Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Johanes Sutanto

Reksa Dana Saham Konvensional Vs Reksa Dana Saham Syariah

Bisnis | Monday, 20 Jun 2022, 16:28 WIB

Investasi reksa dana saham menjadi pilihan banyak investor agresif yang menginginkan return (imbal hasil) lebih gede dibandingkan dengan jenis reksa dana lainnya seperti reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana campuran.

Reksa dana saham yang sedikitnya 80% dari portofolionya dalam saham dipilih untuk tujuan investasi jangka panjang lebih dari 5 tahun. Jangka panjang begini penting ditaati agar hasilnya memang optimal. Jika belum jangka waktunya dicairkan maka hasilnya bisa jadi nggak akan maksimal.

Namun untuk investasi jangka panjang ini tentu tidak hanya untuk reksa dana saham konvensional. Bagi investor yang menginginkan investasi dengan intensi khusus, misalnya pada produk yang syariah maka tak perlu khawatir karena saat ini sudah ada produk reksa dana syariah.

Reksa dana saham syariah bisa jadi pilihan karena jenis ini sudah sesuai dengan nilai-nilai dalam Islam. Berinvestasi reksa dana saham syariah menjadikan investasinya menjadi nyaman dan penuh berkah.

Reksa dana syariah hanya diinvestasikan di efek keuangan yang sesuai dengan kaidah dan prinsip syariah atau dalam Daftar Efek Syariah (DES), dan tentunya masih terikat dengan batasan investasi yang ditetapkan oleh OJK.

Namun harus disadari pula bahwa return (imbal hasil) reksa dana saham konvensional biasanya lebih tinggi dibandingkan reksa dana saham syariah. Alasan di balik ini semua adalah underlying asset yang berbeda.

Berbeda dengan reksa dana konvensional, reksa dana syariah hanya boleh pada saham-saham syariah dan tidak boleh pada saham-saham sektor perbankan atau konsumsi di bidang rokok.

Bukan rahasia lagi dua sektor di atas memiliki bobot atau persentase gede di IHSG. Boleh dikata sektor ini termasuk yang menjadi penggerak market dan yang memberikan imbal hasil tinggi.

Nah, setelah tahu perbedaan paling mendasarkan, untuk berinvestasi pada reksa dana saham syariah investor tingga melakukannya secara online, semisal melalui supermarket reksa dana online terbesar di Indonesia IPOTFund milik Indo Premier Sekuritas yang sudah terintegrasi di aplikasi IPOT.

Baik reksa dana saham konvensional maupun syariah bisa dinikmati dengan mudah. Pilihannya pun banyak sehingga investor tingga memilih reksa dana yang terbaik. Sebanyak 277 reksa dana dijajakan milik 43 Manajer Investasi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image