Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Della Mawardah

Pelatihan Jurnalis Kampus Di Era Digital

Sastra | Tuesday, 21 Jun 2022, 22:00 WIB
Photo by Della Mawardah

Prodi Sastra Indonesia Universitas Pamulang (Sasindo Unpam) akan mengadakan pelatihan jurnalis kampus dengan judul “ Menjadi Jurnalis Kampus di Era Digital ” pada bulan Juli 2022. Acara akan digelar di gedung Unpam lantai 10 ruang perpustakaan.

Pelatihan jurnalis kampus akan memperdalam teknik penulisan reportase dan feature. Tidak hanye teori, tapi juga lebih diutamakan praktik dan terjun ke lapangan untuk meliput.

Kegiatan jurnalis kampus adalah bagian dari program Himpunana Mahasiswa (Hima). Adapun narasumber adalah Deni Darmawan dan Natalie Endah, keduanya adalah dosen yang aktif menulis di media massa dan pernah menjadi wartawan Indo.Pos dan Republika.

Penasehat pelatihan ini adalah yaitu Misbah Priagung Nursalim. Tujuan kegiatan ini untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam bidang kepenulisan jurnalistik.

Kegiatan pelatihan jurnalis kampus yang diikuti oleh mahasiswa Sasindo. Setiap kelas wajib mengirimkan perwakilannya dan peserta dibatasi hanya 20 mahasiswa. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengikuti kegiatan pelatihan ini yaitu mahasiswa aktif Prodi Sastra Indonesia, mempunyai minat tinggi terhadap jurnalistik, dan mempunyai komitmen yang kuat.

Deni Darmawan pernah menerangkan, ini merupakan aplikasi dari teori jurnalistik yang sudah dipelajari sebelumnya dan memperdalam teknik menulis reportase dan feature. Mahasiswa juga akan terjun untuk meliput langsung acara. Hal ini menjadi tantangan bagi mahasiswa.

Selama ini, mahasiswa minim pengalaman meliput dan menyajikan berita di media massa. Hanya teori dipelajari di dalam kelas. Ini saatnya, mahasiswa unjuk gigi dalam meliput secara langsung.

Jika setiap sekolah, kampus dan organisasi yang mampu mereportasekan kegiatan, maka akan menguntungkan bagi jejak organisasi tersebut. Apalagi kampus besar seperti Universitas Pamulang. Begitu banyak kegiatan seperti webinar, seminar, workshop, pelatihan dan berbagai kegiata lainnya yang harus dipublikasikan di media massa.

Mahasiswa Sasindo Unpam harus menjadi garda terdepan sebagai jurnalis kampus. Mahasiswa harus menerima tantangan ini sebagai pengalaman yang spektakuler dan menjadi modal kerja nanti di media massa.

Tujuan pelatihan ini, agar mahasiswa memahami seluk-beluk kegiatan jurnalis. Mulai dari mencari, mengumpulkan, menulis, mengedit, dan menerbitkan berita di media massa. Mahasiswa tidak lagi dijejali teoti, tapi langsung praktik meliput.

Mahasiswa akan lebih cekatan dalam menulis teknik reportase dan feature. Mahasiwa akan terbiasa menulis di bawah tekanan.

Dibutuhkan kolaborasi yang apik antara prodi, dosen dan mahasiswa dalam mewujudkan jurnalis kampus. Sehingga, pelatihan ini bisa berjalan dengan baik dan sesuai harapan.

.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image