Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Elsa Maulidina

Jelang Hari Raya Idul Adha, Persiapan Diri Juga Harus Dimaksimalkan

Olahraga | Saturday, 25 Jun 2022, 23:02 WIB

Batang- Jelang Hari Raya Idul Adha 2022 yang kemungkinan akan terjadi pada tanggal 9 Juli 2022, tidak hanya identik dengan melulu masalah persiapan daging qurban ataupun hewan qurban. Mempersiapkan diri secara dhahir dan bathin, juga menjadi salah satu kunci utama yang harus diperhatikan oleh umat muslim. Sabtu (25/06)

sumber: https://news.act.id/berita/hakikat-ibadah-dan-berqurban-tanpa-batas ACT NEWS

Terpampang nyata di pinggiran jalan raya kota-kota ataupun daerah yang banyak terlihat pedagang hewan qurban secara dadakan membuka lapaknya. Hal tersebut, menjadi salah satu bukti bahwa semakin dekatnya kedatangan Hari Raya Idul Adah, atau Hari Raya Besar menurut orang Jawa. Memang hewan qurban identik dengan kehadiran Hari Raya besar, karena hal tersebut kasat mata dan sangat jelas. Akan tetapi, menurut salah satu Sesepuh Desa Klidang Lor, Sutiyah, mempersiapkan diri untuk menjumpai Hari Raya Idul Adha tidak haya berbentuk materi, tapi juga berbentuk peningkatan ketakwaan.

“Setelah kita menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan, kemudian masuk bulan Syawal ada Idul Fitri, dan kini di bulan dzul hijjah kita bertemu dengan Idul Adha, maka hal-hal masalah ibadah yang sudah sedikit nyeleweng, kembali kita luruskan dan tegakkan,” tutur Sutiyah.

Idul Adha menjadi salah satu hari raya bagi umat muslim, yang mana hari raya pada bulan dzul hijjah ini merupakan hari raya yang cukup istimewa. Karena dirayakan dengan menyembelih hewan qurban sebagai bentuk ucapan syukur dan bukti ikhtiar kepada Allah, yang dibuktikan dengan mengikhlaskan hewan qurbannya disembelih lalu dibagikan kepada masyarakat.

“Idul adha juga harus disambut dengan hati yang lapang, ikhlas, ridha dan juga penuh dengan ketaatan,” tambahnya.

Karena berqurban bagi beberapa orang dianggap cukup berat karena masalah finansial, menurut Sutiyah tidak harus dengan hewan seseorang melakukan qurban, namun dengan rela melapangkan dadanya, rdha dengan takdirnya, tawakkal terhadap Tuhannya, bersabar akan ujiannya, dan bersyukur atas limpahan rahmatnya, itu sudah cukup untuk menyambut hadirnya Hari Raya Idul Adha.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image