Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rey Rey

5 Rekomendasi Makanan Paling Enak Dari Indonesia Timur!

Kuliner | Tuesday, 28 Jun 2022, 09:23 WIB

Kaya akan kekayaan alam, Indonesia Bagian Timur juga memiliki kuliner yang beragam. Tapi tahukah kamu? Ada banyak kuliner lezat dari Indonesia Timur yang keberadaannya jarang diketahui oleh banyak orang. Bahkan, kuliner Indonesia Timur ini menghadirkan cita rasa yang berbeda dan memiliki penyajian yang unik.

Dan sekarang kita akan membahas. 5 Rekomendasi Makanan Paling Enak dari Indonesia Timur, yaitu

1. Papeda

Papeda adalah makanan yang sering kita temukan di Maluku dan Papua yang biasanya disajikan dengan saus asam tuna atau ikan baubara dengan bumbu kunyit. Mayoritas masyarakat Indonesia selalu mengkonsumsi beras tetapi di Indonesia Timur biasanya mengkonsumsi sagu dan salah satunya adalah Papeda ini sebagai pengganti beras.

Papeda adalah makanan yang kaya serat dan rendah kolesterol juga mengandung nutrisi yang cukup untuk tubuh manusia. Papeda tidak hanya sangat melimpah, tetapi kuliner Indonesia Timur ini sangat lezat dan menggoda

2. Ayam Taliwang

Seperti namanya Ayam Taliwang merupakan kuliner berbahan dasar ayam yang berasal dari Kabupaten Taliwang di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Kuliner Ayam Taliwang ini merupakan salah satu makanan asli Suku Sasak di wilayah Nusa Tenggara Barat.

Menu ayam Taliwang kini tersebar di seluruh Indonesia bahkan di beberapa restoran besar di Indonesia.

3. Woku Chicken

Ayam woku adalah makanan khas Indonesia Timur yang sudah terkenal di kota-kota besar di Indonesia. Ayam Woku adalah ayam olahan yang memiliki rasa pedas dan segar, sehingga sangat cocok untuk anda yang sangat gurih dengan masakan pedas.

Membuat ayam woku sedikit rumit karena harus dimasak beberapa kali, ini membuat tekstur ayam woku bisa sangat lembut dan bumbu woku bisa meresap ke dalam daging. Rasa bumbu Woku ini sangat kental dengan jahe dan jeruk, aromanya yang khas dan tidak ditemukan pada jenis makanan lain.

4. Sambal Colo-Colo

Colo-colo adalah bahasa yang bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti dip-dip (Celap-celup/Cocol). Bagi anda pecinta makanan pedas, sambal khas ini bisa menjadi salah satu sambal yang harus anda coba saat berwisata di Indonesia Timur. Rasa saus ini pedas segar dan sedikit asam karena ditambahkan dengan air jeruk nipis.

5. Sate Ulat Sagu

Kuliner yang satu ini sering disebut kuliner ekstrem yang bisa anda temukan di Papua. Walaupun kedengarannya agak menjanjikan untuk memakan ulat, namun ulat yang satu ini berbeda dengan gambaran Anda selama ini, ulat ini bersih dan hanya terdapat di pohon sagu.

Ulat sagu bagi masyarakat Papua merupakan sumber energi dengan kadar kolesterol rendah, kandungan protein dan juga beberapa kandungan lainnya yang sangat baik untuk tubuh. Ulat sagu memiliki rasa manis dan asin, biasanya disajikan dengan cara dibakar, bagi orang yang sudah mencobanya, ulat sagu dikatakan sangat enak dan memiliki rasa yang berbeda dengan jenis lauk lainnya.

Temukan berbagai restoran Indonesia Timur di Yummy Advisor. Karena Yummy Advisor memiliki banyak rekomendasi restoran Indonesia Timur.

Tentang Yummy Advisor

Yummy Advisor adalah situs web yang menyediakan informasi Restoran kepada pengguna. Pengguna dapat dengan mudah melihat informasi seperti gambar, menu, dan ulasan restoran. Di Yummy Advisor, Anda dapat dengan mudah menemukan restoran di dekat Anda dan jenis restoran yang Anda butuhkan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image