Siapakah Ahlu Sunnah Wal Jamaah ?

Image
Tria Ayu Fatmawati
Agama | Friday, 22 Oct 2021, 11:23 WIB

Tentu sudah tidak asing ditelinga seorang muslim mengenai Ahlu Sunna Wal Jamaah. Ahli Al Sunnah wal al jamaah atau yang sering disingkat dengan Ahli Sunah atau ahlu al sunnah ialah aliran agama islam paling utama di dunia. Aliran ini adalah mereka orang senantiasa berada di jalan islam dengan memegang Al Qur’an dan hadist yang shahih dengan mencari pemahaman dari para sahabat, tabi’in, dan tabi’ut tabi’in.

Pengertian mengenai Ahlu sunnah waj jamaah juga dijelaskan dalam hadis Imam Thabrani sebagai yaitu:

Orang-orang yang tergabung-gabung terpisah menjadi 71 atau 72 golongan orang dari kaum Nasrani bergolong-golong menjadi 71 atau 72 golongan, tetapi umatku (kaum muslim) akan berkelompok-kelompok menjadi 73 golongan. Yang selamat dari padanya satu golongan dan yang lain celaka. Ditanyakan Siapakah yang selamat itu? Rasulullah SAW menjawab, Ahlusunnah wal Jamaah. Dan kemudian ditanyakan lagi, apakah assunah wal jamaah itu? Beliau menjawab, Apa yang aku berada di atasnya, hari ini, dan beserta para sahabatku (diajarkan oleh Rasulullah SAW dan diamalkan beserta para sahabat).

Lalu siapakah Ahlu Sunnah wal Jamaah itu?

Aswaja atau ahlu sunnah wal jamaah adalah mereka yang membedakan teks wahyu (Al Qur’an dan Sunnah), penafsiran dan penerapannya, dalam rangka untuk memastikan kecocokan sebab hokum pada kejadian (Tahqiq manath), dan sebab hukumnya (takhrij manath). Dari metodologi itulah lahir istilah aswaja.

Aswaja adalah mereka yang tidak hanya memahami Al Qur’an dan hadits berdasarkan teks saja melainkan juga memegang tiga unsur, seperti tata cara menerapkan teks wahyu yang bersifat absolut kepada realitas kejadian yang bersifat relative. Mereka adalah orang – orang yang tidak gampang mengafirkan orang lain. Aswaja juga adalah mereka yang memahami sesuatu dari banyak ilmu sehingga tidak mudah mengambil keseimpulan secara dangkal. Selalu menyeru pada kebajikan dan mencegah pada kemungkaran.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Download Whatsapp Aero Apk (WA Aero) Ukuran Ringan 2022 Anti Banned

Image

Lolos ke Semifinal SEA Games 2021, Mampukah Timnas U-23 Indonesia Gasak Thailand?

Image

Download GB WhatsApp Official Resmi Mod Apk Pro Terbaru Gratis, Update Segera !

Image

MP3 Juice, Download Lagu Gratis Mudah Dan Cepat 2022

Image

Download Fouad Whatsapp Anti Banned

Image

Lirik Lagu Rumah Ke Rumah - Hindia feat. Ari Lesmana

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image