Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nur Ahmad Syaepudin

Strategi Bisnis Dengan CRM, Rahasia Sukses Berbagai Perusahaan di Dunia

Bisnis | Tuesday, 28 Jun 2022, 10:15 WIB

CRM Sebagai Strategi Bisnis Yang Wajib Anda Gunakan

Perusahaan kini memahami hubungan antara perusahaan dan pelanggan sangat penting. Oleh sebab itu, tiap perusahaan semaksimal mungkin meningkatkan pelayanan pelanggan mereka. Salah satu cara yang dilakukan dengan metode CRM sebagai strategi marketing bisnis.

CRM untuk marketing sendiri merupakan strategi bisnis yang memanfaatkan teknologi mutakhir. Pemanfaatan teknologi ini berperan untuk meningkatkan hubungan perusahaan dengan pelanggan Anda. Di sisi lain, proses penjualan perusahaan Anda menjadi lebih mudah.

Di sisi lain, produktivitas perusahaan Anda makin meningkat. Penjualan pun berkembang pesat. Tentu hal itu menjadi dambaan tiap pebisnis. Salah satunya Anda bukan?

CRM sebagai strategi bisnis (sumber foto: gokampus.com)

CRM Sebagai Strategi Marketing Untuk Optimalkan Bisnis Anda

CRM bisa menjadi strategi marketing yang bisa Anda terapkan. Faktanya, beragam manfaat CRM mampu meningkatkan bisnis dengan optimal.

Nah, lantas bagaimana metode pendekatan CRM sebagai strategi marketing untuk meningkatkan bisnis? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Melakukan Pendekatan Personal dan Segmentasi Pelanggan

Di dalam software CRM, seluruh data informasi pelanggan dapat dianalisis sesuai kebutuhan pelanggan. Tiap aktivitas pembelian pelanggan terekam dengan baik. Hal ini memungkinkan staf Anda dapat melakukan penawaran sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

2. Data Terpusat Pada Satu Sumber

Banyaknya infomasi dari berbagai sumber membuat data perusahaan Anda terpencar-pencar. Jika ingin mencari informasi terkait pelanggan, staf Anda pasti akan merasakan kesulitan.

Dengan aplikasi CRM, keseluruhan data dapat terpusat dalam satu sumber. Staf Anda tidak perlu repot mencari data di tumpukan dokumen atau di file yang berbeda-beda lagi.

3. CRM Mampu Menganalisis Kebutuhan Pelanggan

Sistem CRM mencatat seluruh aktivitas pembeli Anda dari berbagai platform. Dari hasil seluruh aktivitas tersebut, Anda bisa melihat apa saja yang menjadi minat pembeli Anda, termasuk kebutuhan mereka.

4. Mengintegrasi Berbagai Saluran Komunikasi Dalam Satu Halaman

Dengan adanya sistem ini, staf Anda lebih mudah menjangkau banyak pelanggan dalam satu waktu. Di sisi lainnya, CRM membantu staf Anda untuk melakukan penawaran dengan mudah hanya dalam satu kali klik. Data informasi pelanggan akan tersimpan rapi dalam sistem.

5. Informasi yang Up To Date

Dalam aplikasi CRM, informasi kontak, riwayat aktivitas, riwayat percakapan dan infomasi lainnya terkait pembeli tersimpan secara rapi dan otomatis. Anda pun dapat mengubah dan menambahkan informasi pembeli Anda secara real time.

Gunakan CRM Untuk Tingkatkan Penjualan Anda

CRM menjadi solusi tepat dan praktis sebagai strategi marketing bisnis. Fitur-fitur di dalam CRM memudahkan Anda untuk mendetailkan laporan. Laporan yang tersusun detail mampu memastikan segmen penjualan Anda.

Jika Anda belum menggunakan CRM, ada baiknya Anda mencoba penggunaan sistem CRM ini untuk membuat bisnis semakin maju. Salah satu rekomendasi penyedia CRM terbaik di Indonesia, yaitu Barantum CRM dengan sistem yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image