ini ke bot dan mesin pencari.

Saat perayap Google mengunjungi situs Anda dan membaca kode tautan, mereka akan mengikuti tautan balik itu dan mengunjungi halaman lain.

Kecuali mereka menemukan atribut "nofollow".

Tautan dofollow adalah tautan normal, yang melewati otoritas (link juice) dan mengarahkan bot untuk merayapi halaman ini juga.

Tautan dengan atribut nofollow memberi tahu mesin pencari untuk tidak mengikuti tautan itu. Ini seperti mengatakan, "Saya ingin mengirim tautan ini kepada pengguna saya, tetapi mereka tidak perlu pergi ke sana, dan saya tidak ingin melewati otoritas apa pun."

Oleh karena itu, dalam strategi pembuatan tautan, sangat ideal untuk memprioritaskan tautan dofollow , tetapi tautan nofollow juga sangat berharga.

Di bawah ini, saya akan menunjukkan secara rinci mengapa Anda juga ingin menerima jenis tautan ini.

Bagaimana Cara Memulai Strategi Backlink?

Sekarang setelah Anda mengetahui betapa pentingnya backlink, saatnya mempelajari cara mendapatkannya. Di sini, saya mulai dengan faktor yang paling penting.

Langkah pertama dalam strategi backlink adalah memiliki situs web yang layak mendapatkan tautan!

Ini adalah faktor utama! Semua yang akan Anda pelajari dalam artikel ini hanya akan menghasilkan hasil jika Anda memiliki situs web berkualitas yang layak menerima backlink.

Yang mengatakan, mari kita pergi ke langkah strategis pertama membangun tautan. Saya sudah bisa bilang, tidak ada gunanya hanya bangun tidur, keluar mencari pasangan, dan bertukar link.

Seperti strategi yang baik, Anda membutuhkan tujuan.

1. Tentukan tujuan Anda

Seperti yang telah kita lihat, jumlah backlink yang diterima dapat membawa beberapa manfaat. Oleh karena itu, strategi Anda akan dipandu oleh tujuan akhir Anda.

Anda mungkin memiliki salah satu tujuan berikut:

- Meningkatkan peringkat halaman tertentu
- Memperkuat merek dan domain
- Meningkatkan lalu lintas dan visibilitas.

Masing-masing strategi ini akan membutuhkan berbagai jenis backlink, jenis dan jumlah mitra yang berbeda, dan menggunakan teks tautan yang berbeda juga.

Memahami tujuan Anda sangat penting karena mereka mengarahkan strategi Anda.

Misalnya, jika tujuan Anda adalah untuk menentukan peringkat halaman tentang pai lemon, Anda mungkin berpikir untuk memprioritaskan tautan ke halaman tersebut menggunakan teks yang identik (seperti: "pai lemon") atau variasi dari kata kunci tersebut (contoh: "resep pai lemon").

Jika Anda mencari lalu lintas, Anda akan menghindari kata kunci yang identik untuk menggunakan teks yang memiliki manfaat dan memperoleh klik.

Jadi, Anda bisa menggunakan sesuatu seperti "klik di sini untuk melihat resep pai lemon!" atau â pelajari lebih lanjut tentang membuat pai lemonâ dan variasi lainnya.

Seperti yang saya katakan, tujuan mendorong strategi .

2. Identifikasi perbedaan Anda

Salah satu poin terpenting dalam strategi akuisisi backlink adalah memahami aset terbesar Anda dalam hal membentuk kemitraan.

Apa yang Anda tawarkan kepada calon mitra untuk membalas dengan backlink?

Ada beberapa opsi:

- Konten: konten berkualitas yang ingin ditunjukkan oleh pasangan Anda sebagai persona pembeli
- Data: data yang tidak dipublikasikan untuk pasar, seperti survei yang telah dilakukan perusahaan Anda
- Produk: menawarkan satu bulan gratis alat Anda dengan imbalan tautan, misalnya
- Layanan: mirip dengan produk, tetapi menawarkan layanan Anda atau bagian darinya
- Otoritas: otoritas situs web Anda dapat menarik bagi calon mitra Anda
- Tim: timAnda dapat mengandalkan nama-nama kuat di pasar Anda, yang dapat digunakan seperti dalam pertukaran ini, berpartisipasi dalam webinar, wawancara, dll.

Sangat penting untuk berhati-hati di sini, terutama dengan produk dan layanan Anda. Mereka bisa menjadi alat tawar-menawar, tapi ingat untuk tidak meremehkan apa yang Anda lakukan.

Anggap saja lebih seperti makanan pembuka atau test drive.

Namun, mengidentifikasi aset terbesar Anda adalah senjata ampuh dalam mencapai backlink. Banyak orang berpikir bahwa yang mereka tawarkan hanyalah â tautan balikâ , jadi pikirkan di luar kebiasaan dan dapatkan tautan yang berharga!

3. Temukan mitra yang baik

Strategi backlink Anda hanya akan sebagus kualitas mitra Anda.

Saya tidak akan berlama-lama di sini, karena saya sudah menjelaskan pentingnya tautan yang sesuai. Misalnya, seorang mekanik yang mengirimkan tautan ke situs poker online tidak masuk akal.

Ingatlah faktor-faktor berikut:

pasar dan tema serupa;perusahaan dan orang;persona serupa;kemungkinan menghubungkan.

Mari kita berikan contoh kemitraan yang baik. Anda memiliki perusahaan makanan penutup. Dan Anda ingin berbagi sumber daya berikut:

Panduan Lengkap Membuat Cupcake Bertema

Beberapa contoh calon mitra yang baik dapat berupa:

blog makanansitus resep;situs web atau blog pesta.

Semua tema berhubungan langsung dengan materi yang ditawarkan dan publik akan tertarik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image