Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sutanto

Hadirkan Pelatih Kwartir Cabang, MTsN 3 Bantul Gembleng Dewan Penggalang

Sekolah | Thursday, 23 Jun 2022, 07:32 WIB

Dalam upaya mewujudkan Dewan Penggalang yang berkualitas, MTsN 3 Bantul mengadakan Pelatihan, menghadirkan Pelatih Kwartir Cabang, Harjita, Senin (20/6/2022) di iikuti 20 peserta.

Pembina Gudep, Drs. Sutanto menjelaskan, kegiatan sehari tersebut dibuka Waka Urusan Kesiswaan Drs. Ahmad Daroji. Mengambil tema Ikhlas Berbakti Mengabdi Pada Negeri. Dengan semangat tema tersebut diharapkan setiap pramuka penggalang di madrasah ini akan memiliki jiwa yang ikhlas untuk membaktikan dan mengabdikan dirinya untuk Negeri Indonesia dengan spirit nilai-nilai Trisatta dan Dasadharma.

Pelatih Kwarcab, Sarjita memberikan 3 materi sekaligus yakni PBB, PBB bertongkat dan Komunikasi Lapangan. Pertama disampaikan dasar-dasar baris berbaris, tentang aba, petunjuk, aba peringatan dan pelaksanaan sekaligus mempraktikkan. Sikap sempurna, hadap, kanan, hadap kiti, balik kanan, penghormatan, berpindah langkah, baik tanpa tongkat maupun menggunakan tongkat.

“Baris berbaris dapat menumbuhkan rasa disiplin karena peserta harus mendengarkan dan menjalankan aba-aba yang diberikan, menumbuhkan rasa kebersamaan antar peserta karena secara tidak langsung mereka dilatih untuk bekerja sama dalam mengikuti dan menjalankan aba-aba,” tegas Sarjita.

Purnawirawan Angkatan Laut itu menambahkan, latihan baris berbaris juga dapat meningkatkan daya konsentrasi karena dalam baris berbaris setiap peserta dituntut memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi untuk mendengarkan setiap instruksi yang diberikan hingga bergerak sesuai dengan aba-abanya. Dan yang keempat melatih solidaritas dan rasa setia kawan di antara para peserta baris berbaris.

Kepala Madrasah, Sugeng Muhari, S.Pd.Si selaku Ka Mabigus menyambut baik diadakannya pelatihan untuk Dewan Penggalang. Dirinya mengharap, mereka akan lebih banyak berkiprah dalam Latihan maupun membantu perkemahan akhir tahun.

“Adik-adik dewan penggalang merupakan pramuka pilihan di madrasah. Di tangan kalianlah saya banyak berharap, untuk dapat lebih banyak berperan dalam latihan rutin maupun membantu saat perkemahan akhir tahun,” harap Sugeng.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image