Reksa Dana Saham Konvensional Vs Reksa Dana Saham Syariah

Image
Setyo Sudirman
Bisnis | Monday, 20 Jun 2022, 16:28 WIB

Investasi reksa dana saham menjadi pilihan banyak investor agresif yang menginginkan return (imbal hasil) lebih gede dibandingkan dengan jenis reksa dana lainnya seperti reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana campuran.

Reksa dana saham yang sedikitnya 80% dari portofolionya dalam saham dipilih untuk tujuan investasi jangka panjang lebih dari 5 tahun. Jangka panjang begini penting ditaati agar hasilnya memang optimal. Jika belum jangka waktunya dicairkan maka hasilnya bisa jadi nggak akan maksimal.

Namun untuk investasi jangka panjang ini tentu tidak hanya untuk reksa dana saham konvensional. Bagi investor yang menginginkan investasi dengan intensi khusus, misalnya pada produk yang syariah maka tak perlu khawatir karena saat ini sudah ada produk reksa dana syariah.

Reksa dana saham syariah bisa jadi pilihan karena jenis ini sudah sesuai dengan nilai-nilai dalam Islam. Berinvestasi reksa dana saham syariah menjadikan investasinya menjadi nyaman dan penuh berkah.

Reksa dana syariah hanya diinvestasikan di efek keuangan yang sesuai dengan kaidah dan prinsip syariah atau dalam Daftar Efek Syariah (DES), dan tentunya masih terikat dengan batasan investasi yang ditetapkan oleh OJK.

Namun harus disadari pula bahwa return (imbal hasil) reksa dana saham konvensional biasanya lebih tinggi dibandingkan reksa dana saham syariah. Alasan di balik ini semua adalah underlying asset yang berbeda.

Berbeda dengan reksa dana konvensional, reksa dana syariah hanya boleh pada saham-saham syariah dan tidak boleh pada saham-saham sektor perbankan atau konsumsi di bidang rokok.

Bukan rahasia lagi dua sektor di atas memiliki bobot atau persentase gede di IHSG. Boleh dikata sektor ini termasuk yang menjadi penggerak market dan yang memberikan imbal hasil tinggi.

Nah, setelah tahu perbedaan paling mendasarkan, untuk berinvestasi pada reksa dana saham syariah investor tingga melakukannya secara online, semisal melalui supermarket reksa dana online terbesar di Indonesia IPOTFund milik Indo Premier Sekuritas yang sudah terintegrasi di aplikasi IPOT.

Baik reksa dana saham konvensional maupun syariah bisa dinikmati dengan mudah. Pilihannya pun banyak sehingga investor tingga memilih reksa dana yang terbaik. Sebanyak 277 reksa dana dijajakan milik 43 Manajer Investasi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

PK Bapas Purwokerto Tindaklanjuti Usulan Pembebasan Bersyarat

Image

Pastikan Kondisi Aman, Petugas Rutan Jepara Rutin Lakukan Trolling

Image

Pembayaran Pajak Sarang Burung Walet Menuai Pro dan Kontra

Image

Mengenal Apa Itu Delik Pers. Apakah Hanya Berkutat Pada Kesalahan Pers?

Image

Kunjungi Rutan Jepara, Ustadz Abdurahman Berikan Tausiyah Kepada Ratusan WBP

Image

Gelar Yasinan Rutin, Kalapas Brebes : Intropeksi Diri Sarana Jadi Pribadi Baik

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image