Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mister Wixa

6 Tips Memilih Kost yang Tepat untuk Mahasiswa Maupun Pekerja

Gaya Hidup | Thursday, 16 Jun 2022, 21:22 WIB

Memilih kost yang tepat untuk mahasiswa dan pekerja gampang-gampang susah. Apalagi jika kamu mencari kost Jakarta Selatan yang strategis dan terjangkau dari segi harga.

Namun, kamu tak usah khawatir. Disini, kami akan kasih 6 tips untuk memilih kost yang tepat, dimana keenamnya bisa kamu simak di bawah ini!

1. Sesuaikan dengan Budget yang Kamu Punya

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah menyesuaikan kost yang ingin disewa dengan budget punyamu. Untuk tahu apakah kost yang mau kamu sewa harganya sesuai, kamu bisa survei harganya dulu. Dalam survei harga, jangan lihat berapa harga sewa kost perbulannya, tetapi juga biaya-biaya lainnya. Misalnya biaya listrik, air, dan internet.

2. Ketahui Seperti Apa Sistem Pembayaran Listrik yang Diberlakukan

Saat survei harga, kamu harus cari tahu informasi pembayaran listrik pada kost tersebut. Tanyakan apakah pembayaran listriknya sudah termasuk biaya sewa kost atau justru terpisah. Menanyakan hal tersebut bisa membantumu lebih mudah menyesuaikan budget yang harus kamu keluarkan.

3. Tentukan Ukuran Kamar Tidur yang Kamu Mau

Walau sepele, ukuran kamar tidur tetap harus kamu perhatikan dalam memilih kost. Kalau kamu punya budget terbatas, kamu bisa memilih kamar berukuran kecil. Sementara itu, kamu bisa memilih kamar yang lebih besar jika kamu membawa barang dalam jumlah banyak.

4. Tentukan Juga Kamar Mandi yang Kamu Mau

Selain kamar tidur, kamar mandi juga harus kamu tentukan. Kalau kamu tidak suka kamar mandi yang menyatu dengan kamar tidur, kamu bisa memilih kamar mandi di luar. Sementara itu, kamu bisa memilih kamar mandi di dalam atau menyatu dengan kamar tidur jika kamu tidak mau mengantre.

5. Perhatikan Perabot dan Ventilasi

Saat survei kost yang mau kamu sewa, coba lihat perabot pada kost tersebut, entah di bagian kamar tidur maupun dapur. Untuk kamar tidur, pastikan kamarnya punya fasilitas berupa kasur dan bantal, serta lemari. Sedangkan untuk dapur, pastikan ruangan tersebut setidaknya sudah dilengkapi beberapa alat masak dasar, seperti kompor, wajan, dan tempat cuci piring.

Khusus untuk kamar, kamu juga harus mengecek ventilasinya. Pastikan ventilasinya mampu menghasilkan sirkulasi udara yang baik, sehingga kamu bisa nyaman selama di dalam kamar.

6. Perhatikan Fasilitas Cuci dan Parkirnya

Dalam memilih kost, disarankan untuk memilih kost yang dilengkapi fasilitas cuci pakaian dan parkir. Adanya dua fasilitas itu bisa mempermudah kamu dalam mencuci dan memarkirkan kendaraan pribadi, serta menghemat biaya (terutama biaya cuci baju).

Untuk fasilitas cuci, coba perhatikan apakah mesin cucinya masih bagus atau tidak. Perhatikan juga tempat menjemurnya apakah memadai atau tidak. Untuk tempat parkir, pastikan tempatnya aman dan memadai.

Itulah 6 tips memilih kost yang tepat, baik untuk mahasiswa maupun pekerja. Mudah-mudahan bisa kamu praktekkan saat nanti mau mencari tempat kost.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image