Gemerlap Baju Adat Nusantara Warnai Upacara Hari Sumpah Pemuda di MTsN Gresik

Image
Chusnul El Abid
Guru Menulis | Thursday, 28 Oct 2021, 12:02 WIB

Beragam pakaian adat Nusantara bergemerlapan, saat matahari menyinari para peserta upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun 2021 di halaman Madrasah Tsanawiyah Negeri Gresik, Kamis (28/10).

Menggelar penampilan berbusana adat Nusantara dari 34 provinsi di Indonesia, Sumpah Pemuda dimaknai dengan menjaga persatuan dan kesatuan dalam berbudaya. Kebanggaan peserta upacara yang mengenakan baju adat Nusantara ini terlihat sebelum mereka mengikuti upacara.

Upacara memperingati hari sumpah pemuda ini terbilang unik dan menarik, karena seluruh peserta upacara mengenakan pakaian baju adat Nusantara dari berbagai daerah di Indonesia. Dan ini kali pertama MTs Negeri Gresik menggelar peringatan hari sumpah pemuda dengan mengenakan baju adat Nusantara.

Upacara dilangsungkan dengan penaikan bendera merah putih dan pembacaan ikrar sumpah pemuda 28 Oktober 1928. Ibu Lucky Lies Setya Rini selaku Pembina Upacara meyampaikan “Kita mengenakan baju adat Nusantara sebagai bentuk melestarikan budaya Indonesia, oleh karena itu, mari kita isi hari sumpah pemuda dengan prestasi, prestasi, dan prestasi.

Salah satu peserta upacara, Sheila mengatakan, ia bangga dengan pelaksanaan upacara kali ini. Saya lebih mengenal keanekaragaman budaya Indonesia dengan mengenakan baju adat Nusantara. “I Love Indonesia,” ungakpnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke 93 ini, panitia menyelenggarakan rangkaian acara untuk meramaikannya. Usai upacara bendera, dilanjutkan dengan penampilan fashion show, di mana setiap kelas menampilkan dua peserta Pa dan Pi sebagai perwakilan. Berjalan dengan santun dan gemulai sambil mengepakkan detail busana adat Nusantara yang dikenakan di depan dewan juri.

Di tengah-tengah Fashion Show, dilanjutkan dengan penampilan Pidato dari peserta yang terpilih pada kegiatan lomba Bulan Bahasa beberapa minggu kemarin. Dan tidak kalah menarik, penampilan Pencak Silat dari peserta Ekstakulikuler.

Suasana gemerlapan baju adat Nusantara dengan rangkaian ceremonial pada hari peringatan Sumpah Pemuda ke 93 di MTs Negeri Gresik membangkitkan jiwa kepemudaan dalam diri peserta didik dalam bingkai menjaga persatuan dan melestarikan budaya Indonesia.

“Selamat memperingati hari Sumpah Pemuda ke-93, semoga keluarag besar MTs Negeri Gresik tetap bisa menjadi madrasah yang menjunjung nilai-nilai persatuan dan kesatuan, mengisi kemerdekaan Indonesai dengan kemilau prestasi baik akademik maupun non akademik,” ucap Pamuji kepala MTs Negeri Gresik. (abd)

#harisumpahpemudake-93

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

The Power of Curhat: Jangan Dipendam, Ini Tiga Cara Positif untuk Meluapkan Perasaan

Image

Download Video Tiktok Tanpa Watermark Secara Online di Android dan iOS

Image

Kangen Water Penipu? Ini Penjelasan Sebenarnya

Image

5 Fakta Unik di Balik Popularitas Jajanan Khas Korea

Image

Pengalihan Hutang Dalam Islam

Image

Pimpinan Daarul Qur’an dan Rektor Idaqu berkunjung ke Mesir

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image