Tips Membuat Nasi Tumpeng Anti Retak dan Tidak Keras

Image
Mister Wixa
Kuliner | Monday, 20 Jun 2022, 07:27 WIB

Salah satu tantangan dalam membuat nasi tumpeng adalah menjaga teksturnya tidak retak dan keras. Jika kamu berhasil menjaga teksturnya, maka secara tidak langsung kamu sudah berhasil menciptakan nasi tumpeng enak.

Butuh kiat-kiat khusus untuk menghasilkan tumpeng dengan tekstur tersebut. Di artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips menghasilkan tekstur nasi tumpeng anti retak dan tidak keras yang bisa dibaca di bawah ini!

1. Pilih Beras Berkualitas

Beras adalah bahan utama dalam membuat nasi tumpeng. Supaya nanti nasi tumpengnya tidak retak dan tidak keras, kamu harus memastikan berasnya berkualitas. Untuk mengetahuinya, kamu bisa cek kebersihan, tekstur, dan aromanya. Beras berkualitas biasanya cenderung bersih, bertekstur pulen, serta beraroma wangi.

Kamu harus mengeluarkan biaya lebih banyak untuk membeli beras ini, karena harganya cenderung mahal. Meski begitu, kamu tidak akan menyesal membelinya karena kualitas di dalam beras tersebut.

2. Rendam Berasnya Bersama Beras Ketan

Setelah membeli beras, kamu bisa langsung merendam beras tersebut. Supaya nanti nasi tidak retak dan tidak keras, kamu bisa merendam berasnya dengan beras ketan. Aron campuran kedua beras itu kemudian kukus sampai matang. Setelah matang, tutup campuran kedua beras yang telah menjadi nasi itu dengan plastik supaya tidak mengering akibat terkena angin.

3. Masukkan Nasi ke Cetakan

Supaya nasi bisa menjadi tumpeng, kamu bisa masukkan nasi ke cetakan tumpeng. Saat dimasukkan ke cetakan, kamu bisa tekan nasi secukupnya supaya nasinya tidak retak dan tidak keras. Jangan takut nasinya retak saat kamu menekan nasi tersebut. Sebab, campuran beras ketan yang ada di dalam nasi itu akan membantu menjaga nasi supaya tidak retak.

Pada bagian ujung nasinya, kamu harus menutup bagian itu dengan daun pisang yang dibentuk kerucut. Cara itu dilakukan agar bagian atasnya bisa mengerucut dengan sempurna, serta membuat nasinya tidak lengket.

Cara Mencampurkan Beras Biasa dengan Beras Ketan

Salah satu faktor kunci nasi tumpeng tidak retak dan tidak keras adalah campuran beras biasa dengan beras ketan. Campuran keduanya harus pas supaya nasi tumpengnya pun bagus. Adapun cara mencampurkan keduanya adalah:

Pastikan takaran keduanya proporsional, dimana beras biasa takarannya harus 1 liter, sedangkan beras ketan takarannya cukup 200 gram saja.

Campurkan keduanya sampai rata dan rendam selama 1 jam.

Kukus setengah matang sampai teksturnya pulen.

Jika ingin dimasak lagi sampai matang, kamu bisa memasukkan bumbu halus khusus nasi kuning. Hal itu dilakukan supaya warna nasinya kekuningan, wangi, serta bercita rasa gurih.

Itulah beberapa tips membuat nasi tumpeng anti retak dan tidak keras. Semoga bisa dipraktekkan sehingga kamu pun bisa menghasilkan nasi tumpeng yang bagus. Sampai jumpa di artikel kami berikutnya!

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Muaradua Sosialisasikan Layanan Kunjungan dan Pembinaan dari Pihak Luar Kepada WBP

Image

LP Narkotika Samarinda Hapus Buta Huruf Pada WBP Dengan Belajar Membaca

Image

Jika Belum Mampu Berkurban Setiap Tahun, Berkurbanlah Setiap Minggu

Image

Mengenal Lebih Dekat Tentang Keutamaan Memakmurkan Masjid

Image

Menepis Kerinduan, KYM Menggelar Acara Seseruan

Image

PEMBINAAN JASMANI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEBUGARAN WBP

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image