Jelang Hari Raya Idul Adha, Persiapan Diri Juga Harus Dimaksimalkan

Image
Elsa Maulidina
Olahraga | Saturday, 25 Jun 2022, 23:02 WIB

Batang- Jelang Hari Raya Idul Adha 2022 yang kemungkinan akan terjadi pada tanggal 9 Juli 2022, tidak hanya identik dengan melulu masalah persiapan daging qurban ataupun hewan qurban. Mempersiapkan diri secara dhahir dan bathin, juga menjadi salah satu kunci utama yang harus diperhatikan oleh umat muslim. Sabtu (25/06)

sumber: https://news.act.id/berita/hakikat-ibadah-dan-berqurban-tanpa-batas ACT NEWS

Terpampang nyata di pinggiran jalan raya kota-kota ataupun daerah yang banyak terlihat pedagang hewan qurban secara dadakan membuka lapaknya. Hal tersebut, menjadi salah satu bukti bahwa semakin dekatnya kedatangan Hari Raya Idul Adah, atau Hari Raya Besar menurut orang Jawa. Memang hewan qurban identik dengan kehadiran Hari Raya besar, karena hal tersebut kasat mata dan sangat jelas. Akan tetapi, menurut salah satu Sesepuh Desa Klidang Lor, Sutiyah, mempersiapkan diri untuk menjumpai Hari Raya Idul Adha tidak haya berbentuk materi, tapi juga berbentuk peningkatan ketakwaan.

“Setelah kita menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan, kemudian masuk bulan Syawal ada Idul Fitri, dan kini di bulan dzul hijjah kita bertemu dengan Idul Adha, maka hal-hal masalah ibadah yang sudah sedikit nyeleweng, kembali kita luruskan dan tegakkan,” tutur Sutiyah.

Idul Adha menjadi salah satu hari raya bagi umat muslim, yang mana hari raya pada bulan dzul hijjah ini merupakan hari raya yang cukup istimewa. Karena dirayakan dengan menyembelih hewan qurban sebagai bentuk ucapan syukur dan bukti ikhtiar kepada Allah, yang dibuktikan dengan mengikhlaskan hewan qurbannya disembelih lalu dibagikan kepada masyarakat.

“Idul adha juga harus disambut dengan hati yang lapang, ikhlas, ridha dan juga penuh dengan ketaatan,” tambahnya.

Karena berqurban bagi beberapa orang dianggap cukup berat karena masalah finansial, menurut Sutiyah tidak harus dengan hewan seseorang melakukan qurban, namun dengan rela melapangkan dadanya, rdha dengan takdirnya, tawakkal terhadap Tuhannya, bersabar akan ujiannya, dan bersyukur atas limpahan rahmatnya, itu sudah cukup untuk menyambut hadirnya Hari Raya Idul Adha.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Analisa Inkuiri Apresiatif dalam Melihat Film G30S/PKI

Image

Mewujudkan Pemuda Islam yang Kuat dan Tangguh

Image

Mahsa Amini, Perempuan dan Islam

Image

PK Bapas Purwokerto Tindaklanjuti Usulan Pembebasan Bersyarat

Image

Pastikan Kondisi Aman, Petugas Rutan Jepara Rutin Lakukan Trolling

Image

Pembayaran Pajak Sarang Burung Walet Menuai Pro dan Kontra

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image