Investasi Reksa Dana di Saat Market Sedang Volatile

Image
Setyo Sudirman
Bisnis | Thursday, 07 Jul 2022, 10:25 WIB

Pasar saham Indonesia sedang tergoncang. Pasar yang volatile telah melemahkan saham-saham big caps. Kondisi demikian tak dapat dipungkiri membuat investor reksa dana saham berpikir untuk mereview portofolionya. Review penting dilakukan untuk menjaga konsisten dalam investasi.

Kendati demikian di tengan kondisi market seperti saat ini, tidak sedikit investor yang tetap mempertahankan portofolionya. Langkah begini bisa dianggap wajar karena yang namanya investasi reksa dana saham biasanya memiliki jangka waktu panjang dan tujuannya pun sudah jelas jauh ke depan.

Karena sudah memiliki jangka waktu pencapaian yang panjang, investor yang bijak biasanya nggak buru-buru untuk melepaskan begitu saja dengan menjualnya karena pengaruh market yang sedang gonjang-ganjing.

Investor reksa dana saham dalam reviewnya masih wait and see melihat arah lanjutan goncangan market saat ini. Mereka masih menyimak potensi perlambatan ekonomi global, inflasi, suku bunga di dalam negeri, pergerakan nilai tukar rupiah dan harga komoditas serta aliran dana asing.

Namun seiring dengan perkembangan market maka investor sebaiknya melakukan investasi di aset keuangan yang sesuai dengan siklus ekonomi yang sedang terjadi. Jika ada prospek kenaikan inflasi dan suku bunga maka pilihan reksa dana pasar uang bisa jadi pilihan.

Kendati demikian, lagi-lagi harus dilihat kembali tujuan investasinya agar pencapaiannya menjadi lebih nyata dan maksimal. Demikian lah tuuan review dilakukan.

Bukan tidak mungkin, karena kerap melihat portofolio saat market sedang fluktuatif, godaan dan kepanikan akan datang. Kepanikan selayaknya dikendalikan karena yang namanya investasi reksa dana itu ada jangka waktu tertentu yang sudah ditetapkan.

Sementara itu bagi investor pemula yang akan masuk reksa dana, ada baiknya memiliki tujuan investasi yang jelas dan dalam memilih reksa dana dengan kinerja terbaik bisa memafaatkan fitur-fitur seperti yang ditawarkan secara maksimal, seperti memaksimalkan fitur-fitur di di supermarket reksa dana IPOTFund milik Indo Premier Sekuritas.

Supermarket reksa dana yang menjajakan 277 reksa dana dari 43 Manajer Investasi (MI) menawarkan fitur Fund Evaluator yang memudahkan investor memilih reksa dana dengan kinerja terbaik dan fitur Fund Comparison yang membantu nasabah untuk membandingkan performa antar reksa dana dan instrumen investasi lainnya dengan benar dan akurat. Dengan melakukan pemilihan secara matang dan tepat maka tujuan investasi pun akan lebih cepat tercapai.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Hakikat Kemerdekaan

Image

Meriahkan HDKD ke-77, Kepala Rutan Kelas IIB Majene Gelar Sepeda Santai Bersama Pegawai dan DWP

Image

Abonie Digital Music, Distributor Musik Terkemuka Asal Riau

Image

Kompak! Pegawai Rutan Kudus Ikuti Virtual Run 7,7 KM

Image

Mp3 Juice: Free Download Musik Tanpa Batas 2022 Cepat Sekaligus Mudah

Image

Savefrom Net : Cara Mudah Anti Ribet Download Mp4 Dan Mp3 Youtube Tanpa Aplikasi Plus Gratis Disini

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image