Sejarah Lahirnya Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH)

Image
Rafie H Makarim
Lomba | Friday, 22 Oct 2021, 14:00 WIB

Umat muslim di dunia bedasarkan data dari Pew Research Center yang dikutip oleh republika.co.id pada Kamis, 14 Januari 2021 bahwa umat muslim di dunia diperkirakan meningkat 70 persen atau dari 1,8 milyar pada tahun 2015 dan menjadi hampir 3 miliar di tahun 2060. Tahun 2060 diharapkan populasi umat muslim menguasai 31,1 persen dari total penduduk dunia.

Lebih lanjut lagi dari data republika.co.id, bahwa umat muslim di negara India diperkirakan meningkat 333 juta orang atau 19,4 persen di tahun 2060. Sedangkan umat muslim di Negara Nigeria pada tahun 2060 diperkirakan mencapai 60,5 persen.

Data dari Pew Research Center yang dikutip dari republika.co.id pada tanggal 27 September 2020 bahwa jumlah populasi umat muslim di negara Indonesia pada tahun 2015 mencapai lebih dari 219 juta orang dengan peringkat pertama sedangkan peringkat kedua disusul negara India dengan jumlah populasi umat muslim sebanyak lebih dari 194 juta orang. Bedasarkan data diatas dpat disimpulkan bahwa umat muslim Indonesia adalah terbanyak di dunia versi Pew Research Center.

Sebagai umat muslim yang bertaqwa tentunya belajar dan mengamalkan apa yang menjadi kewajiban sebagai umat Islam dan meninggalkan apa yang telah dilarang oleh syariat. Pedoman-pedoman umat muslim telah ada dalam Al Quran dan Hadis. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda jika ingin selamat dunia dan akhirat maka berpeganglah dengan Al Quran dan Hadis.

Sebagai umat yang rahmatan lil ‘alamin tentunya mempunyai sikap dan sifat yang telah Rasulullh SAW ajarkan dalm kehidupan sehari-hari. Seperti sikap hubungan kepada manusia (Habluminannas) dan hubungan kepada Allah SWT (Habluminallah).

Hubungan dengan manusia ditunjukkan dengan sikap rendah hati kepada orang lain, tidak bersikap sombong, saling tolong-menolong, toeransi kepada orang yang berbeda keyakinan. Sedangkan hubungan kepada Allah SWT ditunjukkan bagaimana seseorang itu beribadah kepada Allah SWT apakah sholatnya tepat waktu, apakah sholatnya ditinggalkan atau tidak, dan lain sebagainnya.

Sejak kecil jika kita mengenyam pendidikan di Taman Pendidikan Alquran (TPA/TPQ) selain kita diajarkn tentang membaca Al Quran juga diajarkan tentang rukun Islam dan rukun iman. Rukun Islam adalah landasan manusia untuk menjalani kehudupan di dunia, sedangkan rukun iman adalah kepercayaan dalam hati mengenai agama yang dianut.

Di dalam rukun iman terdapat enam yang harus di imani yaitu pertama iman kepada Allah SWT, kedua iman kepada Malaikat, ketiga iman kepada Kitab Allah, selanjutnya iman kepada Rasul Allah, kemudian iman kepada hari akhir, dan yang keenam iman kepada Qada’ dan Qadar Allah.

Di dalam rukun Islam terdapat lima yang diperintahkan Allah SWT bagi umat muslim diantaranya yang pertama syahadat, kedua sholat, ketiga puasa, selanjutnya zakat, dan kemudian haji jika mampu.

Haji adalah rukun islam ke lima yang wajib ditunaikan bagi orang yang mampu. Mampu disini berupa mampu secara dhohir dan mampu secara batin. Mampu secara dhohir bisa dengan kondisi fisiknya yang kuat dan secara batin bisa dibuktikan dengan kondisi mental, kondisi jiwa yang kuat.

Jamaah haji di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat bahkan bedasarkan informasi dari republika.co.id pada 15 April tahun 2019 Raja Arab Saudi memberikan kuota tambahan sebesar 10 ribu orang setelah Indonesia di setujui oleh OKI (Organisasi Kerjasama Islam) sebanyak 221 ribu jamaah.

Dengan banyaknya jamaah dari Indonesia tentunya tidak lepas dari peran BPKH. BPKH adalah lembaga yang mengelola keuangan haji yang berkaitan dengan uang atau barang yang dapat dinilai dengan uang yang terkait penyelenggaraan ibadah haji. Sumber dana berasal dari jamaah atau sumber lain yang sah dan tidak mengikat dengan prinsip kehati-hatian, transparan, prinsip syariah, dan akuntabel bagi kemaslahatan umat (sumber: www.bpkh.go.id).

sumber: www.bpkh.go.id

BPKH lahir dengan adanya undang-undang nomor 34 tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan haji. Secara resmi BPKH beroprasi pada tanggal 26 Juli 2017. Tujuan dibentuknya BPKH untuk meningkatkan kualitas pelayanan penyelenggaraan ibadah haji. Selanjutnya pada Februari 2018 pemerintah mengeluarkan PP No. 5 tahun 2018 yang memberikan kewenangan formalitas untuk melakukan investasi dan penempatan keuangan haji yang aman.

BPKH melakukan pengembangan dan pengelolaan keuangan haji guna kepentingan jamaah haji. Pengelolaan dilakukan investasi di berbagai instrument yang transparan bedasar prinsip syariah.

#BPKHWritingCompetition

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Fastabiqul Khairat

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Cara Download Video dari Twitter Kualitas HD

Image

Fitur Unggulan & Download GB WhatsApp Pro Apk Desember 2021

Image

Doktrinisasi Hak Masyarakat Hukum Adat Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara

Image

MENJADIKAN PUISI SEBAGAI SARANA EKSPRESI DAN OLAH TATA BAHASA BAGI ANAK

Image

Fitur Unggulan GB WA Mod Terbaru Dan Paling Keren

Image

Alight Motion Pro Apk tanpa Watermark dan Preset

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image