Cara Mengatasi Lampu Depan Motor yang Redup!
Eduaksi | 2022-06-15 21:09:27Beberapa dari mereka tentu perlu bekerja dengan baik pada sepeda motor. Tidak menyenangkan memiliki lampu sepeda yang redup, terutama saat Anda keluar di malam hari. Bahkan, itu bisa berbahaya!
Berikut adalah beberapa bagian yang dapat Anda lihat. semuanya? Periksa penyebab berikut yang akan GPSKU ulas dibawah ini.
1. Dudukan Lampu
Hal pertama yang bisa Anda lihat adalah bagian dudukan lampu. Bagian ini mudah terbakar oleh panasnya lampu itu sendiri. Jika dibiarkan tanpa pengawasan untuk waktu yang lama, kontak kuningan pada fitting akan meleleh dan membentuk endapan.
Ya, timbangan tidak optimal karena dapat menekan tegangan yang masuk ke tanjakan. Ini meredupkan lampu di sepeda motor Anda dan mencerahkannya seperti 11 atau 12 seperti lilin di rumah Anda.
2. Soket Kawat
Soket kawat juga dapat menjadi penyebab yang perlu diperiksa. Seringkali komponen tersebut kotor atau sudah kendor sehingga berada di bawah tegangan input maksimum.
Jika terpasang dengan kuat, Anda dapat melihat soket kabel Kiplock. Pastikan juga soket yang menuju fiting lampu penerangan sepeda motor kamu. Bersihkan kerak jika ada.
3. Kiprok atau regulator rectifier
Coba sobat bisa memeriksa pada bagian kiprok. Komponen ini memiliki kemampuan untuk menyearahkan tegangan dari alternator atau koil dan mengirimkannya ke baterai dan lampu. Ketika mulai terjadi masalah pada Kiprok, ada tiga hal yang terjadi: lampu mulai redup (tidak dapat mensuplai tegangan minimal 12 volt), kinerja mesin melambat, dan sebagainya.
Hasil kedua tegangan yang masuk ke aki bisa melebihi 12 volt dan bisa setinggi 18 volt, mematikan lampu mesin. Baterainya sama. Setelah itu, Kiplock terakhir dimatikan dan tidak ada tegangan yang keluar.
Dan satu hal lagi, jika Anda mencoba menahan Kiplock saat mesin hidup, Anda juga dapat memeriksa apakah Kiplock normal. Jika Kiprok hangat saat disentuh, berarti masih normal.
4. Alternator atau Kumparan Lampu Kumparan lampu, juga dikenal sebagai alternator
memainkan salah satu peran terpenting dalam sepeda motor. Ini perlu dijaga dalam kondisi baik sebagai sumber energi untuk sepeda motor. Kumparan atau alternator mudah terbakar jika suhu mesin terlalu tinggi. Hal ini disebabkan beberapa faktor, antara lain pergantian oli mesin yang lambat.
Saat lampu sepeda motor mulai gelap atau padam. Ini mungkin karena koil atau alternator mulai melemah. Ini merupakan tanda awal sebelum kumparan benar-benar mati atau tidak ada arus yang mengalir.
5. Mengganti lampu
Sekarang Anda dapat memeriksa bagian lampu. Lihat performa lampunya. Misalnya, jika daya lampu terlalu rendah, lampu depan dapat berupa daya 18W, daya 35W, atau lampu LED.
Lampu LED cenderung lebih terang daripada lampu tradisional dengan watt yang sama. Lampu LED juga memudahkan kerja coiling dan kiplock. selain motor yang harus dirawat agar lampu depan tidak redup pasang juga gps mobil agar kendaraan selalu aman.
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.