5 Fakta Unik Tentang Sistem Pendidikan Di Jepang di Bidang Teknik dan Umum

Image
Nabil Zain
Eduaksi | Saturday, 25 Jun 2022, 22:42 WIB

Jepang adalah salah satu negara yang mempunyai banyak keunikan salah satunya adalah negara ini menjadi impian untuk banyak orang untuk dikunjungi. Keunikan budayanya ini masih kental dan dapat membuat orang penasaran dengan negara yang satu ini.

Kebiasaan-kebiasaan unik dari masyarakat yang ada di Jepang ini sangat menarik untuk di cari tau. Khususnya tentang sistem pendidikan yang ada di negara yang satu ini. Pendidikan adalah salah satu pengembangan yang sangat penting untuk sebuah negara.

Negara Jepang ini sangat memungkinkan untuk dijadikan contoh di dalam menerapkan sistem pendidikan akan tetapi kebiasaan masyarakat ini sudah sangat berbeda yang membuat tidak mudah untuk ditiru.

Berikut ini beberapa fakta unik dari sistem pendidikan yang ada di negara Jepang

1. Siswa membersihkan sekolah tanpa bantuan petugas

Fakta unik yang pertama mengenai sistem pendidikan yang ada di negara Jepang adalah para siswanya membersihkan sekolah tanpa adanya bantuan dari petugas kebersihan. Siswa yang ada di sekolah Jepang ini diajarkan untuk mandiri sejak dini yaitu dengan membersihkan sekolah.

Para siswa bertanggung jawab untuk membersihkan ruang kelas dan kantin serta toilet. Sistem pendidikan yang satu ini dipercaya bahwa wa dapat mengajarkan siswa untuk saling membantu dan juga bekerja dalam tim.

2. Makan di dalam kelas secara bersama dengan Guru

Fakta unik selanjutnya mengenai sistem pendidikan yang ada di Jepang adalah para siswa makan bersama dengan guru di dalam kelas. Biasanya yang akan sering terlihat adalah para guru dan siswa ini maka di ruangan yang terpisah dan jarang terlihat untuk berbincang kecuali didalam jam pelajaran.

Akan tetapi akan berbeda dengan negara Jepang yang satu ini. Sistem yang satu ini disebut merupakan sistem pendidikan yang mampu membantu untuk membangun ikatan siswa dan guru yang positif. Saat makan percakapan ini akan berguna di dalam membantu untuk membangun suasana kekeluargaan di dalam kelas.

3. Mengenakan seragam sekolah

Fakta selanjutnya mengenai sistem pendidikan yang ada di Jepang adalah harus mengenakan seragam sekolah. Untuk seragam sekolah setiap negara tentunya akan mempunyai perbedaan. Siswa-siswi yang ada di Jepang ini diharuskan untuk mengenakan seragam saat sekolah.

Kebijakan seragam ini hampir dilakukan di setiap sekolah menengah pertama yang ada di Jepang. seragam ini memungkinkan perhatian siswa untuk disalurkan ke arah pembelajaran serta pertumbuhan untuk dapat menolong anak di dalam mengejar ekspresi diri metode selain pakaian. Hal ini bertujuan untuk menanamkan bahwa siswa memakai baju yang sama dan menjadi 1 bagian yang sama juga.

4. Menghadiri lokakarya saat setelah sekolah

Lokakarya saat setelah sekolah atau sekolah persiapan ini sangat populer di negara Jepang. Para siswa mempelajari hal-hal yang baru selain di sekolah, kelas sendiri diadakan pada malam hari dan sebagian besar Para siswa Jepang ini mengikutinya sehingga mereka dapat masuk ke sekolah menengah pertama dengan baik.

Uniknya lagi para siswa yang ada di Jepang ini akan mempelajari selama hari libur atau akhir pekan mereka. Walaupun bahasa Jepang merupakan bahasa yang utama yang sering mereka gunakan akan tetapi ini ini dianggap penting untuk dapat meningkatkan pemahaman tentang bahasa mereka tersebut.

5. Jam belajar di Laboratorium

Jika Anda sekolah di bidang teknik, Anda pastinya akan kagum dengan kebiasaan orang Jepang jika berada di laboratorium. Misal di Laboratorium Pengujian Material, maka di sana setiap pelajar atau mahasiswa selalu datang disiplin dan tepat waktu serta tidak akan keluar Laboratorium jika belum selesai pekerjaannya atau ada keperluan mendesak.

Sehingga hingga saat ini Jepang terkenal dengan etos kerja yang sangat baik, dan untuk dunia teknik negeri sakura ini tidak perlu diragukan lagi. Jika Anda ingin belajar teknik, tidak ada salahnya jika Anda memilih Jepang untuk belajar

Itu dia beberapa fakta unik mengenai sistem pendidikan yang ada di negara Jepang. Jepang adalah sebuah negara yang memiliki keunikan yang berbeda dengan negara lain. Tidak ada salahnya jika kita dapat meniru kelakuan yang baik untuk dapat meningkatkan sistem pendidikan yang ada di negara kita sendiri. Semoga bermanfaat!!

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

KEMENKUMHAM CATAT 2 REKOR MURI PADA LOMBA ESPORTS

Image

5 Jenis Sepeda Gunung yang Perlu Kamu Ketahui

Image

Today, Hari Kucing Sedunia

Image

Kemenkumham Catat 2 Rekor MURI pada Lomba Esports

Image

Cara Daftar Go Massage Anti Ribet

Image

KKN TEMATIK Universitas Pendidikan Indonesia 2022, RW004 Kelurahan Sukagalih: Imunisasi Dasar Lengka

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image