Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image olivia florendra

PC dan Laptop Lawas Bisa Update Windows 11

Teknologi | Thursday, 28 Oct 2021, 02:50 WIB

Dua bulan telah berlalu sejak Microsoft mengumumkan seri Windows 11 terbaru, dan banyak perangkat telah diperbarui dengan sistem operasi versi terbaru ini sejak saat itu.

Dengan berbagai pembaruan, kehadiran Windows 11 menimbulkan hype di kalangan penggemar dan pengguna setia. Selain itu, perusahaan telah menambahkan banyak fitur canggih dan terkini ke sistem operasi baru ini.

Misalnya, antarmuka seperti Mac, integrasi dengan aplikasi Android, menambahkan widget untuk layanan tertentu, integrasi dengan Microsoft Teams, dan banyak lagi. Jenis pembaruan yang memastikan produktivitas dan aktivitas pengguna difasilitasi.

Sejak rilis pertama, Microsoft telah menetapkan batasan pada perangkat yang dapat diperbarui dengan sistem operasi terbaru ini. Perangkat ini didukung dengan CPU dual-core 1GHz 64-bit, RAM 4GB, dan penyimpanan internal 64GB.

Namun baru-baru ini, beberapa berita ofensif telah menyebar. Microsoft mengutip The Verge dan https://singingadams.com saat mengumumkan perubahan persyaratan minimum untuk perangkat yang dapat menjalankan Windows 11.

Perusahaan dikatakan telah menentukan bahwa perangkat yang masih berjalan pada CPU generasi lama tidak akan dapat menjalankan sistem operasi terbaru ini. Ini berarti ada jutaan perangkat di seluruh dunia yang tidak mungkin dapat memperbarui sistem operasi mereka ke Windows 11.

Bisa Pasang Jika Menggunakan ISO

Padahal, notifikasi Windows terbaru di atas bisa diartikan dua kali. Arti pertama, dan apa yang diyakini banyak orang, menunjukkan bahwa pemberitahuan terbatas pada rangkaian perangkat tertentu di Windows 11.

Ini berarti bahwa pemilik perangkat yang menggunakan CPU teknologi lama tidak akan dapat menginstal sistem operasi ini, seperti yang dikhawatirkan banyak orang. Tapi ada pendapat menarik lainnya.

XDA-Developers menyatakan bahwa laptop dengan CPU lama juga dapat diinstal dengan sistem operasi baru ini. Selama perangkat memenuhi persyaratan minimum yang diusulkan oleh perusahaan. Yakni, CPU dual-core 4GB 1GHz dan kapasitas RAM penyimpanan internal 64GB.

Hanya pengguna yang perlu melewati sedikit. Artinya, gunakan file ISO untuk menginstal Windows 11. Bagi yang belum tahu, file ISO adalah jenis file arsip yang berisi data yang disimpan pada media penyimpanan cakram optik (optical disk). Contoh CD, DVD, Blu-ray, dll.

Artinya pengguna harus memindahkan file Windows ke CD kemudian memformat CD tersebut agar bisa dibaca oleh laptop atau PC. Sayangnya, XDA-Developers ragu untuk menjelaskan cara mengonversi file Windows 11 ke format ISO.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image