Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image nurul jubaedah

Kurikulum Merdeka : Cara Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Eduaksi | Thursday, 16 Jun 2022, 16:11 WIB

Kurikulum Merdeka : Cara Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut)

Konsep atau Pengertian Alur Tujuan Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran (TP) merupakan deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperoleh peserta didik dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran, disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu yang menjadi prasyarat menuju CP. Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik di akhir fase. CP terdiri dari 6 fase (A-F) atau tahapan yang meliputi seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP, SMA). Fase tersebut adalah: Fase A (kelas 1 –2), Fase B (kelas 3 –4), Fase C (kelas 5-6), Fase D (kelas 7-9), Fase E (kelas 10), dan Fase F (kelas 11 –12).

Bagaimana menyusun AlurTujuan Pembelajaran (ATP)?

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) disusun menjadi urutan Tujuan Pembelajaran (TP) dari awal hingga akhir setiap Fase suatu Capaian Pembelajaran (CP). Proses ini menjadi pedoman bagi guru dan peserta didik untuk mencapai CP (Capaian Pembelajaran) di akhir periode. Penyusunan Tujuan Pembelajaran (TP) harus dicantumkan secara kronologis sesuai dengan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.

Guru memiliki hak untuk mengatur proses pembelajaran mereka sendiri, yang mencakup berbagai tujuan pembelajaran. Pemerintah menyediakan beberapa rangkaian diagram alur untuk digunakan sebagai contoh pengembangan kurikulum yang siap digunakan oleh lembaga pendidikan dan sebagai pedoman penyusunan bahan ajar.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) harus mencakup kompetensi, konten, dan variasi. Kompetensi adalah kemampuan yang dapat ditunjukkan atau dikuasai oleh peserta didik. Konten adalah materi atau konsep utama yang perlu dipahami peserta didik pada akhir suatu unit pembelajaran. Variasi adalah keterampilan berpikir peserta didik untuk mencapai Tujuan Pembelajaran (TP).

Capaian Pembelajaran (CP)

Fase D ( SMP VII, VIII, IX) : Pendidikan Agama Islam

Domain/Elemen : Sejarah Kebudayaan Islam

Pada akhir fase D, peserta didik memahami definisi Al-Quran dan hadis Nabi dan posisinya sebagai sumber ajaran agama Islam. Peserta didik juga memahami pentingnya pelestarian alam dan lingkungan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam ajaran Islam. Peserta didik juga mampu menjelaskan pemahamannya tentang sikap moderat dalam beragama. Peserta didik juga memahami tingginya semangat keilmuan beberapa intelektual besar Islam. Dalam aspek akidah, peserta didik mendalami enam rukun Iman. Dari segi akhlak, peserta didik mendalami peran aktivitas salat sebagai bentuk penjagaan atas diri sendiri dari keburukan. Peserta didik juga memahami pentingnya verifikasi (tabayyun) informasi sehingga dia terhindar dari kebohongan dan berita palsu. Peserta didik juga memahami definisi toleransi dalam tradisi Islam berdasarkan ayat-ayat Al-Quran dan hadis-hadis Nabi. Peserta didik juga mulai mengenal dimensi keindahan dan seni dalam Islam termasuk ekspresi-ekspresinya. Dalam ranah ibadah, peserta didik memahami internalisasi nilai-nilai dalam sujud dan ibadah salat, memahami konsep muʿāmalah, ribā, rukhshah, serta mengenal beberapa mazhab fikih. Dalam aspek sejarah, peserta didik mampu menghayati penerapan akhlak mulia dari kisah-kisah penting dari Bani Umayyah, Abbasiyyah, Turki Usmani, Syafawi dan Mughal sebagai pengantar untuk memahami alur sejarah masuknya Islam ke Indonesia.

7.40 Peserta didik dapat memahami dan mendeskripsikan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah di Damaskus dan menceritakan dengan menggunakan kata-kata sendiri secara jelas dan tegas

7.41 Peserta didik dapat menyajikan rangkaian sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah di Damaskus dan menceritakan dengan menggunakan kata-kata sendiri secara tegas.

7.42 Peserta didik dapat menemukan tokoh-tokoh ilmuan muslim dan peranannya pada masa Bani Umayyah di Damaskus

7.43 Peserta didik dapat menunjukkan perilaku sikap meneladani ilmuan muslim pada masa Bani Umayyah di Damaskus

7.44 Peserta didik dapat memahami dan mendeskripsikan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah di Andalusia dan menceritakan dengan menggunakan kata-kata sendiri secara jelas dan tegas

7.45 Peserta didik dapat menyajikan rangkaian sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah di Andalusia dan menceritakan dengan menggunakan kata-kata sendiri secara tegas dengan menghasilkan produk yang menarik.

7.46 Peserta didik dapat menemukan tokoh-tokoh ilmuan muslim dan peranannya pada masa Bani Umayyah di Andalusia

7.47 Peserta didik dapat menceritakan sejarah Bani Umayah di Damaskus dan Andalusia dalam membangun tata kelola berbagai bidang (pemerintahan, hukum. Sosial, ekonomi, keagamaan dan pendidikan dengan menggunakan kata-kata sendiri secara tegas.

7.48 Peserta didik dapat menemukan dan memperjelas dimensi keindahan seni dalam Islam pada masa Bani Umayyah dan menceritakannya dengan menggunakan kata-kata sendiri dengan baik dan menarik.

Daftar Pustaka

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877-5889. (telaah metode pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1).

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.

Sufyadi, S., Lambas, L., Rosdiana, T., Rochim, F. A. N., Novrika, S., Iswoyo, S., ... & Mahardhika, R. L. (2021). Pembelajaran paradigma baru.

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 203-219.

Tohir, M. (2020). Buku panduan merdeka belajar-kampus merdeka.

Biodata

Nurul Jubaedah lahir di Garut, 19 Mei 1978. Mengajar di MTsN 2 Garut. Pendidikan : D1 Akuntansi (1995), S1 PAI UNIGA ( 2001), S1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi Cimahi (2007), S2 PAI UIN SGD Bandung (2012). Prestasi : Pembimbing KIR : Membimbing 27 judul Karya Ilmiah Remaja kategori sosial budaya, menghantarkan peserta didik juara 1,2,3, dan harapan 1 kategori Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (tingkat Provinsi), juara harapan 1 dan 2 (tingkat Nasional) (Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1 di GTK Madrasah (2021), lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022). Karya : 1 buku solo, 20 buku antologi (Januari-April 2022). Memiliki 540 konten pendidikan di canal youtube dan 80 artikel (Oktober 2021-Juni 2022). Blog : http://nuruljubaedah6.blogspot.com/. Instagram (nj_78). Email : [email protected]. Whatsapp : 081322292789.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image