Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Putri Mahesa

Daftar 10 Universitas Terbaik di Indonesia

Eduaksi | Sunday, 07 Nov 2021, 13:54 WIB

Pendidikan adalah aspek yang sangat penting untuk diperhatikan di kehidupan saat ini. Dengan pendidikan yang tinggi, manusia dapat meningkatkan taraf hidupnya menjadi lebih baik ini. Maka tak heran ada pepatah yang mengatakan bahwa "kerjarlah ilmu sampai negeri cina"

Hayoo siapa yang sebentar lagi akan lulus SMA. Pasti, saat ini kamu lagi sibuk memilih akan kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) mana setelah lulus. Benar gak?. Jika iya, biar kamu tidak galau memilih PTN, kali ini Retizen akan membahas 10 kampus terbaik di Indonesia.

Tentunya, daftar yang akan diambil berdasarkan data dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada tahun 2019 ini (terbaru). Mau tahu PTN apa saja yang masuk sepuluh besar PTN terbaik di Indonesia? Yuk, simak daftar di bawah ini, 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia dikutip dari unicen.ac.id

1. Institut Teknologi Bandung

Dengan skor 3.671 – klaster 1. Peringkat universitas terbaik di Indonesia dipegang ITB, singkatan dari Institut Teknologi Bandung. PTN di Bandung ini layak menjadi institut terbaik di Indonesia yang bergerak di bidang pengembangan teknik dan sains. ITB didirikan sejak tahun 1959 dan mampu mempertahankan kualitas sebagai salah satu yang termasuk daftar PTN terbaik di Indonesia.

Singkatan : ITB

Kota : Bandung, Jawa Barat

Didirikan : 2 Maret 1959

2. Universitas Gadjah Mada

Dengan skor 3.594 – klaster 1. Urutan universitas terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Gajah Mada atau biasa disingkat UGM. Kampus UGM terletak di Yogyakarta dan sudah didirikan sejak tahun 1949. UGM memang konsisten menempati posisi 1 daftar universitas terbaik di Indonesia. Dengan statusnya sebagai PTN.

Singkatan : UGM

Kota : Sleman, Yogyakarta

Didirikan : 19 Desember 1949

3. Institut Pertanian Bogor

Dengan skor 3.577 – klaster 1. Sama seperti ITB, Institut Pembangunan Bogor adalah perguruan tinggi berbentuk institut yang berada di provinsi Jawa Barat, tepatnya di kota Bogor. IPB lebih berfokus di bidang pertanian, meski banyak juga jurusan non-agragris. IPB konsisten masuk dalam daftar universitas terbaik di Indonesia di peringkat 10 besar.

Singkatan : IPBKota : Bogor, Jawa Barat

Didirikan : 1 September 1963

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Dengan skor 3.462 – klaster 1. Tak lengkap membahas daftar ranking universitas di Indonesia terbaru tanpa memasukkan universitas di Surabaya. Singkatan dari ITS adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan terletak di daerah Sukolilo, Surabaya. Pertama didirikan di tahun 1957, ITS berfokus untuk mengembangkan bidang teknologi dan maritim Indonesia.

Singkatan : ITS

Kota : Surabaya, Jawa Timur

Didirikan : 10 November 1957

5. Universitas Indonesia

Dengan skor 3.401 – klaster 1. Berikutnya dalam daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia adalah Universitas Indonesia atau UI. Letaknya berada di perbatasn kota Depok dan Jakarta, namun sering dianggap sebagai universitas di Jakarta. Kampus negeri di Jakarta ini pertama didirikan di tahun 1849. UI juga pernah beberapa kali menempati peringkat 1 list universitas terfavorit di Indonesia dan termasuk salah satu universitas terbesar di Indonesia.

Singkatan : UI

Kota : Depok, Jawa Barat

Didirikan : 1849

6. Universitas Diponegoro

Dengan skor 3.207 – klaster 1. UNDIP juga termasuk dalam urutan universitas terbaik se Indonesia ini. UNDIP atau Universitas Diponegoro terletak di kota Semarang, dan layak dianggap sebagai universitas terbaik di Jawa Tengah. Letaknya yang cukup strategis serta pilihan jurusan yang bervariasi membuat UNDIP jadi salah satu rekomendasi tempat kuliah terbaik di Indonesia yang enak.

Singkatan : UNDIP

Kota : Semarang, Jawa Tengah

Didirikan : 9 Januari 1957

7. Universitas Airlangga

Dengan skor 3.056 – klaster 1. Satu lagi kampus negeri di Surabaya yang masuk 10 besar peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia, apa lagi kalau bukan UNAIR. Universitas Airlangga atau UNAIR mungkin paling pas jika disebut sebagai universitas terbaik di Surabaya. UNAIR terkenal sebagai kampus yang memiliki kredibililtas dan moralitas tinggi serta salah satu universitas terbaik di Jawa Timur.

Singkatan : UNAIR

Kota : Surabaya, Jawa Timur

Didirikan : 10 November 1954

8. Universitas Hasanuddin

Dengan skor 3.036 – klaster 1. Tidak mau kalah dengan yang di jawa, Universitas Hasanuddin, masuk di daftar universitas terbaik. Universitas Hasanuddin yang kemudian disingkat UNHAS, merupakan sebuah perguruan tinggi negeri di kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia, yang berdiri pada 10 September 1956.

Singkatan : UNHAS

Kota : Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan

Didirikan : 10 September 1956

9. Universitas Brawijaya

Dengan skor 2.948 – klaster 1. Tidak mau ketinggalan dari universitas di surabaya, Universitas Brawijaya juga menjadi salah satu universitas terbaik di Jawa Timur. Universitas Brawijaya atau UB didirikan di tahun 1963 dan terletak di kota Malang. Dulunya singkatan universitas ini adalah UNIBRAW, namun kemudian disederhanakan lagi menjadi UB sampai sekarang.

Singkatan : UB

Kota : Malang, Jawa Timur

Didirikan : 5 Januari 1963

10. Universitas Padjadjaran

Dengan skor 2.906 – klaster 1. Tidak mau kalah dengan tetangganya ITB, Universitas Padjadjaran atau yang sering dikenal UNPAD menjadi universitas terbaik ke 10. UNPAD merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Singkatan : UNPAD

Kota : Bandung, Jawa Barat

Didirikan : 11 September 1957

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image