Bencana Banjir yang Berulang

Image
yulia pita
Eduaksi | Tuesday, 09 Nov 2021, 02:17 WIB

Banjir tengah melanda beberapa wilayah di Indonesia. Fenomena La Nina dengan curah hujan berintensitas lemah, sedang memang sedang diwaspadai kehadirannya. Dilansir dari laman resmi BMKG (18/10/2021), Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati telah menyampaikan peringatan dini untuk mewaspadai datangnya La Nina menjelang akhir tahun ini.

Secara teknis, curah hujan yang tinggi memang bisa menyebabkan banjir, tetapi ini bukan satu-satunya faktor penyebab. Namun, jika perusahaan besar diberi kuasa untuk mengelola hutan dengan menggunakan segala macam alat berat, inilah yang berdampak pada kerusakan hutan dan hutan alampun tidak dapat lagi kita jumpai dalam luasan yang luas.

Eksploitasi yang berlebih tanpa adanya penanaman kembali mengakibatkan terjadi kerusakan hutan. Terjadilah banjir, longsor, erosi, sedimentasi, dan pendapatan negara akan kayu menurun. Kerugian besar berupa materi bahkan jiwa adalah dampak yang sangat dirasakan masyarakat secara umum. Inilah akibatnya jika pengelolaan sumber daya alam dalam hal ini adalah hutan diprivatisasi, di mana pengelolaannya diserahkan ke pihak swasta.

Secara umum, banjir yang melanda berbagai wilayah di Indonesia disebabkan banyaknya lahan yang berubah fungsi sehingga daerah resapan air berkurang, atau dengan kata lain, penyebab banjir bukan hanya aspek teknis tetapi juga dari sisi kebijakan.

Dalam sistem ekonomi Islam, Islam jelas membagi soal kepemilikan. Mana yang boleh dimiliki individu, mana yang merupakan milik umum dan negara. Maka Islam tak akan membiarkan para kapitalis dan penguasa rakus untuk merusak lahan-lahan milik umum demi keuntungan sesaat.

Sungguh hanya aturan Islam yang telah memberi aturan komprehensif agar segala bencana tak kerap terjadi. Penerapan aturan Islam secara kaffah yang didorong spirit ketakwaan dipastikan akan mendatangkan kehidupan penuh berkah.

Yulia Dwi P

Guru SMA Swasta

Plemahan Kediri

Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Syukur dan Sabar di tahun Baru Muharram

Tak Ada Angin Segar bagi Pendidikan

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Narkotika Borong 2 Perak Di Kejuaraan Menembak

Image

Mengetahui Harga Jasa Penulis Artikel untuk Membantu Blog atau Laman Web Kamu

Image

Pakai YTMP3 CC Download Lagu dari YouTube ke Play Musik Converter

Image

Download Video YouTube Jadi MP3 di HP dengan Link Y2Mate Berikut

Image

Kantor Imigrasi Wonosobo Ikuti Fun Game Basketball

Image

iGram : Download Semua Foto dan Video di Instagram Story, Sorotan, Hingga Reels

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image