Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nazwa Nayla

Dominasi Faktor Ekonomi pada Administrasi Pembangunan Negara

Bisnis | Friday, 24 Jun 2022, 20:52 WIB
Kerjasama Pembangunan Ekonomi Negara

Faktor ekonomi menjadi salah satu pengaruh yang sangat penting dan yang menjadi inti pusat bagi suatu prioritas pembangunan untuk negara berkembang. Diantara aspek lainnya faktor ekonomi ini perannya sangat penting loh bagi perkembangan suatu negara! Yuk simak berikut.

Negara berkembang

Bagi negara berkembang hal ini sangat penting karena dapat mempermudah penerimaan suatu bantuan kepada negara lain dapat berupa pinjaman dan lainnya. Biasanya negara berkembang sangat memetingkan faktor ekonomi dalam suatu proses pembangunannya. Hal itu dikarenakan suatu negara dapat dikatakan berhasil jika adanya kemajuan pembangunan ekonomi. Negara berkembang berpendapat bahwa negara superpower yang harus dijadikan contoh untuk melakukan suatu pembangunan negaranya tersebut. Hal itu memiliki kontra dari sisi positif, karena dengan adanya pemikiran tersebut akan membawa dampak negatif bagi negara berkembang dan kalau negara berkembang sudah seperti itu menjadi terpengaruh dan selalu berketergantungan terhadap negara maju dan juga akan dimanfaatkan potensi yang dimiliki negara berkembang tersebut oleh negara maju, yang bisa mengakibatkan kerugian yang pasti tidak ternilai besarannya. Maka dari itu negara berkembang harus tetap waspada dan teliti terhadap pemberian ataupun suatu kerjasama yang dilakukan dengan negara maju.

Dalam hal ini disebabkan pula karena negara berkembang beranggapan bahwa negara maju berhasil mewujudkan suatu konsep sempurna guna mencapai tujuan pembangunan, yaitu dengan meraih kekayaan yang sebanyak-banyaknya. Dalam faktor ekonomi ini juga terdapat perdagangan internasional dimana terdapat suatu kegiatan jual beli berupa barang atau lainnya diantara negara yang terikat Kerjasama. Dengan diadakannya Kerjasama perdagangan internasional ini akan membawa suatu keuntungan bagi pihak yang terkait dari Kerjasama tersebut, berupa kenaikan devisa sebuah negara, lalu berpengaruh terhadap stabilitas harga ekspor, dan dapat pula memenuhi kebutuhan dari negara lain yang membutuhkan.

Beberapa negara mengharapkan dengan adanya Kerjasama ini akan membawa dampak positif demi kemajuan sektor perekonomian mereka. Tetapi dalam suatu Kerjasama pasti ada saja hambatannya, termasuk Kerjasama perdagangan international. Terdapat beberapa contoh perdagangan internasional seperti Ekspor, Impor dan lainnya. Hal tersebut berdampak negatif bagi negara yang ekspor suatu bahan baku terutama seperti di Indonesia, karena hal tersebut bisa membuat pasokan bahan mentah di Indonesia menipis dan tidak jarang terdapat kekuarangan bahan baku bagi penduduk lokal yang kalau dibiarkan semakin lama akan terjadinya pemanfaatan sumber daya alam yang dimiliki negara ini akan dihabisi oleh negara lain. Oleh sebab itu pentingnya memberlakukan suatu kebijakan dan efisiensi terhadap sumber ekonomi suatu negara.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image