Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image vanecia

Manajemen Fleet, Sistem yang Efektif untuk Bisnismu!

Teknologi | Monday, 08 Nov 2021, 08:23 WIB
Ilustrasi Manajemen Fleet pada Rental Mobil (Sumber: Pexels.com/Pixabay)

Dalam sebuah perusahaan kendaraan bermotor akan banyak sekali hal yang harus dilakukan seperti kurir, distributor, pemasaran, dan lain sebagainya. Seiring berjalannya waktu, perusahaan akan terus berkembang dan kendaraan yang dimiliki pun semakin banyak sehingga fleet dibutuhkan dalam bisnis.

Fleet management adalah aktivitas yang dilakukan oleh industri barang berat seperti motor, mobil, bus, truk, alat-alat kapal yang berat, sampai ke pesawat terbang. Fleet memiliki tujuan untuk menurunkan risiko kecelakaan dan mengurangi biaya operasional karena lebih efisien.

Tugasnya dalam bidang industri sangat besar sehingga sistem ini memang sangat dibutuhkan. Dilansir dari Hashmicro, berikut adalah manfaat dari sistem manajemen fleet yang harus Anda ketahui.

Mudah untuk Melacak Kendaraan

Anda tidak perlu mencari kendaraan secara manual karena akan membuang waktu sehingga dengan bantuan dari sistem fleet memudahkan para pengguna karena memiliki pelacak atau GPS sehingga keberadaan kendaraan terekam oleh sistem secara real-time.

Penjadwalan Otomatis

Memperhatikan kendaraan merupakan salah satu bagian dari perawatan sehingga Anda dapat membuat penjadwalan secara otomatis untuk kinerja kendaraan yang optimal. Jadwal yang otomatis tentunya akan memudahkan Anda melakukan pemeliharaan secara berkala dalam jangka waktu tertentu.

Kondisi Kendaraan Lebih Terpantau

Dengan adanya perawatan yang dilakukan secara berkala, maka kondisi kendaraan juga akan lebih baik, lebih bersih, aman, dan dokumen legal juga disimpan dengan baik maka menjadi nilai tambahan untuk kendaraan tersebut.

Laporan yang Akurat

Dengan penggunaan sistem yang baik, maka laporan juga akan menjadi lebih akurat karena mudah dilihat dengan berbagai diagram yang jelas. Tak hanya itu, penggunaan sistem juga meminimalisir adanya kesalahan yang terjadi.

Fitur-fitur Software Manajemen FleetCost Tracking

Melihat pembiayaan yang teratur dalam bisnis pasti menjadi impian banyak pengusaha sehingga dengan fitur ini, Anda dapat melacak seluruh nilai kendaraan, biaya penyewaan, bahan bakar, dan pemeliharaan dalam satu platform.

Internal Transfer Management

Setiap kendaraan pasti memiliki masa dimana kendaraan tersebut harus dikirim ke tempat lain. Maka dari itu, salah satu fitur dari sistem ini adalah memudahkan untuk memproses dan memonitor perpindahan setiap kendaraan dari satu tempat ke tempat yang lain.

Maintenance Scheduling

Perawatan kendaraan harus dilakukan dengan rutin sehingga Anda dapat menjadwalkan kapan saja perawatan akan dilakukan dengan proses administrasi yang lebih mudah.

Driver Tracking

Anda dapat melacak pengemudi yang bertanggung jawab atas kendaraan dan juga mengetahui pengemudi yang tersedia serta dapat memberikan mereka tugas secara otomatis. Sehingga Anda tidak perlu memberitahu secara personal melainkan mengubah sistem manual tersebut ke sistem yang lebih modern.

Document Management System

Setiap kendaraan dan juga rental mobil pasti memiliki dokumen-dokumen yang penting dan harus disimpan dengan baik. Tetapi, kita tidak pernah tahu ada kejadian apa yang bisa saja membuat dokumen tersebut hilang sehingga Anda hanya perlu memasukkan dokumen tersebut ke dalam satu sistem sehingga lebih mudah untuk mencari dokumen yang diinginkan.

Internet of Things Integration

Tidak semua sistem sudah terintegrasi dengan sistem yang lainnya. Dilansir dari HashMicro, software brand lokal yang menyediakan sistem manajemen fleet mengatakan bahwa sistem mereka dapat berintegrasi ke IoT untuk melacak lokasi kendaraan, penggunaan odometer, bahan bakar, dan juga maintenance kendaraan.

Kesimpulan

Peran dan tanggung jawab fleet sangat besar sehingga Anda juga harus memilih sistem manajemen yang tepat untuk keberlangsungan bisnis Anda. Salah satu software fleet management yang mudah digunakan dan bisa saja menjadi salah satu rekomendasi yaitu HashMicro. Layanan software HashMicro terintegrasi dalam satu sistem dan terhubung dengan berbagai bidang pekerjaan, dari pimpinan perusahaan, admin, salesman, pergudangan, sampai toko sehingga akan memudahkan Anda.

Sumber: HashMicro.com

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image