Inspirasi Hilang Saat Menulis? Ini Tips nya

Image
Lastri Lina Erliyawati
Eduaksi | Saturday, 02 Jul 2022, 21:06 WIB
Dokumen Pribadi

Menulis tentunya merupakan hal yang paling menyenangkan. Bagaimana tidak, tidak semua orang memiliki hobi menulis ini. Bahkan terkadang, banyak sekali yang merasa bingung atau kehilangan ide ketika menulis.

Hal ini merupakan hal yang paling menyebalkan ketika sudah berhadapan dengan kertas atau laptop namun tiba-tiba bingung harus menulis apa. Mungkin di antara kalian juga sering merasakan hal yang sama, bukan? Lalu bagaimana cara mengatasinya? Satu kata yang diperlukan yaitu inspirasi. Hal yang dapat menginspirasi menulis tentunya didapat dengan cara yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya:

1. Membaca

Membaca merupakan hal yang paling utama dalam mencari inspirasi. Tentunya membaca memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi penulis. Membaca tidak hanya dengan buku saja, di zaman modern ini membaca bisa melalui platform digital yang mudah di akses oleh siapapun. Perlu digaris bawahi, bahwa membaca dapat mengaktifkan otak seseorang untuk menghasilkan ide kreatifitasnya.

Membaca tentunya akan menambah kosa kata bagi pembacanya. Tidak hanya satu atau dua kosa kata saja, namun banyak sekali kosa kata baru yang akan didapatkan dengan membaca. Hal ini dapat membantu seseorang untuk mendapatkan sebuah inspirasi yang tentunya berasal dari membaca. Jadi, ketika kalian sedang kehilangan inspirasi, jangan lupa untuk membaca, ya!

2. Mendengarkan Musik

Kalian pasti gemar mendengarkan musik, bukan? Apalagi ketika hati sedang gundah dilanda kegalauan. Ternyata dengan mendengarkan musik kita akan mendapatkan sebuah inspirasi, loh. Bagaimana bisa? Ya, musik merupakan sebuah hal positif yang dapat merubah mood seseorang. Musik biasanya didengarkan untuk membuat tubuh ini relaks, yang tentunya dapat membantu kita untuk berkonsentrasi saat menulis.

Selain itu ketika mendengarkan musik, kita akan mendapatkan sebuah inspirasi dari sebuah lirik yang menyentuh hati. Misalnya ketika sedang mendengarkan musik galau, tentunya perasaan kita akan terbawa ke dalam alunan musik serta liriknya. Tanpa disadari, kita bisa menciptakan sebuah tulisan indah yang terinspirasi dari sebuah lirik dari musik yang kita dengarkan. Sering-seringlah untuk mendengarkan musik!

3. Mendengarkan Orang Lain

Saat menulis memang sebenarnya lebih baik ketika dalam keadaan sendirian. Hal ini akan menjaga konsentrasi kita dalam berpikir sampai merangkai sebuah cerita. Namun nyatanya, kita juga perlu untuk bertemu dengan teman-teman untuk mendengarkan cerita atau bahkan keluh kesah mereka.

Mendengarkan cerita mereka juga akan melahirkan sebuah inspirasi, loh. Seorang penulis terkadang membutuhkan cerita orang lain untuk mendapatkan kisah yang berbeda-beda yang nantinya akan dirangkai menjadi cerita dan itulah sebuah inspirasi untuk menulis.

4. Mencari Suasana Baru

Kehilangan inspirasi biasanya terjadi saat penulis hanya berada disuatu tempat yang sama ketika menulis. Misalnya hanya menulis didekat jendela kamar saja. Hal ini akan membuat pikiran suntuk yang mengakibatkan tidak adanya inspirasi ketika menulis.

Cobalah untuk mencari suasana baru ketika akan menulis. Misalnya berpindah ke halaman rumah atau di bawah pohon rindang. Tentunya ketika mendapatkan sebuah tempat atau suasana baru, kreatifitas akan mengalir dengan sendirinya. Sehingga muncullah sebuah inspirasi untuk menulis.

Suasana baru di sini juga bisa dikatakan sebagai traveling. Ya, hal ini akan memicu kita agar memiliki pemikiran yang terbuka akan hal-hal yang baru. Berada disuatu tempat yang baru akan memunculkan kreatifitas baru yang belum pernah kita alami. Sehingga, hal ini akan dijadikan sebagai suatu alternatif untuk mendapatkan sebuah inspirasi.

5. Mengabadikan Momen Terindah

Mengabadikan momen terindah juga bisa mendapatkan sebuah inspirasi, loh. Caranya ketika berjalan-jalan atau pergi ke suatu tempat, jangan lupa untuk mengabadikan momen terindah, kemudian cetak fotonya lalu tulislah rangkaian ceritanya.

Misalnya pergi ke sebuah taman yang terdapat banyak sekali bunga-bunga bermekaran untuk piknik bersama sahabat. Mengambil potret sebanyak-banyaknya kemudian mencetak foto tersebut. Setelah dicetak, jangan lupa untuk menuliskan kenangan indah tersebut pada jurnal dengan menempelkan foto yang sudah dicetak.

Jadi, usahakan memiliki jurnal untuk mengabadikan suatu momen terindah. Percayalah, momen terbaik tidak akan pernah ingin terlewatkan, bukan?

6. Membuka Kembali Karya-Karya di Masa Lalu

Cara yang satu ini juga boleh sesekali dicoba ketika sedang kehilangan inspirasi. Membuka kembali karya-karya yang lalu juga akan menimbulkan ide kreatifitas dan inspirasi yang baru. Bisa dengan melihat tulisan diblog pribadi, cerpen atau puisi yang dimiliki sampai sebuah rangkaian coretan indah berupa lukisan yang pernah dibuat.

Tentunya dengan melihat karya-karya yang lalu, akan terasa kembali kenangan saat menciptakan karya tersebut. Di mana rasa bahagia juga bangga terhadap diri sendiri karena telah berhasil menghasilkan karya yang telah dibuat. Hal ini akan membuat seseorang mendapatkan inspirasi baru untuk menulis.

Itulah beberapa cara untuk mencari sebuah inspirasi ketika sedang kehilangan inspirasi saat menulis. Sebenarnya, setiap penulis memiliki cara yang berbeda-beda untuk mendapatkan inspirasi. Namun cara-cara tersebut biasa dilakukan ketika kehilangan sebuah ide dan inspirasi dalam menulis.

Jadi, jangan pernah langsung menyerah ketika sedang kehilangan sebuah inspirasi dan ide kreatifitas dalam menulis. Semua bisa teratasi ketika mau mencoba dan berusaha.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Pamulang

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kemerdekaan dalam Perspektif hamba yang belum merdeka.

Image

Kepala Rutan Blora Ikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Secara Virtual

Image

UMP Kuatkan Kerja Sama Kembangkan Pendidikan

Image

Bahan Kaos Katun, Polyester dan Campuran

Image

SK Pensiun Dosen dan Karyawan UMP Diserahkan

Image

Bupati Blora Serahkan SK, 92 Warga Binaan Rutan Blora Peroleh Remisi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image