Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aulia Hamazunnisa Bahtiar

LDKS SMPIT Permata, Pelatihan Menjadi Pribadi Kuat, Mandiri, dan Bertanggung Jawab

Eduaksi | Tuesday, 28 Jun 2022, 11:44 WIB

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) yang dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada 4 dan 5 Februari 2022 lalu ini mengusung tema agar pengurus OSIS SMPIT Permata Mojokerto mampu menjadi pribadi yang kuat, mandiri, dan bertanggung jawab. Karena dilaksanakan selama dua hari, maka materi yang disampaikan juga dibagi menjadi dua fokus dan dilaksanakan di dua tempat yang berbeda.

Hari pertama, ada tiga materi yang disampaikan oleh beragam pemateri, yang bertempat di Vila Istana Mandala. Materi yang pertama tentang Profil Pemimpin Muslim dan Leadership yang dibawakan oleh Ustadzah Agustin Wahyuningtyas dan dimoderatori oleh Ossa dari kelas 9A. Ada dua hal penting yang beliau sampaikan. Yang pertama adalah bahwa pengurus OSIS terpilih harus dibekali materi mengenai menjadi seorang yang pemimpin yang baik, yang mana ia harus mampu memimpin dirinya sendiri dengan mandiri. Yang kedua, tidak cukup hanya menjadi pemimpin saja. “Menjadi seorang pemimpin muslim juga harus memiliki bekal agama yang cukup, wawasan yang kuat, serta mampu berinteraksi dan memiliki kemampuan bersosialisasi dengan siapapun,” jelas beliau.

Materi yang selanjutnya adalah Lobbying dan Manajemen Konflik. Materi ini disampaikan oleh Ustadzah Umi Fauziah yang dimoderatori oleh Hilman dari kelas 9A. Pada materi ini pengurus OSIS diajarkan untuk mengelola dinamika kelompok dan bagaimana berkomunikasi dengan baik. Langsung dilakukan pula simulasi seperti layaknya ketika OSIS sedang mengadakan event besar yang melibatkan Ketua Yayasan, Kepala Sekolah, pihak kepolisian, artis atau tamu yang diundang, serta BMT untuk mendapatkan sponsor. Melalui simulasi tersebut, pengurus-pengurus OSIS sedang diasah kemampuannya untuk siap berkomunikasi dengan baik.

Materi yang ketiga adalah Manajemen Rapat yang disampaikan oleh Ustadzah Suyanti yang dimoderatori oleh Faros dari kelas 9A. Dalam sesi materi ketiga, pengurus OSIS diberikan waktu untuk berdiskusi dengan bidangnya masing-masing, mengenai program apa yang akan mereka buat selama menjabat pengurus OSIS pada bidang tersebut. Sedangkan pengurus OSIS inti berdiskusi, tentang siapa yang sungguh layak untuk menjadi ketua OSIS selanjutnya, hingga mencapai kata mufakat.

Pada hari kedua, kegiatan bertempat di dua lokasi. Yaitu di Masjid SMPIT Permata dan Lapangan MA Permata. Kegiatan pertama di hari kedua adalah dengan membagi peserta LDKS menjadi kelompok-kelompok yang berisi tiga sampai empat anak. Sebelumnya, masing-masing anak telah membawa sembako, yang bisa berupa minyak, gula, beras, mie, dan sejenisnya dari rumah. Setelah itu panitia LDKS yang telah menyediakan nampan parsel, bahan dekorasi, dan kartu ucapan, meminta tiap-tiap kelompok untuk membuat kreasi parsel yang semenarik mungkin. Kelompok dengan kreasi parsel terbaik akan diberangkatkan terlebih dahulu menuju lapangan MA Permata.

Kelompok yang telah selesai menghias parselnya kemudian membagikan parsel tersebut kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan. Seperti tukang becak, tukang sampah, pedagang di warung-warung kecil, serta rumah-rumah warga yang terlihat kurang layak di sekitar SMPIT Permata. Setelah usai membagikan parsel, pengurus OSIS ini segera menuju lapangan MA Permata dengan berjalan kaki. Tujuannya adalah untuk mengasah kepekaan sosial pengurus, yang mana mereka melewati perumahan dan menyapa masyarakat yang ada di tempat tersebut. Panitia LDKS sekaligus juga memberikan misi yang berkaitan dengan lambang-lambang osis serta amalan dari ikrar siswa dan pengurus OSIS.

Begitu tiba di lapangan MA Permata, dilanjutkan dengan fun games yang menguji kekompakan masing-masing kelompok. Seperti permainan mengangkat air dalam gelas dengan menggunakan taplak meja, memindahkan air dari ember ke botol yang telah dillubangi, memasukkan paku ke botol dengan tali yang diikat di semua pinggul anggota kelompok, serta games terakhir yaitu berpindah tempat menggunakan satu lembar kardus.

Akhir acara adalah melakukan gladi bersih untuk Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang diikuti oleh pengurus inti yang telah purna dan seluruh pengurus OSIS terpilih yang baru. Mulai dari awal penyerahan atau tanda tangan serah terima jabatan hingga pengambilan janji atau sumpah pengurus OSIS SMPIT Permata.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image