Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image adira fairuz

Ketahui Tentang Cloud Kitchen di Tahun 2022

Info Terkini | Monday, 04 Jul 2022, 17:52 WIB
Source : Freepik

Jika Anda tidak tahu banyak tentang cloud kitchen dan cara kerjanya, inilah saat yang tepat untuk mengetahuinya! Kami akan memberi tahu Anda cara kerjanya, dan bagaimana Anda bisa membuat fenomena ini sangat worth it untuk bisnis F&B.

Cloud Kitchen adalah dapur komersial yang tidak terhubung dengan restoran. Cloud kitchen tidak dirancang untuk membuat makanan bagi pelanggan untuk dimakan di tempat. Sebaliknya, ini dirancang hanya untuk layanan bawa pulang, pesan antar, dan ambil dan pergi.

Bagaimana cara membuka Cloud Kitchen?

Ada beberapa cara berbeda untuk memulainya. Kadang cloud kitchen ini juga disebut dapur hantu, atau ghost kitchen. Anda mungkin menemukan istilah ini di beberapa tempat, dan semuanya memiliki arti yang kurang lebih sama.

Bagaimana jika sudah memiliki restoran?

Beberapa restoran yang ada mengubah diri mereka sebagai cloud kitchen hanya dengan menutup ruang makan mereka dan tetap menggunakan dapur. Restoran-restoran ini umumnya tidak perlu membuat perubahan besar pada manajemennya.

Bagaimana jika ingin memulai dari awal?

Terkadang, calon pemilik restoran memutuskan bahwa mereka ingin membuka cloud kitchen – tetapi mereka belum memiliki dapur. Dalam hal ini, mereka memiliki beberapa pilihan. Salah satu ide bagus adalah menyewa dapur komersial dari penyedia khusus.

Jelas, biaya ini akan sangat bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Namun dalam banyak kasus, biaya sewa dapur komersial jauh lebih rendah daripada biaya sewa seluruh restoran. Menyewa ruang komersial juga berarti Anda tidak perlu membayar biaya zonasi, atau untuk memasang peralatan yang sudah diurus oleh penyedia tempatnya.

Dan saat Anda membuka cloud kitchen, Anda melihat risiko yang jauh lebih kecil daripada membuka restoran tradisional. Itu karena biaya di muka dan biaya overhead jauh lebih rendah. Kitchen ini memungkinkan Anda menjangkau basis pelanggan yang lebih luas daripada restoran tradisional. Ini juga memungkinkan Anda untuk meyakinkan pelanggan yang memiliki masalah keamanan, dapur ini membuatnya sangat mudah untuk memenuhi kebutuhan jarak sosial.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image