Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dhita AP Sari

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT SMA PROGRESIF BUMI SHALAWAT OLEH TIM PKM UNESA 2021

Eduaksi | Saturday, 06 Nov 2021, 09:46 WIB

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini dilaksanakan di SMA Progresif Bumi Shalawat sebagai bagian dari Pondok Pesantren (Ponpes) Bumi Shalawat Sidoarjo yang diasuh oleh KH Agoes Ali Masyhuri. Sebagai ponpes modern yang bervisi: menjadi pusat pembentukan generasi yang “kokoh spiritual dan mapan intelektual”, mengupayakan para santrinya untuk unggul dalam urusan keduniaan maupun akhirat. Secara khusus terkait dengan pembinaan prestasi akademik dalam kerangka kegiatan ekstrakurikuler khusunya karya tulis ilmiah (KTI), setiap tahunnya SMA progresif ini melakukan pembinaan kegiatan riset pemula bagi para santri (khususnya jenjang SMA) dengan orientasi kepada pencitraan pesantren. Pada Tahun 2019 Tim PKM mendampingi siswa untuk menemukan ide-ide kreatif dan merancang suatu penelitian. Salah satu prestasi siswa yang dicapai selama Tahun 2019 adalah Juara 2 Lomba Karya Ilmiah Remaja Bidang IPSK Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh LIPI. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa SMA Bumi Sholawat berpotensi untuk mendapatkan prestasi di tingkat yang lebih tinggi.

Dengan demikian, Tahun 2021 Tim PKM Unesa melakukan pembimbingan kepada guru-guru SMA Progresif Bumi Shalawat terkait membuat manajemen kompetisi internal pada siswa-siswa SMA Progresif Bumi Shalawat melalui kompetisi internal. Diawali dari surat permohonan PKM dari mitra pesantren (kepala sekolah SMA Bumi Shalawat) kepada pihak Unesa, selanjutnya dilakukan follow up kegiatan pendampingan dan direncanakanlah kegiatan dengan judul, “PKM Pemberdayaan Progresif Science and Innovation dan Manajemen International Competition bagi Santri dan Guru SMA Progresif Bumi Shalawat”. Tim PKM Unesa 2021 untuk Bumi Shalawat terdiri dari Fida Rachmadiarti, Sifak Indana, Nadi Suprapto, dan Wahyu Budi Sabtiawan.

Pada kegiatan ini, siswa dan guru mengikuti kegiatan dengan antusias. Aktivtas dilakukan secara daring seperti yang terlihat pada Gambar 1

Aktivitas daring penampingan pengembangan website

Aktivitas yang tersajikan pada Gambar 1, meliputi aktivitas pendampingan terkait pengembangan website, pengembangan SOP untuk kompetisi internal, kiat-kiat untuk melakukan suatu penelitian, dan kiat-kiat untuk menyajikan hasil penelitian.

Aktivitas pengembangan website difokuskan untuk guru dan pengelola research di SMA Progresif Bumi Shalawat. Pada kegiatan ini dihasilkan website awal untuk kompetisi internal dengan alamat https://psiebumishalawat.sch.id/.

Kegiatan PKM oleh Tim Unesa ini diharapkan memberikan kontribusi untuk pengelolaan kompetisi internal dan peningkatan prestasi siswa-siswi SMA Progresif Bumi Shalawat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image