Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Raihak, M.Pd

Nilai Seorang Guru Penggerak

Edukasi | Thursday, 23 Jun 2022, 07:19 WIB
Oleh : Raihak, M.Pd

Sudah tidak jadi perdebatan lagi bahwa nilai yang dimiliki oleh seseorang akan menjadi ukuran bagaimana ia akan dipandang baik atau buruk oleh orang dan lingkungannya. Nilai yang ada dalam diri seseorang sangat mempengaruhi keselamatan dan kebahagian hidup. Menurut Soerjono Soekanto, nilai adalah konsepsi abstrak yang ada di dalam diri manusia karena nilai dapat merupakan sesuatu yang dianggap baik dan dapat pula dianggap sesuatu yang buruk.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah meluncur sebuah program pengembangan sumber daya manusia untuk meningkatkan nilai seorang guru pada sebuah program guru penggerak. Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila. Program guru penggerak mengharuskan guru untuk memiliki 5 nilai yaitu berpihak kepada murid, Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, dan Inovatif.

Nilai seorang guru penggerak merupakan harga yang dimiliki oleh guru tersebut dimata siswa, rekan guru yang lain, semua warga sekolah dan masyarakat. Semakin tinggi nilai yang dimiliki oleh seorang guru penggerak maka semakin berharga keberadaannya dalam lingkungan sekolah tersebut.

Agar bisa memahami nilai dalam diri seorang dan bagaimana orang akan memperlakukannya maka kita dapat membuat sebuah perumpamaan dengan dengan nilai yang ada pada setiap mata uang lalu kemudian kita melihat bagaimana khususnya di Indonesia orang akan memperlakukan setiap nilai mata uang tersebut. Misalnya uang kertas 1000 rupiah, kita sudah terbiasa melihatnya remuk dan lecet tapi kalau uang 100.000 rupiah kita jarang melihatnya remuk dan lecet. uang 100.000 rupiah tersimpan rapi dan bagus. Uang yang bernilai tinggi diperlakukan dengan baik dibandingkan dengan uang yang bernilai rendah.

Tahukah kita padahal kedua uang diatas berasal dari kertas yang sama tapi kenapa kedua kertas tersebut diperlakukan berbeda. Jawabannya karena nilai yang dimiliki oleh kedua kertas tersebut berbeda. Seperti itulah perlakukan dan cara pandang orang dan masyarakat kepada manusia yang ada disekitar mereka. mereka akan memandang dan memperlakukan mulia kepada orang-orang yang memiliki nilai yang tinggi, terutama nilai moral. guru juga manusia. guru akan dipandang mulia dimata muridnya, rekan gurunya, warga sekolahnya, dan masyarakat sekitarnya bila guru tersebut memiliki nilai yang baik atau tinggi. Jenis uang kertas itu sama tapi nilai mereka penyebab perlakukan kepada mereka berbeda. Fungsi setiap guru itu sama yaitu mengajar dan mendidik, tapi nilai yang mereka miliki membuat mereka terlihat berbeda. Siapapun kita, mari sama-sama tingkatkan kapasitas dan kualitas nilai yang ada dalam diri. Sebab nilai kita adalah kehidupan kita.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image