Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ardiannsyah

Jurnalis Kampus Mahasiswa Sasindo Angkatan Pertama

Sastra | Friday, 24 Jun 2022, 15:48 WIB
Dokumen Pribadi

Prodi Sastra Indonesia Universitas Pamulang (Sasindo Unpam), akan mengadakan pelatihan jurnalis kampus dengan judul "Jurnalis Kampus Mahasiswa Sasindo Angkatan Pertama", yang akan digelar di lantai 5 gedung Unpam Viktor Jl. Puspitek Raya No 10, Serpong, Tangerang Selatan pada bulan Juni 2022. Kegiatan ini menjadi langkah kongkrit mahasiswa Sasindo agar bisa memahami kaidah jurnalistik sehingga langsung meliput ke lapangan dan menerbitkan ke berbagai media massa.

Nantinya, mahasiswa akan melakukan kegiatan penyiapan, mencari informasi, mengumpulkan data dan mengolahnya, menyajikan penulisan, penyuntingan, dan penyampaian berita kepada khalayak melalui saluran media tertentu.

Deni Darmawan, dosen dan penulis buku di Universitas Pamulang terus berupaya untuk menginisiasi agar pelatihan ini bisa terwujud. Lahirnya kegiatan jurnalis kampus berawal dari keprihatinannya terhadap mahasiswa yang minim praktik tapi hanya dijejali teori. Kegiatan ini akan menjadi hal yang bermanfaat dan bekal mahasiswa ketika lulus nanti.

Mahasiswa juga harus mampu memahami seluk beluk kegiatan jurnalis yang sebenarnya, mulai dari mencari informasi langsung dengan terjun kelapangan, mengumpulkan data yang sudah diperoleh dari informasi di lapangan, menulis informasi data tersebut, lalu di edit dan di sajikan nya menjadi sebuah berita.

Dengan begitu, mahasiswa akan mampu meng implementasikan teori jurnalistik yang sudah di pelajari selama ini di kampus agar setiap ada kegiatan, acara, atau kejadian apapun yang terjadi di kampus, mahasiswa akan bisa mengonversikan nya menjadi sebuah berita.

Menjadi seorang jurnalis kampus juga harus mempertajam analisi dalam mengolah data, karna jikalau sampai salah dalam menganalisis pengolahan data, akan sangat fatal akibatnya, bisa menimbulkan kegaduhan dalam berita di masyarakat dan menimbulkan perspektif lain dari masyarakat.

Maka dari itu, dengan adanya pelatihan ini mahasiswa juga menjadi lebih paham akan hal-hal yang bersifat fundamental untuk menjadi seorang jurnalis yang mempunyai ketajaman analisi, ide kritis, kreatif serta inovatif.

Selain itu, mahasiswa yang aktif di jurnalis kampus juga akan memperoleh tambahan ilmu pengetahuan tentang jurnalistik, mengetahui apa yang sedang terjadi di area kampus, menambah jejaring, dan pastinya akan mendapatkan reward dari kampus berdasarkan kinerja yang di lakukan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image