Berapa Megabyte Yang Dibutuhkan Untuk Membuka Instagram dan Tiktok Dalam Satu Jam?

Image
Fauziah Official
Teknologi | Friday, 01 Jul 2022, 18:09 WIB

Mengakses internet, baik menggunakan kuota data maupun WiFi, saat ini menjadi salah satu kebutuhan pokok. Hal itu karena internet menjadi pendukung utama bagi sebagian besar orang yang mendukung aktivitasnya, mulai dari mencari hiburan melalui media sosial atau platform streaming.

Namun pernahkah Anda bertanya-tanya berapa banyak data sharing yang digunakan untuk mengakses semua media sosial Anda setiap harinya?

Setiap media sosial membutuhkan konsumsi data yang berbeda-beda tergantung dari output konten yang disediakan.

Misalnya, media sosial berbasis video mengkonsumsi lebih banyak data daripada media sosial berbasis konten audio atau teks.

Namun, ini akan tergantung pada faktor lain seperti resolusi video yang Anda tonton. Semakin tinggi resolusinya, semakin tinggi konsumsi datanya.

Jadi, berapa banyak data yang digunakan untuk mengakses aplikasi game dengan mengakses setiap platform dan platform media sosial seperti TikTok, Facebook, Instagram, dan Netflix?

WhistleOut melakukan pemindaian internal untuk menentukan berapa banyak data yang digunakan aplikasi Anda saat mengaksesnya dalam satu jam.

Pencarian ini mencakup beberapa aplikasi populer seperti Facebook, Youtube, Instagram, Netflix, dan lainnya.

Secara khusus, hasil pencarian internal WhistleOut termasuk operator telepon seluler AS. Angka yang dihasilkan adalah angka rata-rata dan dapat bervariasi untuk setiap pengguna. Berikut tampilan hasil pencariannya.

Menurut WhistleOut, rata-rata data yang dikonsumsi pengguna saat berselancar di Internet melalui browser adalah sekitar 60 MB per jam. Situs yang sama dapat digunakan dalam tampilan yang berbeda.

Situs yang menampilkan banyak gambar menghabiskan lebih banyak data daripada situs yang didominasi oleh teks. Namun, waktu penelusuran rata-rata adalah 60 MB.

Facebook tersedia dalam versi ‘reguler’ dan lite (ringan). Pencarian termasuk aplikasi Facebook biasa. Konon aplikasi ini memakan sekitar 80MB per jam karena berisi berbagai konten seperti gambar.

Namun, ketika pengguna menonton video di Facebook, ia menghabiskan sekitar 160 MB data per jam.

Instagram pada awalnya adalah aplikasi berbagi foto. Tapi sekarang aplikasi di bawah Meta juga diperkaya dengan Reels, yang hadir dengan banyak video pendek dan video yang agak panjang. Fitur Stories juga memperkaya konten video di Instagram.

Menurut penelitian WhistleOut, aplikasi Instagram menghabiskan 60 MB data selama 5 menit, atau sekitar 720 MB per jam. WhistleOut diuji hingga 5 kali dan mendapatkan hasil yang sama.

TikTok juga merupakan aplikasi yang menggunakan video sebagai konten utamanya. Tidak heran jika aplikasi ini menyedot banyak berbagi data dibandingkan dengan aplikasi media sosial lainnya. Menurut WhistleOut, TikTok mengkonsumsi 840 MB data per jam.

Dalam aplikasi Cina yang sama ini, pengguna tidak dapat mengatur resolusi video yang ditampilkan. Namun, pengguna dapat memanfaatkan mode hemat data di aplikasi, yang menghasilkan resolusi video yang sedikit lebih rendah dan konsumsi data yang sedikit lebih rendah.

YouTube adalah aplikasi video yang dibuat oleh Google. Meskipun menandai video sebagai konten utama, aplikasi ini mengkonsumsi lebih sedikit data daripada TikTok dan Instagram.

YouTube dikatakan mengkonsumsi sekitar 300 MB data per jam. Namun, aplikasi ini menghabiskan lebih banyak data pengguna jika resolusi yang diterapkan pada video yang Anda tonton adalah HD. Sayangnya WhistleOut tidak merinci berapa banyak keputusan yang diterapkan selama pengujian.

Seperti YouTube, aplikasi streaming film ini juga menawarkan opsi resolusi video. Konsumsi data Netflix sekitar 250 MB per jam jika pengguna menggunakan kualitas video yang lebih rendah.

Di sisi lain, jika pengguna menetapkan kualitas sedang, konsumsi data adalah 500MB per jam, dan kualitas tinggi sekitar 1GB per jam.

Selain opsi kualitas video, pengguna juga mendapat manfaat dari kemampuan menggunakan WiFi untuk mengunduh film dan menontonnya tanpa menghabiskan kuota untuk mengungguli konsumsi data mereka.

Penggunaan data yang digunakan oleh aplikasi streaming musik berbeda untuk setiap aplikasi. Namun, rata-rata aplikasi streaming musik tidak akan pernah menggunakan lebih dari 144 MB untuk streaming musik berkualitas 320 Kbps (rata-rata 12 MB per lagu).

Pengguna juga dapat memilih opsi kualitas audio yang paling sesuai dengan kuota datanya. Misalnya, Spotify dapat menampung aliran musik berkualitas tinggi pada 96 kbps atau 160 kbps, dengan konsumsi data sekitar 43 MB dan 72 MB per jam.

Kebanyakan podcast berukuran kecil. Menurut penelitian WhistleOut, sebagian besar podcast hanya mengkonsumsi sekitar 1 MB data per menit. Jadi, jika pengguna mendengarkan podcast selama 40 menit, kuota data yang digunakan adalah 40 MB.

Namun, hasil ini bergantung pada kualitas audio podcast yang Anda dengarkan.

Menurut WhistleOut, game online tidak menghabiskan banyak kuota data Anda. Menurut pengujian kami, game Hero Hearthstone dan Fire Emblem mengkonsumsi sekitar 400 KB dalam 10 menit.

Game seperti Pokemon Go dan Fortnite mengkonsumsi lebih dari 90MB per hari. Menurut WhistleOut, semakin banyak item yang digunakan game, semakin banyak data yang dikonsumsi.

Cara memeriksa penggunaan data di iPhone dan Android

Perlu diingat bahwa konsumsi data pengguna per bulan berbeda untuk setiap aktivitas, dan setiap pengguna memiliki aplikasi pilihan yang berbeda.

Jika Anda ingin melihat berapa banyak data yang Anda gunakan per bulan, ikuti langkah-langkah di bawah ini. Mengetahui berapa banyak data yang Anda konsumsi setiap bulan dapat membantu Anda memutuskan berapa banyak data yang harus dibuat untuk pembelian berikutnya.

Untuk memeriksa penggunaan data di iPhone, buka Pengaturan > Jaringan Seluler.

Dari sana Anda akan melihat daftar aplikasi. Jika Anda menemukan aplikasi yang menghabiskan banyak data, Anda dapat mengetuk opsi Nonaktif untuk hanya terhubung ke internet saat menggunakan WiFi.

Untuk memeriksa penggunaan data di smartphone Android Anda, buka menu Pengaturan > Jaringan & Internet > Penggunaan data > Jaringan seluler.

Dari sana, Anda harus menggulir ke bawah untuk melihat penggunaan setiap aplikasi yang Anda gunakan.

Di Android, Anda juga dapat mengatur batas kuota dan pengingat jika aplikasi Anda menghabiskan banyak data. Anda dapat melakukannya dengan mengaktifkan opsi Peringatan dan Pembatasan Data di menu Pengaturan > Jaringan & Internet > Penggunaan data.

Selengkapnya>>

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Prone dan Kill Musuh FF

Cara Beli TKO Tokocrypto

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Senyum Hangat sambut Kalapas Polewali, Bupati Polman akan Hadir Berikan Remisi 17 Agustus

Image

DPRK Gelar Paripurna Laporan Penyampaian Reses II Masa Persidangan III Tahun 2022

Image

Kembangkan Instrumen yang Tepat di Setiap Lembaga, LPM Uhamka Laksanakan RTM

Image

MAJU! Bahas IKN, HI UMKT Gelar Seminar Moving Capital Geopolitics of Indonesia

Image

KKN Tematik UPI 2022 : Sosialisasi Parenting dalam Membingkai Ulang Pola Asuh Anak Di Desa Dayeuhkol

Image

Grup Astern Music Hibur Warga Ceme

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image